Kandungan Vitamin pada Jagung Manis

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Jagung adalah makanan yang banyak mdiminati orang banyak yang memiliki nama latin Zea mays L. Jagung termasuk kedalam famili Poaceae dan berasal dari Amerika Latin. Jagung merupakan slah satu bahan pokok selain padi dan gandum, banyak sekali makanan olahan yang berasal dari jagung baik itu makanan olahan maupun makanan tradisional. Seperti pop-corn, jagung bakar, nasi jagung dan lainnya lagi.  Bahkan belakangan ini ekstrak jagung dimanfaatkan sebagai bahan pemanis alamiah pengganti gula, pemanis dari jagung ini dinilai lebih baik karena rendah kalori sehingga bagus untuk penderita diabetes.

Kandungan Nutrisi Jagung

Tidak hanya kaya serat, jagung juga sumber karbohidrat kompleks, dan sejumlah zat gizi lainnya seperti vitamin B, dan C, karoten, kalium, zat besi, magnesium, fosfor, omega 6, dan lemak tak jenuh yang dapat membantu menurunkan kolesterol. Kandungan nutrisi dalam 100gram jagung:

  1. Energi: 129 kal
  2. Protein: 4,1 g
  3. Lemak: 1,3 g
  4. Karbohidrat: 30,3 g
  5. Serat: 2,9 g
  6. Kalsium: 5 g
  7. Fosfor: 108 mg
  8. Zat Besi: 1,1 mg
  9. Vitamin A: 117 IU
  10. Vitamin B1: 0,18 mg
  11. Vitamin C: 9 mg
  12. Air: 63,5 g

Jagung manis tidak hanya di nikmat untuk dijadikan kudapan atau camilan, namun juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Bahkan kabarnya, jagung manis disebut sebagai salah satu makanan super karena dipenuhi oleh nutrisi dan vitamin.

Mengonsumsi jagung manis bisa membantu Anda dalam banyak hal yang berkaitan dengan kesehatan tubuh dan otak. Berikut adalah beberapa manfaat yang tersembunyi di balik nikmatnya jagung manis, seperti dilansir oleh Mag for Women.

  1. Meningkatkan kesehatan penglihatan
    Jagung manis kaya akan antioksidan yang membantu meningkatkan kemampuan penglihatan. Pigmen zeaxanthin yang ada dalam jagung manis melindungi mata dari penyakit seperti degenerasi makula. Jagung manis juga kaya akan beta karoten dan folat yang mencegah penyakit lain yang berkaitan dengan kemampuan penglihatan.

2. Meningkatkan daya ingat
Jika Anda sering melupakan hal-hal penting, bukan tak mungkin daya ingat Anda mulai turun. Jagung manis bisa membantu Anda untuk meningkatkan daya ingat. Jagung manis kaya akan Thiamine dan vitamin B1. Selain itu, jagung manis juga meningkatkan kemampuan ingatan dan mencegah penyakit yang berkaitan dengan ingatan. jagung manis juga efektif untuk mengurangi masalah pada pasien Alzheimer.

3. Mencegah masalah jantung
Jagung manis kaya akan folat yang dikenal sebagai vitamin B9. Vitamin ini membantu menurunkan asam amino yang ada dalam pembuluh darah tubuh. Meningkatkan asam amino bisa menyebabkan masalah pada pembuluh darah yang kemudian menyebabkan masalah jantung. Konsumsi jagung manis untuk menurunkan risiko terkena masalah jantung dan mencegah kerusakan pada jantung Anda.

4. Mencegah kanker paru-paru
Sebuah penelitian terbaru mengungkap bahwa jagung manis bisa mencegah kanker paru-paru. Terdapat zat kimia alami yang disebut cryptoxanthin dalam jagung manis yang jika diserap oleh tubuh akan berubah menjadi vitamin A. Karena itu, zat ini membantu mencegah perkembangan kanker paru-paru, juga mencegah terbentuknya kanker jenis lain.

5. Meningkatkan kekuatan tulang
Jagung manis kaya akan mangan, zat seng, dan tembaga. Ini membantu meningkatkan kekuatan otot dalam tubuh. Tak hanya itu, zat tersebut juga menurunkan rasa sakit akibat arthritis pada wanita. Magnesium juga membantu mencegah mati rasa pada otot dan tubuh.

6. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
Jagung manis dipenuhi oleh protein dan vitamin C. Vitamin C yang ada di dalamnya akan membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Selain itu, vitamin C ini juga membantu mencegah demam, pilek, dan flu. Protein yang ada dalam jagung manis pun baik untuk memberikan asupan energi pada tubuh.

7. Mengatasi anemia
Jagung manis juga sumber zat besi yang baik. Karena itu mengonsumsi jagung manis bisa membantu Anda mengatasi anemia. Sebuah penelitian terbaru mengungkap bahwa mengonsumsi jagung manis selama satu bulan akan meningkatkan hemoglobin hingga 50 persen. Asam folat yang ada di dalam jagung manis pun bisa membantu mengatasi anemia.

8. Menurunkan kolesterol
Jika Anda memiliki masalah dengan tingkat kolesterol tinggi, jagung manis bisa membantu Anda menurunkan tingkat kolesterol dalam tubuh. Secara tak langsung jagung manis juga mencegah penyakit jantung.

Itulah beberapa manfaat menakjubkan yang tersimpan dalam jagung manis. Jagung manis bisa dinikmati langsung setelah direbus atau dijadikan camilan dengan menambahkan bahan lain. Jangan lagi remehkan manfaat besar yang ada di balik jagung manis. (NLT)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here