Kandungan pada Mie Instan dan Dampaknya Jika Sering Mengonsumsi

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Mie instan sering dikatakan sebagai makanan tidak sehat karena kandungan lemak dan karbohidrat yang tinggi namun rendah serat, protein, mineral serta vitamin. Lantas bagaimana dampak yang diterima seseorang apabila terlalu sering mengkonsumsi mie instan?

Mie instan dibuat dengan mencampur berbagai bahan seperti tepung pati, garam, dan bumbu-bumbu lainnya. Kemudian adonan itu diaduk dan dimasukkan ke dalam cetakan khusus. Setelah menjadi mie, kemudian dikukus dan dikeringkan. Pengeringannya bisa dengan proses menggoreng atau memanfaatkan udara panas.

Dalam berbagai kesempatan mie instan biasanya disajikan dengan kaldu instan. Namun yang perlu diketahui bahwa kaldu tersebut umumnya mempunyai kandungan sodium atau garam yang tinggi. Selain itu penggunaan MSG (monosodium glutamate) guna meningkatkan rasa mie instan, juga mempunyai risiko terhadap kesehatan.

Pasalnya MSG bisa menimbulkan reaksi alergi seperti sakit pada dada, jantung berdebar, berkeringat, hingga sakit kepala. Alhasil kandungan sodium yang cukup tinggi dan MSG dari mie instan, dapat memberikan dampak negatif bagi kesehatan. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut ini beberapa bahaya terlalu sering mengonsumsi mie instan.

  1. Dapat menyebabkan kerusakan hati. Terlalu sering makan mie instan bisa mengakibatkan kerusakan hati. Pasalnya mie instan memiliki kandungan zat berbahaya, salah satunya Proplene Glycol. Zat tersebut dapat mengganggu dan merusakan kerja hati.
  2. Dapat menyebabkan gagal ginjal. Selain dapat merusak hati, Proplene Glycol juga bisa merusak kerja ginjal. Jika ginjal sebagai salah satu organ vital dalam tubuh manusia tidak bekerja maksimal, maka bisa menyebabkan penyakit gagal ginjal.
  3. Dapat menyebabkan diabetes. Meskipun mie Instan mempunyai rasa cenderung gurih, tapi juga memiliki kandungan gula. Kondisi tersebut dapat mengakibatkan penyakit diabetes bagi yang sering mengkonsumsi mie instan.
  4. Dapat menyebabkan kencing manis. Kandungan gula yang terdapat dalam mie instan juga bisa mengakibatkan seseorang terserang kencing manis.
  5. Dapat meningkatkan kolesterol. Siapa sangka jika mie instan menjadi salah satu makanan yang mampu meningkatkan kolesterol. Hal itu karena mie instan memiliki kandungan garam yang cukup tinggi.
  6. Dapat mengganggu hormon wanita. Mengkonsumsi mie instan secara berlebihan bagi wanita dapat menimbulkan bahaya tersendiri, salah satunya mengganggu hormon. Hal tersebut dikarenakan pengaruh sodium yang terdapat dalam mie instan.
  7. Dapat menggangu hormon seks pria. Tidak hanya wanita, mengkonsumsi mie instan secara berlebihan juga dapat mengganggu hormon seks pria. Mie Instan yang memiliki banyak kandungan zat kimia dapat mengganggu hormon pria, sehingga tidak mampu mengontrol gairah seks.
  8. Dapat memicu tekanan darah tinggi. Normalnya tekanan darah seseorang adalah 130/80. Hanya saja sering mengkonsumsi mie instan akan memicu tekanan darah tinggi, karena reaksi zat kimia berbahaya. (APY)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY