Kandungan Gizi yang Terdapat pada Buah Blewah

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Siapa yang belum tahu buah blewah (cucumis melo)? Buah ini masih mempunyai hubungan dekat dengan semangka dan melon. Biasanya blewah muncul pada campuran es buah atau bisa juga dibuat menjadi jus. Lantas apa saja kandungan gizi yang terdapat pada buah blewah?

Kandungan gizi dalam buah blewah

Buah blewah memiliki kandungan vitamin B6 dan vitamin C. Bagi penderita diabetes atau tekanan darah tinggi, buah blewah sangat cocok untuk dikonsumsi. Selain itu buah blewah juga kaya pro vitamin A, mineral, kalium hingga serat.

Kandungan gizi yang terdapat dalam buah blewah juga bermanfaat untuk menjaga daya tahan tubuh, menyehatkan fungsi limpa, dan menyehatkan fungsi ginjal. Lantas bagaimana dengan komposisi kandungan gizi pada buah blewah?

Semangkuk blewah setidaknya memiliki kandungan sekitar 3,1 mg beta-karoten, 1,3 mg serat, 68 mg vitamin C, 494 mg potasium, 13 mg karbohidrat, hingga 14 mg sodium. Kemudian unsur fosfor, kalsium, protein, besi, niasin, serta lemak tak jenuh ganda juga bisa didapatkan dari blewah.

Menurut informasi dari The Journal of Food Science dalam  100 gram buah blewah setidaknya memiliki kandungan 0,05 mg tembaga, 12,69 mg magnesium, mangan 0,03 mg, 0,003 mg kobalt, 0,10 mg seng, hingga 0,005 mg krom.

Dengan kandungan beta karoten yang cukup besar, buah blewah cukup untuk dikonsumsi bagi tubuh. Pasalnya buah blewah mampu menangkal radikal bebas yang menjadi penyebab penyakit kanker atau jantung.

Manfaat blewah bagi kesehatan tubuh

Pada uraian sebelumnya sudah disinggung bahwa buah blewah sangat bermanfaat bagi tubuh bila dikonsumsi secara teratur. Misalnya saja buah blewah bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah tinggi, karena memiki kandungan potasium dan kalium di dalamnya.

Manfaat lainnya dari buah blewah adalah dapat mengurangi pembentukan plak yang terjadi pada pembuluh arteri, sekaligus bisa berfungsi sebagai bahan pencahar alami di dalam tubuh. Dengan demikian buah blewah memiliki manfaat dalam membantu kelancaran peredaran darah.

Vitamin A yang terdapat pada buah blewah juga bisa berguna dalam menjaga kesehatan mata dan tulang. Selain itu vitamin A juga bisa membantu untuk mencegah efek negatif dari radikal bebas, akibat polusi udara yang tercemar di kehidupan sehari-hari.

Bagaimana dengan penyakit diabetes? Rupanya buah blewah sangat aman dikonsumsi bagi penderita diabetes. Pasalnya buah blewah mempunyai indeks glikemik (GI) yang cukup rendah. Selain itu blewah memiliki kandungan glukosa yang alami,  sehingga sangat aman dikonsumsi penderita diabetes.

Tidak sampai disitu, buah blewah juga bisa membantu dalam mencegah penyakit asam urat. Hal itu karena kandungan vitamin A dan betakaroten yang terdapat di dalam buah blewah, bermanfaat bagi tubuh. Beta-karoten merupakan antioksidan yang memainkan peran dalam mengatasi radikal bebas, yang bisa menyebabkan penuaan dini atau mengatasi kanker. (APY)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY