Kaligata

DEFINISI

Kaligata adalah peradangan yang menyakitkan pada pembuluh darah kecil di kulit Anda yang terjadi untuk menanggapi paparan berulang pada udara dingin tapi tidak beku. Juga dikenal sebagai pernio, kaligata dapat menyebabkan gatal-gatal, bercak merah, bengkak dan melepuh di tangan dan kaki.

Kaligata biasanya membaik dalam waktu satu sampai tiga minggu, terutama jika cuaca menjadi lebih hangat. Anda mungkin memiliki kambuh musiman selama bertahun-tahun. Pengobatan melibatkan melindungi diri dari dingin dan menggunakan lotion untuk meringankan gejala. Kaligata biasanya tidak menyebabkan cedera permanen. Tapi kondisi dapat menyebabkan infeksi, yang dapat menyebabkan kerusakan parah jika tidak ditangani.

Pendekatan terbaik untuk kaligata adalah untuk menghindari perkembangannya dengan membatasi ekspos terhadap dingin, berpakaian hangat dan menutupi kulit yang terkena.

GEJALA

Tanda dan gejala kaligata mungkin termasuk :

  • Area merah kecil yang gatal pada kulit Anda, sering pada kaki atau tangan
  • Kemungkinan melepuh atau kulit borok
  • Pembengkakan kulit
  • Sensasi terbakar pada kulit
  • Perubahan warna kulit dari merah ke biru gelap, disertai rasa sakit

Kapan Anda harus ke dokter?

Kaligata biasanya akan menjadi lebih baik dengan sendirinya. Carilah perawatan medis untuk memeriksa komplikasi jika sakit luar biasa parah terjadi, jika Anda mencurigai adanya infeksi, atau jika gejala tidak membaik setelah satu sampai dua minggu. Jika gejala meluas hingga musim hangat, dokter untuk akan menyingkirkan kondisi lainnya.

Jika Anda memiliki diabetes atau sirkulasi yang buruk, penyembuhan mungkin terganggu. Berhati-hati dan carilah perawatan.

PENYEBAB

Tidak ada yang tahu persis apa yang menyebabkan kaligata. Mungkin itu reaksi abnormal tubuh Anda pada paparan dingin yang diikuti oleh rewarming. Rewarming kulit dingin dapat menyebabkan pembuluh darah kecil di bawah kulit meluas lebih cepat dari pembuluh darah yang lebih besar di dekatnya. Hal ini menghasilkan efek hambatan dan darah bocor ke jaringan di dekatnya.

FAKTOR RISIKO

Faktor-faktor yang dapat meningkatkan risiko kaligata meliputi :

  • Berpakaian ketat atau mengekspos kulit pada dingin. Mengenakan pakaian dan sepatu ketat pada cuaca dingin dapat membuat Anda lebih rentan terhadap kaligata. Dan kulit yang terkena dingin, kondisi lembab lebih mungkin untuk mengembangkan kaligata.
  • Jenis kelamin dan berat badan. Perempuan lebih mungkin untuk mengalami kaligata daripada anak-anak dan laki-laki. Juga, orang-orang yang memiliki berat badan sekitar 20 persen lebih sedikit dari tinggi badan yang seharusnya memiliki peningkatan risiko kaligata.
  • Lingkungan dan musim. Kaligata cenderung terjadi di daerah dingin dan kering karena kondisi hidup dan pakaian yang digunakan di daerah-daerah yang lebih protektif terhadap dingin. Risiko kaligata lebih tinggi jika Anda tinggal di daerah dengan kelembaban tinggi dan dingin, tapi tidak temperatur beku. Kaligata lebih umum terjadi pada November hingga April.
  • Memiliki sirkulasi yang buruk. Orang dengan sirkulasi yang buruk cenderung lebih sensitif terhadap perubahan suhu, membuat mereka lebih rentan terhadap kaligata.
  • Telah didiagnosis dengan penyakit Raynaud. Orang dengan penyakit Raynaud lebih rentan terhadap kaligata. Kondisi juga dapat menyebabkan luka, tetapi Raynaud menyebabkan berbagai jenis perubahan warna pada kulit.

Komplikasi

Kaligata dapat menyebabkan komplikasi jika kulit lecet. Jika itu terjadi, Anda dapat mengembangkan bisul dan infeksi. Selain menyakitkan, infeksi berpotensi mengancam nyawa jika tidak diobati. Dokter jika Anda mendiagnosis infeksi.

Diagnosis

Anda biasanya tidak perlu ke dokter Anda untuk kaligata. Jika Anda mengunjungi dokter, ia akan dapat mendiagnosis kondisi kulit Anda dengan melihat dan berbicara dengan Anda tentang apa saja paparan dingin baru-baru ini. Tes mungkin juga termasuk memeriksa sirkulasi Anda.

Dokter mungkin melakukan pemeriksaan lebih lanjut, seperti biopsi kulit, untuk menyingkirkan penyebab lain untuk tanda-tanda dan gejala.

Pengobatan

Untuk orang dewasa yang tidak merespon pengobatan rumah, pengobatan mungkin termasuk obat resep :

  • Kortikosteroid topikal. Kortikosteroid seperti krim dengan 0,1 persen triamcinolone diterapkan ke daerah yang terkena.
  • Obat tekanan darah. Obat penurun tekanan darah disebut nifedipine (Procardia). Ini dapat membantu membuka pembuluh darah.