Kanker Kulit

DEFINISI
Kanker kulit adalah pertumbuhan sel-sel kulit yang tidak normal yang paling sering berkembang pada kulit yang terkena sinar matahari. Tapi bentuk umum kanker juga dapat terjadi pada area kulit Anda yang biasanya tidak terkena sinar matahari. Ada tiga jenis utama dari kanker kulit yaitu melanoma, karsinoma sel skuamosa, dan karsinoma sel basal.

Anda dapat mengurangi risiko kanker kulit dengan membatasi atau menghindari paparan radiasi ultraviolet (UV). Memeriksa kulit Anda untuk perubahan yang mencurigakan dapat membantu mendeteksi kanker kulit pada tahap awal. Deteksi dini kanker kulit memberi Anda peluang keberhasilan dalam pengobatan yang lebih besar.

GEJALA
Area perkembangan kanker kulit
Kanker kulit berkembang terutama pada daerah kulit yang terkena sinar matahari, termasuk kulit kepala, wajah, bibir, telinga, leher, dada, lengan dan tangan, dan kaki pada wanita. Tapi ini juga dapat terbentuk pada daerah yang jarang terpapar cahaya matahari seperti, telapak, di bawah kuku atau kuku, dan area genital Anda.

Kanker kulit mempengaruhi orang-orang dengan semua warna kulit, termasuk mereka yang berkulit gelap. Ketika melanoma terjadi pada orang dengan warna kulit gelap, hal ini lebih sering terjadi di daerah-daerah yang biasanya tidak terkena sinar matahari.

Tanda dan gejala sel basal karsinoma
Karsinoma sel basal biasanya terjadi di daerah yang terpapar matahari, seperti leher atau wajah Anda.

Karsinoma sel basal mungkin muncul sebagai:

  • Bengkak seperti mutiara atau lilin
  • Sebuah lluka seperti luka bekas yang datar, daging berwarna atau coklat

Tanda dan gejala Karsinoma sel skuamosa
Karsinoma sel skuamosa paling sering terjadi pada daerah yang terkena paparan matahari, seperti wajah, telinga, dan tangan. Orang dengan kulit gelap lebih mungkin untuk mengembangkan karsinoma sel skuamosa pada area yang tidak sering terkena sinar matahari.

Karsinoma sel skuamosa dapat muncul sebagai:

  • Bongkol kecil dan berwarna merah
  • Sebuah luka datar dengan permukaan bersisik atauberkulit

Tanda dan gejalaMelanoma
Melanoma dapat terjadi di mana saja pada tubuh Anda, jika kulit tidak normal atau tahi lalat yang menjadi kanker. Melanoma paling sering muncul pada wajah atau leher. Pada wanita, jenis kanker paling sering berkembang pada bagian bawah kaki. Pada pria maupun wanita, melanoma dapat terjadi pada kulit yang belum terkena sinar matahari. Melanoma dapat mempengaruhi orang-orang dari setiap warna kulit. Pada orang dengan warna kulit yang lebih gelap, melanoma cenderung terjadi pada telapak tangan atau telapak kaki, atau di bawah kuku tangan atau kuku kaki.

Tanda-tanda melanoma termasuk:

  • Kecoklatan besar yang lebih gelap
  • Perubahan warna tahi lalat, ukuran, atau berdarah
  • Sebuah luka kecil dengan perbatasan tidak teratur dan bagian-bagian yang muncul merah, putih, biru atau reng biru-hitam
  • Luka gelap pada telapak tangan, telapak kaki, jari atau jari-jari kaki, atau pada selaput lendir lapisan mulut, hidung, vagina atau anus

Tanda dan gejala kanker kulit yang kurang umum
Jenis kanker kulit lainnya kurang umum termasuk:

  • Sarkoma Kaposi. Ini bentuk kanker kulit yang jarang berkembang di kulit pembuluh darah dan menyebabkan bercak merah atau ungu pada kulit atau selaput lendir. Sarkoma Kaposi terutama terjadi pada orang dengan sistem kekebalan yang lemah, seperti penderita AIDS, dan orang yang mengambil obat-obatan yang menekan kekebalan alami mereka, seperti orang-orang yang telah menjalani organ transplantasi. Orang lain dengan peningkatan risiko sarkoma Kaposi termasuk orang-orang muda yang hidup di Afrika atau laki-laki tua Italia atau Yahudi Eropa Timur.
  • Karsinoma sel Merkel. Karsinoma sel Merkel menyebabkan bongkol kecil dan mengkilap yang terjadi pada atau tepat di bawah kulit dan folikel rambut. Karsinoma sel Merkel paling sering ditemukan di kepala, leher dan batang.
  • Karsinoma kelenjar sebaceous. Ini jarang terjadi dan kanker agresif berasal dari kelenjar minyak di kulit. Karsinoma kelenjar sebaceous biasanya muncul sebagai bongkol keras, menyakitkan dapat muncul di mana saja, tetapi sebagian besar terjadi pada kelopak mata, dimana mereka sudah sering keliru untuk masalah kelopak mata.

Kapan Anda harus menemui dokter
Segeralah membuat janji dengan dokter Anda jika Anda melihat perubahan kulit Anda yang Anda khawatirkan. Tidak semua perubahan kulit disebabkan oleh kanker kulit. Dokter Anda akan menyelidiki perubahan kulit Anda untuk menentukan penyebab.

PENYEBAB
Kanker kulit terjadi ketika terjadi kesalahan (mutasi) dalam DNA sel-sel kulit. Mutasi-mutasi menyebabkan sel berkembang di luar kendali dan membentuk massa sel-sel kanker.

Sel yang terlibat dalam kanker kulit.
Kanker kulit dimulai pada lapisan atas kulit, lapisan epidermis. Epidermis adalah lapisan tipis yang menyediakan tutup pelindung sel-sel kulit yang tubuh Anda secara terus menerus. Epidermis berisi tiga jenis sel yang utama:

  • Sel-sel skuamosa terletak persis di bawah permukaan luar dan berfungsi sebagai lapisan kulit batin.
  • Sel-sel basal, yang menghasilkan sel-sel kulit baru, berada di bawah sel skuamosa.
  • Melanosit, yang memproduksi melanin, pigmen yang memberikan warna bagi kulit norma. Terletak di bagian bawah epidermis Anda. Melanosit memproduksi lebih banyak melanin ketika Anda di bawah sinar matahari untuk membantu melindungi lapisan lebih dalam dari kulit Anda.

Area kanker kulit menentukan jenis dan pilihan pengobatan bagi Anda.

Cahaya Ultraungu dan penyebab potensi
Sebagian besar hasil kerusakan DNA dalam sel-sel kulit dari radiasi ultraviolet (UV) ditemukan dalam sinar matahari dan lampu-lampu yang digunakan dalam penyamakan tempat tidur. Tetapi paparan sinar matahari tidak menjelaskan kanker kulit yang terjadi pada kulit yang tidak biasanya terkena sinar matahari.
Hal ini menunjukkan bahwa faktor-faktor lain mungkin berkontribusi terhadap risiko kanker kulit, seperti terkena zat beracun atau memiliki kondisi yang melemahkan sistem kekebalan tubuh Anda.

FAKTOR RISIKO
Faktor-faktor yang dapat meningkatkan risiko kanker kulit meliputi:

  • Kulit. Siapa pun, terlepas dari warna kulit, bisa mendapatkan kanker kulit. Namun, memiliki kurang pigmen (melanin) di kulit Anda memberikan sedikit perlindungan dari radiasi UV. Jika Anda memiliki rambut pirang atau merah dan mata berwarna terang, dan Anda bintik atau mudah terbakar sinar matahri, lebih mungkin terkena kanker kulit daripada orang berkulit gelap.
  • Riwayat terbakar sinar matahri. Mempunyai satu atau lebih bekas terbakar sinar matahari pada anak-anak atau remaja meningkatkan resiko terkena kanker kulit saat dewasa. Terbakar sinar matahri di masa dewasa juga merupakan faktor risiko.
  • Paparan sinar matahari berlebihan. Siapapun yang menghabiskan banyak waktu di bawah sinar matahari dapat mengembangkan kanker kulit, terutama jika kulit tidak dilindungi oleh tabir surya atau pakaian. Penyamakan, termasuk paparan tanning lampu dan tempat tidur, juga menempatkan Anda pada risiko. Sebuah Tan terjadi jika kulit Anda menanggapi cedera berlebihan radiasi UV.
  • Iklim yang cerah atau ketinggian. Orang-orang yang hidup dalam iklim cerah, iklim hangat yang terkena sinar matahari daripada orang-orang yang tinggal di iklim dingin. Hidup di ketinggian, dimana sinar matahari terkuat, juga menghadapkan Anda untuk lebih banyak radiasi.
  • Tahi lalat. Orang-orang yang memiliki banyak tahi lalat atau tahi lalat yang tidak normal disebut dysplastic nevi berada pada peningkatan risiko kanker kulit. tahi lalat ini, yang terlihat tidak teratur dan biasanya lebih besar dari tahi lalat normal, lebih beresiko menjadi kanker kullit. Jika Anda memiliki riwayat tahi lalat yang tidak normal, perhatikan perubahan yang terjadi pada mereka.
  • Luka sebelum kanker kulit. Memiliki luka kulit yang dikenal sebagai aktinik yang bersifat actinik bisa meningkatkan resiko terkena kanker kulit. Pertumbuhan kulit prakanker ini biasanya muncul terasa kasar, bersisik yang berkisar dalam warna pink berwarna coklat sampai hitam. Mereka paling umum pada wajah dan tangan orang berkulit kulit yang telah rusak kerana sinar matahari.
  • Riwayat Keluarga kanker kulit. Jika salah satu orang tua atau saudara kandung telah memiliki kanker kulit, Anda mungkin memiliki peningkatan risiko penyakit.
  • Sejarah pribadi kanker kulit. Jika Anda mengembangkan kanker kulit sekali, Anda berada pada risiko mengembangkan lagi.
  • Sistem kekebalan yang lemah. Orang dengan sistem kekebalan yang lemah memiliki risiko lebih besar terkena kanker kulit. Ini termasuk orang-orang yang hidup dengan HIV/AIDS dan orang-orang yang mengambil obat-obatan immunosuppressant setelah transplantasi organ.
  • Paparan radiasi. Orang yang menerima pengobatan radiasi untuk kondisi kulit seperti eksim dan jerawat mungkin memiliki peningkatan risiko kanker kulit, terutama karsinoma sel basal.
  • Paparan zat tertentu. Paparan zat tertentu, seperti arsenik, dapat meningkatkan risiko kanker kulit.

PERSIAPAN SEBELUM BERKONSULTASI
Segeralah untuk membuat janji dengan dokter keluarga Anda atau dokter umum jika Anda melihat perubahan kulit yang tidak biasa yang Anda khawatirkan. Dalam beberapa kasus, Anda dapat dirujuk ke dokter yang mengkhususkan diri dalam kulit penyakit dan kondisi (dermatolog). Karena waktu konsultasi yang singkat dan ada berbagai alasan yang membatasi, alangkah baiknya jika Anda mempersiapkan diri sebelum berkonslutasi. Berikut adalah beberapa informasi untuk membantu Anda mempersiapkan diri, dan mengetahui apa yang bisa Anda harapakan dari dokter Anda.

Apa yang dapat Anda lakukan

  • Menyadari batasan pra-janji. Pada saat Anda membuat janji, pastikan untuk bertanya jika ada sesuatu yang perlu Anda lakukan sebelumnya, seperti membatasi diet Anda.
  • Tuliskan gejala yang Anda alami, termasuk apapun yang mungkin tampak tidak terkait dengan alasan yang Anda jadwalkan pada saat konslutasi.
  • Tuliskan informsi penting mengenai pribadi Anda, termasuk besar tekanan atau perubahan dalam hidup Anda.
  • Buatlah daftar semua obat, serta vitamin atau suplemen, yang Anda konsumsi.
  • Ajaklah salah seorang anggota keluarga atau teman Anda untuk saat berkonsultasi karena mereka dapat membantu menyampaikan keluhan Anda jika Anda lupa dan membantu mendengarkan semua informasi penting yang disampaikan oleh dokter.
  • Menuliskan pertanyaan untuk ditanyakan kepada dokter.

Waktu Anda dengan dokter Anda terbatas, jadi mempersiapkan daftar pertanyaan dapat membantu berkonsultasi secara efektif. Urutkan aftar pertanyaan dari yang paling penting. Untuk kanker kulit, beberapa pertanyaan dasar yang dapat Anda tanyakan adalah:

  • Apakah saya memiliki kanker kulit?
  • Apa Jenis kanker kulit yang saya miliki?
  • Apakah saya perlu tes tambahan?
  • Apakah pilihan perawatan yang tersedia untuk saya?
  • Apa resiko yang mungkin terjadi dari perawatan tersebut?
  • Apakah operasi akan meninggalkan bekas luka?
  • Apakah saya memiliki peningkatan risiko kanker kulit tambahan?
  • Bagaimana saya bisa mengurangi risiko kanker kulit tambahan?
  • Haruskah Saya memeriksa kanker kulit tambahan?
  • Apakah Saya harus melihat spesialis? Bagiaman dengan biayanya, apakah asuransi yang Saya miliki mampu menutupinya?
  • Apakah ada obat-obatan generic alternatif yang Anda sedang resep untuk saya?
  • Adakah brosur atau bahan cetak serta website yang bisa Saya pedomani?
  • Apa yang akan menentukan apakah saya harus merencanakan kunjungan tindak lanjut?

Selain pertanyaan-pertanyaan yang sudah Anda siapkan, ragu untuk mengajukan pertanyaan-pertanyaan lain selama konsultasi.

Apa yang bisa Anda harapkan dari dokter
Dokter akan menanyakan beberapa pertanyaan. Jika Anda siap, Anda bisa membahas pertanyaan lain secara lebih mendalam. Dokter mungkin bertanya:

  • Kapan pertama kali Anda mengalami gejala ini?
  • Apakah gejala Anda berlangsung secara terus-menerus atau hanya sesekali?
  • Seberapa parahkah gejala Anda?
  • Apa yang tampaknya meringankan gejala Anda?
  • Apa yang tampaknya memperburuk gejala Anda?

TES DAN DIAGNOSIS
Mendiagnosa kanker kulit
Untuk mendiagnosa kanker kulit, dokter Anda dapat:

  • Memeriksa kulit Anda. Dokter Anda mungkin melihat kulit Anda untuk menentukan apakah perubahan kulit Anda cenderung menjadi kanker kulit. Pengujian lebih lanjut mungkin diperlukan untuk mengkonfirmasi diagnosis.
  • Menghapus sampel yang mencurigakan untuk pengujian (biopsi kulit). Dokter Anda dapat mengambil sampel kecil yang tampak mencurigakan untuk pengujian laboratorium. Biopsi dapat menentukan apakah Anda memiliki kanker kulit dan, jika demikian, apa jenis kanker kulit yang Anda miliki.

Menentukan batas-batas kanker kulit
Jika dokter Anda menentukan Anda memiliki kanker kulit, Anda mungkin memiliki tambahan tes untuk menentukan tingkat (tahap) kanker kulit. Karena kanker kulit dangkal seperti karsinoma sel basal jarang menyebar, biopsi yang sering menghilangkan seluruh pertumbuhan adalah tes hanya diperlukan untuk menentukan tahap kanker.

Tapi jika Anda memiliki karsinoma sel skuamosa yang besar, Merkel cell carcinoma, atau melanoma, dokter Anda dapat merekomendasikan tes lebih lanjut untuk menentukan tingkat kanker Anda. Dokter menggunakan angka Romawi I sampai IV untuk menunjukkan Stadium kanker. Tahap I, kanker kecil dan terbatas pada daerah di mana mereka mulai. Stadium IV menunjukkan kanker yang telah menyebar ke area lain dari tubuh. Tahap kanker kulit membantu menentukan pilihan pengobatan yang akan paling efektif.

PERAWATAN DAN PENGOBATAN
Pilihan perawatan untuk kanker kulit dan luka prakanker kulit yang dikenal sebagai aktinik yang bersifat actinik akan bervariasi, tergantung pada ukuran, jenis, kedalaman dan lokasi luka. Kanker kulit kecil terbatas ke permukaan kulit mungkin tidak memerlukan pengobatan luar biopsi kulit awal yang menghilangkan seluruh pertumbuhan.

Jika perawatan tambahan dibutuhkan, pilihannya dapat mencakup:

  • Pembekuan. Dokter Anda mungkin menghancurkan aktinik yang bersifat actinik dan beberapa jenis kanker kulit kecil, awal dengan membekukan mereka dengan nitrogen cair (pembedahan cryo). Jaringan mati yang mengelupas ketika dicairkan.
  • Operasi eksisi. Jenis pengobatan mungkin cocok untuk semua jenis kanker kulit. Dokter Anda memotong jaringan kanker dan daerah disekitar kulit yang sehat. Eksisi lebar, menghapus ekstra kulit normal di sekitar tumor, yang mungkin direkomendasikan dalam beberapa kasus.
  • Bedah Mohs. Prosedur ini adalah kanker kulit yang lebih besar, berulang atau sulit-diobati, yang mungkin mencakup keduanya basal dan karsinoma sel skuamosa. Hal ini sering digunakan pada daerah dimana itu diperlukan untuk melestarikan kulit sebanyak mungkin, seperti pada hidung. Selama bedah Mohs, dokter menghilangkan pertumbuhan kulit lapis demi lapis, memeriksa setiap lapisan bawah mikroskop, sampai sel-sel abnormal yang tidak tetap. Prosedur ini memungkinkan sel-sel kanker akan dihapus tanpa mengambil jumlah kulit sehat secara berlebihan.
  • Kuret dan electrodesiccation atau cryo. Setelah menghapus sebagian besar pertumbuhan kulit tersebut, dokter mengores lapisan sel-sel kanker menggunakan perangkat dengan blade melingkar (curet). Jarum listrik menghancurkan setiap sel kanker yang tersisa. Dalam variasi dari prosedur ini, nitrogen cair dapat digunakan untuk membekukan dasar dan tepi daerah yang diobati. Prosedur ini sederhana, cepat dapat digunakan untuk mengobati kanker sel basal atau kanker sel skuamosa tipis.
  • Terapi radiasi. Terapi radiasi menggunakan balok energy bertenaga tinggi, seperti X-Ray, untuk membunuh sel kanker. Terapi radiasi dapat menjadi pilihan ketika kanker tidak benar-benar dihapus selama operasi.
  • Kemoterapi. Pada kemoterapi, obatdigunakan untuk membunuh sel kanker. Untuk kanker yang terbatas pada lapisan atas kulit, krim atau lotion yang mengandung anti-kanker dapat dioleskan langsung ke kulit. Sistemik kemoterapi dapat digunakan untuk mengobati kanker kulit yang telah menyebar ke bagian lain dari tubuh.
  • Terapi Photodynamic. Perawatan ini menghancurkan sel-sel kanker kulit dengan kombinasi sinar laser dan obat-obatan yang membuat sel-sel kanker yang sensitif terhadap cahaya.
  • Terapi biologi. Perawatan biologis merangsang sistem kekebalan tubuh untuk membunuh sel kanker.

PENCEGAHAN
Kebanyakan Kanker kulit dapat dicegah. Untuk melindungi diri, ikuti tips pencegahan kanker kulit berikut:

  • Menghindari sinar matahari pada tengah hari. Bagi banyak orang di Amerika Utara, sinar matahari kuat antara sekitar 10: 00 dan 16: 00 jadwalkan kegiatan outdoor untuk lain hari, bahkan di musim dingin atau ketika langit berawan. Anda menyerap radiasi UV sepanjang tahun, dan awan menawarkan sedikit perlindungan. Menghindari matahari yang kuat membantu Anda menghindari terbakar sinar matahari dan warna kulit yang coklat karena berjemur yang menyebabkan kulit rusak dan meningkatkan risiko pengembangan kanker kulit. paparan matahari yang terakumulasi dari waktu ke waktu juga dapat menyebabkan kanker kulit.
  • Memakai tabir surya sepanjang tahun. Tabir surya tidak menyaring semua radiasi UV yang berbahaya, terutama radiasi yang dapat mengakibatkan melanoma. Tapi mereka memainkan peran utama dalam program perlindungan matahari secara keseluruhan. Menggunakan spectrum tabir surya dengan SPF minimal 15. Menerapkan tabir surya secar lebih sering, dan menggunakannya kembali setiap dua jam atau lebih sering jika Anda berenang atau berkeringat. Menggunakan tabir surya pada semua kulit, termasuk bibir, telinga, dan punggung tangan dan leher.
  • Memakai pakaian pelindung. Tabir surya tidak memberikan perlindungan lengkap dari sinar UV. Jadi menutupi kulit Anda dengan pakaian gelap, serta rapat yang menutupi lengan dan kaki, dan topi bertepi luas, yang menyediakan perlindungan yang lebih dari sebuah topi bisbol. Beberapa perusahaan juga menjual pakaian photoprotective. Dokter kulit dapat merekomendasikan merek yang sesuai untuk Anda. Jangan lupa kacamata hitam. Mencari kedua jenis radiasi UV, UVA dan UVB.
  • Hindari penyamakan tempat tidur. Lampu yang digunakan dalam penyamakan tempat tidur memancarkan sinar UV dan dapat meningkatkan risiko kanker kulit.
  • Waspada terhadap obat-obatan matahari yang sensitif. Beberapa resep umum dan obat-obatan yang dijual di toko, termasuk antibiotik, dapat membuat kulit Anda lebih sensitif terhadap sinar matahari. Tanyakan kepada dokter atau apoteker tentang efek samping dari obat-obatan yang Anda ambil. Jika mereka meningkatkan kepekaan Anda sinar matahari, ambil tindakan pencegahan ekstra untuk tetap keluar dari matahari untuk melindungi kulit Anda.
  • Periksa kulit secara teratur dan laporkan perubahannya pada dokter Anda. Periksa kulit Anda untuk pertumbuhan kulit baru atau perubahan tahi lalat yang ada, bintik-bintik, benjolan dan tanda lahir. Dengan bantuan cermin, periksa wajah, leher, telinga dan kulit kepala. Periksa dada Anda dan leher, lengan dan tangan, termasuk ruang di antara jari-jari kaki dan telapak kaki. Juga memeriksa area genital Anda dan antara bokong.