Kandungan Susu Kambing yang Kaya Manfaat

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Susu menjadi salah satu sumber nutrisi yang dipilih oleh banyak orang. Sebagian besar orang memilih susu sapi karena sudah jelas kandungan yang terdapat di dalamnya. Susu sapi juga dijual dengan kemasan yang lebih praktis untuk diminum. Masih sedikit yang memilih susu kambing sebagai pilihan utama atau alternatif dari susu sapi.

Produk yang dipasarkan juga masih sedikit, sehingga membuat pilihan konsumen terbatas. Selain masalah pemasaran, masih banyak yang meragukan kandungan yang terdapat dalam susu kambing. Sebenarnya, kandungan dalam susu kambing juga tidak kalah baik dengan kandungan di susu sapi. Berikut merupakan kandungan yang berada dalam susu kambing :

  • Kalsium

Kalsium merupakan kebutuhan manusia, banyak yang beranggapan susu sapi adalah sumber utama yang mampu memenuhinya. Padahal, kandungan kalsium dalam susu kambing lebih tinggi dari susu sapi. Kalsium dalam susu kambing lebih kaya akan mineral dibanding susu sapi. Sekitar 33% kebutuhan harian dapat dipenuhi oleh susu kambing. Itu berarti 5% lebih tinggi jika dibandingkan dengan susu sapi yang hanya mampu memenuhi kebutuhan harian sekitar 28%.

  • Lemak

Lemak merupakan sumber kalori yang utama. Kandungan lemak pada susu kambing lebih rendah 3,6% dari susu sapi. Tapi, kadar kepadatan lemak pada susu kambing lebih tinggi sekikitar 9% dan kandungan loktosa mencapai 4,7% yang juga lebih tinggi 0,6%.

Kadar lemak yang lebih rendah ini, membantu munurunkan kolesterol yang terdapat dalam tubuh. Karena mampu menurunkan kolesterol, susu kambing mampu mecegah adanya penyakit jantung.

  • Asam lemak

Salah satu kandungan dalam susu kambing adalah asam lemak. Rantai asam lemak pada susu kambing kurang lebih 2 kali lebih tinggi, sekitar 30-35%, dari susu sapi yang hanya 15-20%.

Asam lemak pada susu kambing mencakup asam kaprilat dan asam kaprat. Asam ini berfungsi menjadi antimikroba yang mampu mematikan bakteri jahat pada sistem pencernaan.

  • Vitamin C

Kandungan vitamin C dalam susu kambing cukup tinggi. Dalam vitamin C, mengandung manfaat antioksidan yang berperan penting meningkatkan kekebalan tubuh. Selain itu, vitamin C juga berfungsi melawan radikal bebas dan menjaga kulit dari kerusakan.

  • Vitamin A

Seperti yang kita ketahui, vitamin A bagus untun merawat kesehatan mata. Mencegah penyakit jantung dan mencegah kanker juga menjadi manfaat dari vitamin A. Antioksidan berupa beta karoten, berfungsi mencegah kerusakan sel pada tubuh yang diakibatkan oleh radikal bebas. Vitamin A juga membantu produksi kolagen, sehingga mampu mencegah adanya keriput, membuat kulit tetap kenyal, dan membantu menghilangkan stretch mark.

  • Protein

Protein yang terkandung pada susu kambing merupakan protein kompleks, yang mampu meminimalisir resiko terjadinya alergi. Karena kandungan protein kompleks ini, bagi Anda yang mengalami alergi pada susu sapi bisa beralih pada susu kambing. Dengan mengurangi resiko alergi, kesehatan kulit juga lebih terjaga dari akibat alergi, seperti bentol atau bekas gatal yang sulit hilang.


Warning: A non-numeric value encountered in /home3/sehatfre/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 1008

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here