Kandungan Fosfor Tinggi pada Belut Baik untuk Kesehatan Tulang dan Gigi

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Belut merupakan jenis hewan yang hidup dalam air. Bentuk tubuhnya yang panjang menyerupai ular. Hewan ini tumbuh di daerah tropis memiliki sisik sedikit dan tubuh yang licin. Banyak kandungan yang terdapat di dalam belut ini yaitu zat besi, fosfor, kalori, vitamin A, vitamin B dan Arginin.

Salah satu kandungan dari belut yang akan dibahas pada artikel ini kandungan fosfor yang tinggi baik untuk kesehatan tulang dan gigi. Fosfor merupakan adalah unsur kimia yang memiliki lambang P dengan nomor atom 15. Fosfor penyatuan berbagai jenis senyawa logam transisi seperti zink sulfida yang ditambah tembaga atau perak dan zink silikat yang dicampur dengan mangan.

Fosfor sangat dibutuhkan oleh tubuh karena fosfor merupakan mineral banyak kedua setelah kalsium yang dibutuhkan oleh tubuh. Banyak manfaat dari kandungan fosfor diantaranya baik untuk sistem pencernaan, pembentukan protein, kesehatan otak, memperbaiki sel tubuh, mengatasi kelemahan otot, membantu fungsi ginjal, dan masih banyak lagi. Lalu bagaimana kandungan fosfor yang baik untuk kesehatan tulang dan gigi ?

Kandungan fosfor dalam belum 2 kali lebih banyak dibandingkan dengan kandungan fosfor yang terdapat pada telur. Mengkonsumsi fosfor harus seimbang dengan kalsium. Dalam tubuh fosfor terbentuk kristal kalsium fosfat umumnya yang kira-kira sebanyak 80% berada dalam tulang dan gigi. Apabila mengkonsumsi fosfor yang tidak seimbang dengan kalsium maka kalsium tidak dapat membentuk massa tulang.

Penyebab tulang keropos atau yang biasa orang menyebutnya osteoporosis di akibatkan karena kekurangan mineral fosfor di dalam tubuh. Fosfor begitu penting dan bermanfaat untuk pertumbuhan dan pemeliharaan tulang dan gigi. Fosfor harus bekerja sama dengan kalsium agarm tulang menjadi kuat.

Fosfor merupakan komponen untuk menyusun struktur tulang dan gigi. Sehat atau tidaknya tulang dan gigi ditentukan oleh pengendapan fofor pada matriks tulang yang sehat dan kuat. Selain itu fungsi fosfor untuk meningkatkan kesehatan gusi dan enamel gigi.

Kesehatan tulang dan giigi tidak hanya dipengaruhi oleh seberapa banyaknya kita mengkonsumsi kandungan fosfor yang ada pada tanaman atau hewan yang kita makan. Akan tetapi kesehatan tulang dan gigi dipengaruhi oleh personal hygine dan pola hidup sehat yang diimbangi dengan olahraga.

Kandungan fosfor yang ada didalam belut berfungsi untuk kesehatan tulang dan gigi agar tetap sehat dan kuat sama dengan halnya kita meminum susu dan yogourt yang dikenal juga untuk kesehatan tulang.

Untuk yang tidak menyukai karena merasa jijik seperti ular setelah membaca artikel ini masihkah tidak tertarik untuk memakan hewan yang satu ini. Lupakan bentuknya yang mirif seperti ular tapi ingetlah kandungan yang terdapat pada belut ini baik untuk kesehatan Terutama yang memiliki banyak keluhan akan tulang dan gigi perlu kalian coba memakan daging belut. Berbagai olahan belut yang dapat anda nikmati dengan rasanya yang gurih dan lezat akan membuat anda ketagihan menikmatinya. (KMY)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here