Kaki Pengkor

DEFINISI

Clubfoot menggambarkan berbagai kelainan kaki yang biasanya hadir pada saat lahir (kongenital) di mana kaki bayi Anda memutar keluar dari bentuk atau posisi normal. Pada kaki pengkor, jaringan yang menghubungkan otot ke tulang (tendon) lebih pendek dari biasanya. Istilah “pengkor” mengacu pada cara kaki diposisikan pada sudut tajam ke pergelangan kaki, seperti kepala klub golf. Kaki pengkor adalah cacat lahir yang cukup umum dan biasanya merupakan masalah yang terisolasi untuk bayi yang baru lahir sehat.

Kaki pengkor bisa ringan atau berat. Sekitar setengah dari anak-anak dengan kaki pengkor memilikinya di kedua kaki. Jika anak Anda memiliki kaki pengkor, itu akan membuat sulit bagi dia untuk berjalan normal, sehingga dokter biasanya merekomendasikan untuk mengobatinya segera setelah lahir.

Dokter biasanya mampu mengobati kaki pengkor dengan sukses, meskipun kadang-kadang anak-anak membutuhkan operasi tindak lanjut di kemudian hari.

GEJALA

Jika anak Anda memiliki kaki pengkor, atau kakinya mungkin memiliki penampilan berikut :

  • Bagian atas kaki biasanya memutar ke bawah dan ke dalam, meningkatkan lengkungan dan memutar tumit ke dalam.
  • Kaki dapat berubah begitu parah hingga benar-benar tampak seolah-olah itu terbalik.
  • Otot-otot betis di kaki yang terkena biasanya yang paling
  • Kaki yang terkena mungkin sampai 1/2 inci (sekitar 1 sentimeter) lebih pendek dari kaki lainnya.

Meskipun terlihat, kaki pengkor itu sendiri tidak menyebabkan rasa tidak nyaman atau nyeri.

Kapan Anda harus ke dokter?

Kemungkinan besar dokter akan melihat kaki pengkor segera setelah anak Anda lahir, berdasarkan penampilannya. Anda mungkin akan disarankan pada pengobatan yang paling tepat.

PENYEBAB

Penyebab kaki pengkor tidak diketahui (idiopathic). Tetapi para ilmuwan tahu bahwa kaki pengkor tidak disebabkan oleh posisi bayi dalam rahim (janin). Dalam beberapa kasus, kaki pengkor dapat dikaitkan dengan kelainan lain dari kerangka yang hadir pada saat lahir (kongenital), seperti spina bifida, cacat lahir yang serius yang terjadi ketika jaringan sekitar sumsum tulang belakang tempat berkembangnya janin tidak menutup dengan benar .

Lingkungan memainkan peran dalam menyebabkan kaki pengkor. Penelitian telah mengaitkan kaki pengkor dengan merokok selama kehamilan, terutama ketika telah ada riwayat keluarga kaki pengkor.

FAKTOR RISIKO

Faktor risiko meliputi :

  • Jenis kelamin. Kaki pengkor lebih sering terjadi pada laki-laki.
  • Riwayat Jika salah satu dari orang tua atau anak-anak mereka yang lain telah memiliki kaki pengkor, bayi lebih mungkin untuk memilikinya juga. Ini juga lebih umum jika bayi memiliki cacat lahir lainnya.
  • Merokok selama kehamilan. Jika seorang wanita dengan riwayat keluarga kaki pengkor merokok selama kehamilan, risiko bayinya memiliki kondisi yang sama mungkin 20 kali lebih besar dari rata-rata.
  • Cairan ketuban tidak cukup selama kehamilan. Terlalu sedikit cairan yang mengelilingi bayi di dalam rahim dapat meningkatkan risiko kaki pengkor.
  • Memiliki infeksi atau menggunakan obat-obatan terlarang selama kehamilan. Ini dapat meningkatkan risiko kaki pengkor juga.

Komplikasi

Kaki pengkor biasanya tidak menyebabkan masalah sampai anak Anda mulai berdiri dan berjalan. Jika kaki pengkor diobati, anak Anda kemungkinan besar akan berjalan cukup normal. Dia mungkin memiliki beberapa kesulitan dengan :

  • Mobilitas anak Anda mungkin akan sedikit terbatas.
  • Ukuran sepatu. Kaki yang terkena mungkin memiliki ukuran 1 1/2 kali lebih kecil dari kaki yang

Namun, jika tidak diobati, kaki pengkor menyebabkan masalah yang lebih serius. Ini dapat termasuk :

  • Radang sendi. Anak Anda mungkin mengembangkan arthritis.
  • Citra diri yang buruk. Penampilan yang tidak biasa dari kaki dapat membuat citra tubuh anak Anda menjadi perhatian selama masa remaja.
  • Ketidakmampuan untuk berjalan normal. Pergelangan kaki yang terpelintir mungkin tidak memungkinkan anak Anda untuk berjalan pada telapak kaki. Untuk mengimbangi, ia mungkin berjalan pada bola kaki, bagian luar kaki atau bahkan bagian atas kaki pada kasus berat.
  • Masalah pembangunan otot. Penyesuaian berjalan ini dapat mencegah pertumbuhan alami dari otot betis, menyebabkan luka besar atau kapalan pada kaki, dan mengakibatkan kiprah canggung.

Persiapan Sebelum ke Dokter

Jika bayi Anda lahir dengan kaki pengkor, ia kemungkinan akan didiagnosis segera setelah lahir. Dalam beberapa kasus, dokter bayi Anda dapat merujuk Anda ke dokter yang mengkhususkan diri dalam masalah tulang (muskuloskeletal) dan otot (ortopedi pediatrik).

Jika Anda memiliki waktu sebelum bertemu dengan dokter anak Anda, itu ide yang baik untuk membuat daftar pertanyaan. Waktu Anda dengan dokter mungkin terbatas, sehingga akan sangat membantu jika Anda mempersiapkannya. Berikut adalah beberapa pertanyaan yang dapat Anda tanyakan kepada dokter :

  • Apa jenis perawatan korektif yang tersedia untuk kondisi anak saya?
  • Apakah anak saya perlu operasi?
  • Apa jenis perawatan tindak lanjut yang akan dibutuhkan oleh anak saya?
  • Haruskah saya mendapatkan pendapat kedua sebelum memulai pengobatan anak saya? Akankah asuransi saya menanggung biayanya?
  • Dapatkah Anda memberitahu bagaimana akhir pemulihan anak saya dan apakah ia akan memiliki kiprah yang normal?
  • Apakah ada brosur atau bahan cetak lainnya yang dapat saya miliki? Situs apa yang Anda rekomendasikan?

Selain itu, beritahu dokter Anda :

  • Jika Anda memiliki anggota keluarga – termasuk keluarga besar – yang pernah memiliki kaki pengkor
  • Jika Anda punya masalah medis atau masalah selama kehamilan Anda

Ini juga merupakan ide yang baik untuk meminta dokter Anda jika ia sering mengobati bayi baru lahir dengan kaki pengkor, atau menanyakan apakah Anda harus mendapatkan rujukan ke dokter lain.

Tes dan Diagnosis

Paling umum, dokter mendiagnosis kaki pengkor segera setelah lahir hanya dari melihat bentuk dan posisi kaki bayi yang baru lahir. Kadang-kadang, dokter dapat memerintahkan tes sinar-X untuk memahami seberapa parah kaki pengkor, tapi biasanya tes sinar-X tidak diperlukan.

Ini mungkin untuk melihat dengan jelas beberapa kasus kaki pengkor sebelum kelahiran selama pemeriksaan USG bayi. Jika kaki pengkor mempengaruhi kedua kaki, itu lebih mungkin untuk dilihat pada USG. Sementara tidak ada yang bisa dilakukan sebelum lahir untuk memecahkan masalah, mengetahui tentang kondisi dapat memberikan Anda waktu untuk mempelajari lebih lanjut tentang kaki pengkor dan berhubungan dengan para ahli kesehatan yang tepat, seperti konselor genetik atau ahli bedah ortopedi.

PERAWATAN DAN OBAT-OBATAN

Karena tulang dan sendi bayi Anda sangat fleksibel, perawatan untuk kaki pengkor biasanya dimulai pada minggu pertama atau kedua setelah lahir. Tujuan pengobatan adalah untuk memperbaiki bentuk dan cara kerja kaki anak Anda sebelum ia belajar berjalan, dengan harapan mencegah cacat jangka panjang. Pilihan pengobatan termasuk:

Peregangan dan memakai gips (metode Ponseti)

Ini adalah pengobatan yang paling umum untuk kaki pengkor. Dokter akan melakukan hal berikut :

  • Pindahkan kaki bayi ke posisi yang benar dan kemudian menempatkannya di gips untuk menahannya dalam posisi itu
  • Reposisi dan menyusun kembali kaki bayi sekali atau dua kali seminggu selama beberapa bulan
  • Lakukan prosedur bedah minor untuk memperpanjang tendon Achilles (percutaneous Achilles tenotomi) menjelang akhir dari proses ini

Setelah bentuk kaki disesuaikan, orang tua akan perlu untuk mempertahankan itu dengan melakukan salah satu atau lebih dari hal berikut :

  • Melakukan latihan peregangan dengan bayi Anda
  • Memakaikan anak Anda pada sepatu khusus dan gips
  • Memastikan anak Anda memakai sepatu dan gips selama diperlukan – biasanya sepanjang hari selama tiga bulan, dan kemudian pada malam hari sampai tiga tahun

Agar metode ini sukses, Anda harus menggunakan gips sesuai dengan yang direkomendasikan dokter Anda sehingga kakinya tidak kembali ke posisi semula. Alasan utama prosedur ini kadang-kadang tidak bekerja adalah karena gips tidak digunakan terus-menerus.

Peregangan dan merekam (metode Perancis)

Pendekatan ini juga disebut metode fungsional atau metode fisioterapi. Bekerjasama dengan ahli terapi fisik, orang tua :

  • Memindahkan kaki anak setiap hari dan terus dalam posisi dengan pita perekat
  • Menggunakan mesin untuk terus menggerakkan kaki bayi saat dia tidur
  • Setelah dua bulan, pengobatan dikurangi menjadi tiga kali seminggu sampai bayi berusia 6 bulan
  • Setelah bentuk tersebut membaik, terus melakukan latihan sehari-hari dan menggunakan splints pada malam hari sampai bayi pada usia berjalan

Metode ini membutuhkan komitmen waktu yang jauh lebih besar daripada metode Ponseti. Beberapa pengasuh menggabungkan metode Perancis dan metode Ponseti.

Operasi

Dalam beberapa kasus, ketika kaki pengkor parah atau tidak merespon pengobatan nonsurgical, bayi mungkin perlu operasi lebih invasif. Seorang ahli bedah ortopedi dapat memperpanjang tendon untuk membantu meringankan kaki ke posisi yang lebih baik. Setelah operasi, anak Anda akan di gips selama dua bulan, dan kemudian perlu memakai penjepit selama satu tahun atau lebih untuk mencegah kaki pengkor datang kembali.

Bahkan dengan pengobatan, kaki pengkor mungkin tidak benar-benar membaik. Tetapi dalam banyak kasus bayi yang diobati sedini mungkin dapat tumbuh memakai sepatu biasa, tumbuh normal dan hidup aktif.

PENCEGAHAN

Karena dokter tidak tahu apa yang menyebabkan kaki pengkor, Anda tidak dapat sepenuhnya mencegahnya. Namun, jika Anda sedang hamil, Anda bisa melakukan hal-hal untuk membatasi risiko bayi Anda dari cacat lahir, seperti kaki pengkor, termasuk :

  • Tidak merokok atau menghabiskan waktu di lingkungan berasap
  • Tidak minum alkohol
  • Menghindari obat yang tidak disetujui oleh dokter Anda