Kanker Kandung Kemih

DEFINISI

Kanker kandung kemih merupakan jenis kanker yang dimulai di kandung kemih Anda – organ berbentuk balon yang terletak di daerah panggul Anda yang menyimpan urin.

Kanker kandung kemih dimulai paling sering dalam sel-sel yang melapisi bagian dalam kandung kemih. Kanker kandung kemih biasanya mempengaruhi orang dewasa yang lebih tua, meskipun dapat terjadi pada semua usia.

Sebagian besar kanker kandung kemih didiagnosis pada tahap awal – ketika kanker kandung kemih sangat dapat diobati. Namun, kanker kandung kemih stadium awal pun cenderung kambuh. Untuk alasan ini, penderita kanker kandung kemih sering menjalani tes lanjutan hingga beberapa tahun setelah pengobatan untuk mengobati kekambuhan kanker kandung kemih.

GEJALA

Tanda dan gejala kanker kandung kemih meliputi :

  • Darah dalam urin (hematuria) – urin mungkin keluar dengan warna merah atau terang warna cola. Atau urin mungkin tampak normal, tetapi darah dapat dideteksi dalam pemeriksaan mikroskopik urin.
  • Sering buang air kecil.
  • Nyeri saat buang air kecil.
  • Sakit punggung.
  • Nyeri panggul.

Kapan Anda harus ke dokter?

Buatlah janji dengan dokter Anda jika Anda memiliki tanda-tanda atau gejala yang mengkhawatirkan, seperti darah dalam urin Anda.

PENYEBAB

Tidak selalu jelas apa yang menyebabkan kanker kandung kemih. Kanker kandung kemih telah dikaitkan dengan merokok, infeksi parasit, radiasi dan paparan bahan kimia.

Kanker kandung kemih berkembang ketika sel-sel di dalam kandung kemih mulai tumbuh tidak normal. Normalnya, sel-sel ini tumbuh dan membelah secara teratur, akan tetapi sel-sel ini bermutasi yang menyebabkan pertumbuhan di luar kendali dan tidak mati. Sel-sel yang abnormal membentuk tumor.

Jenis –jenis kanker kandung kemih

Berbagai jenis sel dalam kandung kemih Anda dapat menjadi kanker. Jenis sel kandung kemih di mana kanker dimulai menentukan jenis kanker kandung kemih. Jenis kanker kandung kemih Anda menentukan pengobatan yang mungkin efektif bagi Anda.

Jenis kanker kandung kemih meliputi :

  • Karsinoma sel transisional. Karsinoma sel transisional terjadi pada sel-sel yang melapisi bagian dalam kandung kemih Anda. Sel transisional mengembang saat kandung kemih penuh dan berkontraksi ketika kandung kemih Anda kosong. Sel-sel yang sama melapisi bagian dalam ureter dan uretra Anda, dan tumor dapat terbentuk di tempat-tempat itu Karsinoma sel transisional adalah jenis yang paling umum dari kanker kandung kemih di Amerika Serikat.
  • Karsinoma sel skuamosa. Sel skuamosa muncul dalam kandung kemih Anda dalam menanggapi infeksi dan iritasi. Seiring waktu sel ini dapat menjadi kanker. Kanker kandung kemih sel skuamosa sangat langka di Amerika Serikat. Ini lebih umum di bagian dunia di mana infeksi parasit tertentu (schistosomiasis) adalah penyebab umum dari infeksi kandung kemih.
  • Adenokarsinoma dimulai pada sel yang membentuk kelenjar penghasil lendir di dalam kandung kemih. Adenokarsinoma kandung kemih jarang terjadi di Amerika Serikat.

Beberapa kanker kandung kemih meliputi lebih dari satu jenis sel.

FAKTOR RISIKO

Faktor-faktor yang dapat meningkatkan risiko kanker kandung kemih meliputi :

  • Merokok, cerutu atau pipa dapat meningkatkan risiko kanker kandung kemih dengan menyebabkan bahan kimia berbahaya menumpuk di urin Anda. Ketika Anda merokok, tubuh Anda memproses bahan kimia dalam asap dan mengekskresikan beberapa bagiannya dalam urin Anda. Bahan kimia berbahaya dapat merusak lapisan kandung kemih Anda, yang dapat meningkatkan risiko kanker.
  • Bertambahnya usia. Risiko kanker kandung kemih meningkat seiring dengan bertambahnya usia Anda. Kanker kandung kemih dapat terjadi pada semua usia, tetapi jarang ditemukan pada orang yang berusia kurang dari 40 tahun.
  • Berkulit Orang berkulit putih memiliki risiko lebih besar terkena kanker kandung kemih daripada orang dari ras lain.
  • Pria. Pria lebih mungkin untuk mengembangkan kanker kandung kemih daripada wanit
  • Paparan bahan kimia tertentu. Ginjal Anda memainkan peran kunci dalam menyaring bahan kimia berbahaya dari aliran darah Anda dan memindahkannya ke dalam kandung kemih. Karenanya, diperkirakan bahwa berada di sekitar bahan kimia tertentu dapat meningkatkan risiko kanker kandung kemih. Bahan kimia terkait dengan risiko kanker kandung kemih meliputi arsenik dan bahan kimia yang digunakan dalam pembuatan pewarna, karet, kulit, tekstil dan produk cat.
  • Pengobatan kanker s Pengobatan dengan obat anti kanker siklofosfamid meningkatkan risiko kanker kandung kemih. Orang-orang yang menerima pengobatan radiasi yang ditujukan pada panggul untuk kanker sebelumnya memiliki peningkatan risiko mengembangkan kanker kandung kemih.
  • Mengonsumsi obat diabetes tertentu. Orang yang mengonsumsi obat diabetes pioglitazone (Actos) salama lebih dari satu tahun memiliki peningkatan risiko kanker kandung kemih. Obat diabetes lainnya yang mengandung pioglitazone, termasuk pioglitazone dan metformin (Actoplus Met) dan pioglitazone dan glimepiride (Duetact).
  • Peradangan kandung kemih kronis. Infeksi atau radang (sistitis) kronis atau berulang, seperti yang mungkin terjadi dengan penggunaan jangka panjang dari kateter urin, dapat meningkatkan risiko dari kanker kandung kemih sel skuamosa. Di beberapa daerah di dunia, karsinoma sel skuamosa terkait dengan peradangan kandung kemih kronis yang disebabkan oleh infeksi parasit yang dikenal sebagai schistosomiasis.
  • Riwayat kanker pribadi atau keluarga. Jika Anda sudah pernah memiliki kanker kandung kemih, Anda lebih berisiko untuk mengalaminya Jika salah satu atau lebih dari kerabat dekat Anda memiliki riwayat kanker kandung kemih, Anda mungkin memiliki peningkatan risiko penyakit ini, meskipun jarang ada kanker kandung kemih yang diwariskan dalam keluarga. Sebuah riwayat keluarga keturunan kanker kolorektal nonpolyposis, juga disebut sindrom Lynch, dapat meningkatkan risiko kanker pada sistem kemih Anda, serta di usus, uterus, ovarium dan organ lainnya.

Komplikasi

Kanker kandung kemih sering kambuh. Karena itu, penderita kanker kandung kemih seringkali harus menjalani tes lanjutan beberapa tahun setelah pengobatan sukses dilakukan. Tes yang akan Anda jalani dan frekuensinya akan tergantung pada jenis kanker kandung kemih dan pengobatan Anda serta beberapa faktor lainnya.

Tanyakan kepada dokter Anda untuk membuat rencana tindak lanjut untuk Anda. Secara umum, dokter menyarankan tes untuk memeriksa bagian dalam uretra dan kandung kemih Anda (cystoscopy) setiap tiga sampai enam bulan selama beberapa tahun pertama setelah pengobatan kanker kandung kemih. Maka Anda mungkin mengalami cystoscopy setiap tahun. Dokter mungkin merekomendasikan tes lain pada berbagai interval juga.

Orang dengan kanker yang agresif mungkin akan lebih sering menjalani tes. Mereka yang mengidap kanker yang kurang agresif kanker akan lebih jarang menjalani tes.

Persiapan Sebelum ke Dokter

Mulailah dengan melihat dokter keluarga atau dokter primer Anda jika Anda memiliki tanda-tanda atau gejala yang membuat Anda khawatir. Dokter Anda mungkin menyarankan tes dan prosedur untuk menyelidiki tanda-tanda dan gejala.

Jika dokter Anda mencurigai Anda mungkin memiliki kanker kandung kemih, Anda mungkin akan dirujuk ke dokter yang mengkhususkan diri dalam mengobati penyakit dan kondisi saluran kemih (urologi). Dalam beberapa kasus, Anda mungkin akan dirujuk ke spesialis lain, seperti dokter yang mengobati kanker (onkologi).

Karena konsultasi berlangsung singkat, dan sering ada banyak hal yang mengganggu, itu ide yang baik untuk mempersiapkan diri Anda. Berikut beberapa informasi untuk membantu Anda bersiap-siap, dan apa yang dapat diharapkan dari dokter Anda.

Apa yang dapat Anda lakukan?

  • Mengetahui adanya pembatasan pra-janji. Pada saat Anda membuat janji, pastikan untuk menanyakan apakah ada sesuatu yang perlu Anda lakukan di muka, seperti membatasi diet Anda.
  • Tuliskan gejala yang Anda alami, termasuk yang mungkin tampak tidak berhubungan dengan alasan janji yang Anda
  • Tuliskan informasi penting tentang pribadi Anda, termasuk tekanan besar atau perubahan kehidupan baru-baru ini.
  • Buatlah daftar semua obat, vitamin atau suplemen yang Anda konsumsi.
  • Pertimbangkanlah untuk mengajak anggota keluarga atau teman bersama Anda. Kadang-kadang bisa sulit untuk mengingat semua informasi yang diberikan selama janji. Seseorang yang menemani Anda mungkin ingat sesuatu yang mungkin Anda lewatkan atau lupa.
  • Tuliskan pertanyaan untuk ditanyakan kepada dokter Anda.

Waktu Anda dengan dokter Anda terbatas, jadi mempersiapkan daftar pertanyaan dapat membuat konsultasi Anda berlangsung efektif. Buatlah daftar pertanyaan Anda mulai dari yang paling penting hingga yang sedikit penting untuk mengantisipasi habisnya waktu. Untuk kanker kandung kemih, beberapa pertanyaan dasar yang dapat Anda tanyakan kepada dokter Anda meliputi :

  • Apakah saya menderita kanker kandung kemih?
  • Apa stadium dari kanker saya?
  • Apakah saya membutuhkan tes tambahan?
  • Apa pilihan pengobatan untuk kondisi saya?
  • Dapatkah perawatan apapun menyembuhkan kanker kandung kemih saya?
  • Apa potensi risiko dari setiap pengobatan?
  • Apakah ada satu perawatan yang menurut Anda adalah yang terbaik bagi saya?
  • Haruskah saya menemui seorang spesialis? Berapa kemungkinan biayanya, dan apakah asuransi saya menanggung biaya tersebut?
  • Apakah ada alternatif generik untuk obat yang Anda resepkan?
  • Apakah ada brosur atau bahan cetak lainnya yang dapat saya miliki? Situs apa yang Anda rekomendasikan?
  • Apa yang akan menentukan bahwa saya harus merencanakan untuk kunjungan tindak lanjut?

Selain pertanyaan-pertanyaan yang telah Anda siapkan, jangan ragu untuk mengajukan pertanyaan lain yang muncul selama konsultasi.

Apa yang dapat diharapkan dari dokter Anda?

Dokter Anda mungkin menanyai Anda sejumlah pertanyaan. Menjadi siap untuk menjawabnya akan menghemat waktu Anda. Dokter Anda mungkin bertanya :

  • Kapan Anda pertama kali mulai mengalami gejala?
  • Apakah gejala Anda terjadi terus menerus atau sesekali?
  • Seberapa parah gejala Anda?
  • Apakah ada yang tampaknya dapat memperbaiki gejala Anda?
  • Apakah ada yang tampaknya memperburuk gejala Anda?

Tes dan Diagnosis

Mendiagnosis kanker kandung kemih

Tes dan prosedur yang digunakan untuk mendiagnosis kanker kandung kemih meliputi:

  • Selama sistoskopi, dokter Anda menyisipkan tabung sempit (cystoscope) melalui uretra Anda. Cystoscope memiliki sistem pencahayaan lensa dan serat optik, yang memungkinkan dokter untuk melihat dan memeriksa bagian dalam uretra dan kandung kemih Anda. Anda biasanya menerima anestesi lokal selama sistoskopi untuk membantu membuat Anda nyaman.
  • Selama sistoskopi, dokter Anda mungkin memasukkan alat khusus melalui skop dan ke dalam kandung kemih Anda untuk mengumpulkan sampel sel (biopsi) untuk pengujian. Prosedur ini kadang-kadang disebut reseksi transurethral dari tumor kandung kemih (TURBT). TURBT juga dapat digunakan untuk mengobati kanker kandung kemih. TURBT biasanya dilakukan di bawah anestesi umum.
  • Sitologi urin. Sampel urin Anda dianalisis di bawah mikroskop untuk memeriksa sel-sel kanker dalam prosedur yang disebut sitologi urin.
  • Tes p Tes pencitraan memungkinkan dokter untuk memeriksa struktur saluran kemih Anda. Tes untuk menyoroti saluran kemih kadang-kadang menggunakan pewarna, yang disuntikkan ke pembuluh darah sebelum prosedur. Sebuah pyelogram intravena adalah jenis tes pencitraan X-ray yang menggunakan pewarna untuk menyoroti ginjal, ureter dan kandung kemih. Computerized tomography (CT) scan adalah jenis tes X-ray yang memungkinkan dokter untuk lebih melihat saluran kemih dan jaringan sekitarnya.

Staging kanker kandung kemih

Setelah Anda didiagnosis memiliki kanker kandung kemih, dokter mungkin memerintahkan tes tambahan untuk menentukan tingkat (stage) dari kanker. Tes staging mungkin termasuk :

  • CT scan
  • Magnetic Resonance Imaging (MRI)
  • Scan tulang
  • Foto toraks

Tahap kanker kandung kemih

Tahapan kanker kandung kemih adalah :

  • Tahap I. Kanker pada tahap ini terjadi di lapisan dalam kandung kemih tetapi belum menginvasi otot dinding kandung kemih.
  • Tahap II. Pada tahap ini, kanker telah menyerang dinding kandung kemih tetapi masih terbatas pada kandung kemih.
  • Tahap III. Sel-sel kanker telah menyebar melalui dinding kandung kemih ke jaringan di sekitarnya.
  • Tahap IV. Pada tahap ini, sel-sel kanker mungkin telah menyebar ke kelenjar getah bening dan organ lain, seperti tulang, hati atau paru-paru.

Perawatan dan Obat-obatan

Pilihan pengobatan untuk kanker kandung kemih tergantung pada sejumlah faktor, termasuk jenis dan stadium kanker, kesehatan Anda secara keseluruhan, dan preferensi perawatan Anda. Diskusikan pilihan Anda dengan dokter Anda untuk menentukan perawatan yang terbaik untuk Anda.

Pengobatan untuk kanker kandung kemih stadium awal

Jika kanker Anda sangat kecil dan belum menginvasi dinding kandung kemih Anda, dokter dapat merekomendasikan :

  • Operasi untuk mengangkat tumor. Reseksi transurethral dari tumor kandung kemih (TURBT) sering digunakan untuk menghilangkan kanker kandung kemih yang terbatas pada lapisan dalam kandung kemih. Selama TURBT, dokter Anda memasukkan loop kawat kecil melalui cystoscope dan ke dalam kandung kemih Anda. Loop digunakan untuk membakar sel kanker dengan arus listrik. Dalam beberapa kasus, laser energi tinggi dapat digunakan sebagai pengganti arus listrik. TURBT dapat menyebabkan nyeri atau berdarah saat buang air kecil selama beberapa hari setelah prosedur.
  • Operasi untuk mengangkat tumor dan sebagian kecil dari kandung kemih. Selama kistektomi segmental, kadang-kadang disebut kistektomi parsial, ahli bedah menghapus hanya bagian dari kandung kemih yang mengandung sel-sel kanker. Kistektomi segmental jarang digunakan dan hanya bisa menjadi pilihan jika kanker Anda terbatas pada satu daerah kandung kemih yang dapat dengan mudah dihapus tanpa merusak fungsi kandung kemih.
  • Terapi biologi (imunoterapi). Terapi biologi, kadang-kadang disebut immunotherapy, bekerja dengan sinyal sistem kekebalan tubuh untuk membantu melawan sel-sel kanker. Terapi biologi untuk kanker kandung kemih biasanya diberikan melalui uretra dan langsung ke kandung kemih (terapi intravesical).

Satu obat terapi biologi yang digunakan untuk mengobati kanker kandung kemih adalah basil Calmette-Guerin (BCG), yang merupakan bakteri yang digunakan dalam vaksin tuberkulosis. Obat lain terapi biologi adalah versi sintetis dari interferon, yang merupakan protein yang dibuat sistem kekebalan tubuh Anda untuk membantu melawan infeksi. Versi sintetis, yang disebut interferon alfa-2b (Intron A), kadang-kadang digunakan dalam kombinasi dengan BCG.

Obat terapi biologi sering menyebabkan gejala seperti flu dan dapat mengiritasi kandung kemih Anda.

Operasi kanker kandung kemih invasif

Jika kanker Anda telah menyerang lapisan yang lebih dalam dari dinding kandung kemih, Anda dapat mempertimbangkan :

  • Operasi untuk mengangkat seluruh kandung kemih. Sebuah kistektomi radikal adalah operasi untuk mengangkat seluruh kandung kemih, serta kelenjar getah bening di sekitarnya. Pada pria, kistektomi radikal biasanya mencakup pengangkatan prostat dan vesikula seminalis. Pada wanita, kistektomi radikal melibatkan pengangkatan rahim, ovarium dan bagian dari vagina.

Seiring perkembangannya, kistektomi radikal dilakukan dengan menggunakan bedah robotik, yang berarti ahli bedah duduk di dekatnya dan menggunakan kontrol tangan untuk tepat memindahkan instrumen bedah.

Kistektomi membawa risiko infeksi dan pendarahan. Pada pria, pengangkatan prostat dan vesikula seminalis dapat menyebabkan disfungsi ereksi. Namun dalam kasus tertentu, dokter bedah Anda dapat mencoba mencadangkan saraf yang diperlukan untuk ereksi. Pada wanita, pengangkatan ovarium menyebabkan infertilitas dan menopause dini.

  • Operasi untuk membuat jalan baru bagi urin untuk keluar dari tubuh. Segera setelah kistektomi radikal Anda, dokter bedah akan bekerja untuk membuat jalan baru untuk mengeluarkan Ada beberapa pilihan. Pilihan yang terbaik untuk Anda tergantung pada situasi dan preferensi Anda.

Dokter bedah Anda dapat membuat tabung (saluran kemih) menggunakan sepotong usus Anda. Tabung berjalan dari ureter Anda, yang menguras ginjal, ke luar dari tubuh Anda, di mana urin Anda bermuara ke kantong (tas urostomy) yang Anda pakai pada perut Anda.

Dalam prosedur lain, dokter bedah Anda dapat menggunakan bagian dari usus untuk membuat waduk kecil untuk urin dalam tubuh Anda (benua kulit diversi urin). Anda dapat mengalirkan urin dari reservoir melalui lubang di perut Anda menggunakan kateter beberapa kali setiap hari.

Dalam kasus tertentu, dokter bedah Anda dapat membuat waduk kandung kemih seperti keluar dari sepotong usus Anda (neobladder). Waduk ini dibuat di dalam tubuh Anda dan melekat ke uretra Anda, yang memungkinkan Anda untuk buang air kecil secara normal. Anda mungkin perlu menggunakan kateter untuk mengalirkan urin dari semua neobladder Anda.

Kemoterapi

Kemoterapi menggunakan obat-obatan untuk membunuh sel-sel kanker. Pengobatan kemoterapi untuk kanker kandung kemih biasanya melibatkan dua atau lebih obat kemoterapi yang digunakan dalam kombinasi. Obat dapat diberikan melalui pembuluh darah di lengan Anda (intravena), atau dapat diberikan langsung ke kandung kemih Anda dengan melewati sebuah tabung melalui uretra Anda (terapi intravesical).

Kemoterapi dapat digunakan untuk membunuh sel-sel kanker yang mungkin tinggal setelah operasi. Hal ini juga dapat digunakan sebelum operasi. Dalam hal ini, kemoterapi dapat mengecilkan tumor untuk memungkinkan ahli bedah melakukan operasi kurang invasif. Kemoterapi kadang-kadang dikombinasikan dengan terapi radiasi pada beberapa kasus tertentu ketika operasi bukan merupakan pilihan.

Terapi radiasi

Terapi radiasi menggunakan sinar energi tinggi yang ditujukan ke area kanker Anda untuk menghancurkan sel-sel kanker. Terapi radiasi untuk kanker kandung kemih biasanya dikeluarkan dari sebuah mesin yang bergerak di sekitar tubuh Anda, mengarahkan balok energi ke titik yang tepat.

Terapi radiasi dapat digunakan setelah operasi untuk membunuh sel-sel kanker yang tersisa. Dalam kasus yang sangat jarang, terapi radiasi kadang-kadang dikombinasikan dengan kemoterapi ketika operasi bukan merupakan pilihan, meskipun ini umumnya dianggap sebagai pilihan terakhir.

Penanganan dan Dukungan

Hidup dengan kekhawatiran bahwa kanker kandung kemih Anda bisa kambuh kembali dapat membuat Anda merasa seolah-olah Anda tak dapat mengontrol masa depan Anda. Tapi, walaupun tidak ada cara untuk memastikan bahwa kanker kandung kemih Anda tidak akan terulang, Anda dapat mengambil langkah-langkah untuk mengatasi stres.

Seiring waktu Anda akan menemukan apa yang efektif untuk Anda, tapi sampai saat itu, Anda dapat :

  • Memiliki jadwal tes tindak lanjut dan memenuhi setiap konsultasi. Ketika pengobatan kanker kandung kemih Anda selesai, mintalah dokter Anda untuk membuat jadwal pribadi tes tindak lanjut. Sebelum setiap pemeriksaan sistoskopi tindak lanjut, kemungkinan Anda akan memiliki beberapa kecemasan. Anda mungkin takut bahwa kanker telah kembali atau khawatir tentang ketidaknyamanan pemeriksaan. Tapi jangan biarkan ini menghentikan Anda untuk memenuhi janji konsultasi Anda. Sebaliknya, rencanakanlah cara untuk mengatasi masalah Anda. Tulislah pengalaman Anda dalam jurnal, ceritakanlah kepada teman atau menggunakan teknik relaksasi, seperti meditasi.
  • Jaga diri Anda sehingga Anda siap untuk melawan kanker jika datang kembali. Jaga dirimu dengan mengatur pola makan Anda untuk menyertakan banyak buah-buahan, sayuran dan biji-bijian. Olahraga selama minimal 30 menit hampir setiap hari dalam seminggu. Cukup tidur sehingga Anda bangun dengan fresh.
  • Berbagilah dengan penderita kanker kandung kemih lainnya. Bergabunglah dengan penderita kanker kandung kemih yang bertahan hidup yang mengalami ketakutan yang sama seperti yang Anda rasakan.

PENCEGAHAN

Meskipun tidak ada cara yang menjamin untuk mencegah kanker kandung kemih, Anda dapat mengambil langkah-langkah untuk membantu mengurangi risiko Anda. Contohnya :

  • Jangan merokok. Tidak merokok berarti bahwa bahan kimia penyebab kanker dalam asap tidak akan mengumpul di dalam kandung kemih Anda. Jika Anda tidak merokok, jangan pernah memulainya. Jika Anda merokok, berbicara dengan dokter Anda tentang rencana untuk membantu Anda berhenti. Kelompok pendukung, obat-obatan dan metode lain dapat membantu Anda berhenti.
  • Berhati-hati di sekitar bahan kimia. Jika Anda bekerja dengan bahan kimia, ikuti semua petunjuk keselamatan untuk menghindari eksposur.
  • Minum air sepanjang hari. Dalam teori, minum cairan, terutama air, dapat mengencerkan zat beracun yang mungkin terkonsentrasi dalam urin Anda dan mengusirnya keluar dari kandung kemih Anda lebih cepat. Studi telah membuktikan bahwa minum air akan mengurangi risiko kanker kandung kemih.

Pilih berbagai buah-buahan dan sayuran. Pilih makanan yang kaya berbagai buah-buahan dan sayuran berwarna. Antioksidan dalam buah-buahan dan sayuran dapat membantu mengurangi risiko kanker.