Kalsium dan Vitamin D Bersinergi untuk Kesehatan Tulang

SehatFresh.com – Kalsium adalah mineral yang paling berlimpah dalam tubuh dan merupakan salah satu mineral yang memainkan banyak peran penting. Tubuh menggunakan kalsium untuk membangun tulang dan gigi yang sehat seumur hidup, mengirim pesan melalui sistem saraf, membantu pembekuan darah, dan mengatur irama jantung. Jika tidak mendapatkan cukup kalsium dalam diet, tubuh akan mengambil kalsium dari tulang untuk memastikan fungsi sel tetap normal, tapi ini menyebabkan tulang melemah atau keropos tulang yang mengarah ke osteoporosis.

Karena tulang melemah, patah tulang menjadi biasa dan akhirnya mengarah ke risiko kesehatan yang serius seperti ketidakmampuan untuk berjalan. Orang dengan osteoporosis seringkali tidak sembuh setelah mereka jatuh. Untungnya, osteoporosis dapat dicegah dengan diet sehat cukup kalsium serta didukung gaya hidup sehat lainnya.

Tubuh bisa mendapatkan kalsium yang dibutuhkan melalui dua cara. Cara pertama dan terbaik yaitu melalui makanan. Cara kedua, jika Anda tidak mendapatkan cukup kalsium dari makanan, asupan kalsium bisa diperoleh dari suplemen untuk menutup kekurangan. Jika kecukupan kalsium tidak terpenuhi dari makanan dan suplemen, tubuh akan menarik kalsium dari tulang di mana mineral tersebut disimpan. Itulah sebabnya diet cukup kalsium merupakan kunci utama menjaga kesehatan tulang.

Tubuh mampu menyerap lebih banyak kalsium dari makanan (seperti susu dan produk olahannya, sayuran hijau, kacang-kacangan, jeruk, dan salmon) ketimbang suplemen. Bahkan, studi menunjukkan bahwa meskipun orang-orang yang mengonsumsi suplemen kalsium memiliki asupan harian rata-rata lebih tinggi, mereka yang mendapatkan sebagian besar kalsium dari makanan memiliki tulang yang lebih kuat. Asupan kalsium harian bervariasi. Usia 0-6 bulan membutuhkan 210 mg per hari, 7-12 bulan 270 mg per hari, 1-3 tahun 500 mg per hari, 4-8 tahun 800 mg per hari, 9-18 tahun 1,300 mg per hari, 19-50 tahun 1,000 mg per hari, dan usia 50 tahun ke atas membutuhkan 1,200 mg per hari.

Dalam menjaga kesehatan tulang dan mencegah osteoporosis, kalsium saja tidak cukup. Ada sejumlah nutrisi penting lain yang membantu tubuh menyerap dan memanfaatkan kalsium secara optimal. Salah satunya vitamin D. Vitamin D sangat berperan dalam penyerapan dan regulasi kalsium dalam darah. Kombinasi vitamin D dan kalsium membuat tubuh dapat menggunakan kalsium dengan baik dan merangsang pertumbuhan tulang secara optimal.

Kurangnya asupan vitamin D menyebabkan kekurangan kalsium, tapi asupan vitamin D yang berlebihan juga tidak baik karena akan menyebabkan kalsium yang berlebih. Akibatnya, bisa mengendap di jaringan dan sistem vaskular sehingga dapat menyebabkan kerusakan jantung dan ginjal. Vitamin D yang berlebihan merupakan akibat dari konsumsi terlalu banyak suplemen, bukan dari paparan sinar matahari.

Menghangatkan diri di bawah sinar matahari pagi selama 15 menit sekitar dua sampai tiga kali seminggu sudah mencukupi kebutuhan vitamin D yang akan memaksimalkan penyerapan kalsium dalam tubuh. Bila tinggal di daerah yang kekurangan sinar matahari, asupan vitamin bisa diperoleh dari susu yang diperkaya vitamin D, telur, keju, sereal, salmon, udang, dan tiram, yang terwujud dalam pola makan gizi seimbang.

Sumber gambar : www.SehatFresh.com

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY