Kandungan Gizi yang Terdapat Dalam Air Tebu

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Tebu atau sugar cane merupakan tanaman monokotil yang tergolong dalam familia Gramineae (rumput-rumputa). Tebu memiliki anakan tunas dari batang yang membentuk rumpun. Tanaman ini tumbuh sebagai tanaman liar dan tumbuh sekitar 11-12 bulan. Tanaman ini tumbuh di wilayah trofis seperti Indonesia, Thailand, India, Burma, Malaysia dan Filifina.

Tumbuhan ini memiliki beberapa fase pertumbuhan diantaranya fase perkecambahan, fase pertunasan, fase pertumbuhan, fase kemasakan, fase kematian. Fungsi utama dari tanaman ini sebagai bahan dasar pembuatan gula pasir. Ampas tebu atau disebut dengan bagasse adalah hasil dari proses ektraksi cairan tebu yang berasal dari batang tebu.

Tahukah kamu manfaat yang tekandung didalam air tebu? Berikut ini beberapa kandungan gizi yang terdapat pada air tebu diantaranya sebagai berikut :

  1. Air

Kandungan air dalam tebu sekitar 75% – 85%. Sehingga untuk memperoleh gula dibutuhkan proses penguapan dan kristalisasi.

  1. Sukrosa

Kandungan sukrosa dalam tebu sekitar 10% – 12% yang terdapat pada batang. Sifatnya stabil dalam suasana alkalis.

  1. Gula reduksi

Gula reduksi yaitu glukosa dan fruktosa. Kandungan gula reduksi yang tedapat pada tebu sekitar 05% – 2%. Semakin masak tebu semakin sedikit kandungan gula reduksinya.

  1. Senyawa organik

Senyawa organik yang tedapat pada tebu 0,5% – 1%, senyawa organik dalam tebu yaitu asam laktat, asam suksinat, dan asam glukonat.

  1. Senyawa anorganik

Senya anorganik yang terdapat pada tebu berasal dari tanah dan pupuk yang di pisahkan dari proses permurnian, kandungan senyawa anorganik dalam tebu sekitar 0,2% – 0,6%. Senyawa ini berupa Al2O3, MgO, CaO, K2O, SO3, dan H2SO4.

  1. Senyawa posphate

Senyawa phospate yang terdapat pada tebu sangat dibutuhkan. Karena senyawa ini senyawa yang dapat menarik dan mengendapkan kotoran.

  1. Serabut

Serabut tersusun dari selulosa atau hemiselulosa. Cirinya keras karena adanya lignin dan pektin.

Selain kandungan yang dijelaskan diatas tanaman tebu memiliki kandungan seperti karbohidrat, asam karboksilat, asam amino, protein, gum, pati, lilin, lemak, dan lain sebagainya. Kandungan gizi yang terdapat pada tebu memiliki manfaat bagi kesehatan yang dibutuhkan oleh tubuh manusia.

Manfaat dari tanaman tebu antara lain :

  1. Mencegah stroke
  2. Menguatkan gusi dan gigi
  3. Mengobati mimisan
  4. Mengobati masuk angin
  5. Melawan dari kanker payudara
  6. Baik untuk penderita diabetes
  7. Menyembuhkan pilek dan sakit tenggorokan,
  8. Meredakan jantung berdebar
  9. Demam
  10. Batuk
  11. Infeksi
  12. Batu ginjal
  13. Rehidrasi
  14. Penyakit kuning

Sekilas tumbuhan ini tumbuhan yang tidak ada manfaatnya padahal kandungan gizi yang terdapat pda tumbuhan ini sangatlah banyak yang dibutuhkan oleh tubuh. (KMY)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here