Kanker Lidah

Definisi

Kanker lidah adalah suatu bentuk kanker yang dimulai di sel-sel lidah.

Beberapa jenis kanker dapat mempengaruhi lidah, tetapi kanker lidah yang paling sering tumbuh berkembang pada sel-sel skuamosa yang tipis dan datar yang melapisi permukaan lidah. Jenis sel yang terkait dengan kanker lidah membantu menentukan prognosis dan pengobatan.

Tempat kanker lidah terjadi juga mempengaruhi perawatan. Kanker lidah dapat terjadi:

  • Di mulut, di mana kanker lebih mudah untuk dilihat dan dirasakan (kanker lidah oral). Jenis kanker lidah ini cenderung didiagnosis ketika kanker masih kecil dan lebih mudah diangkat melalui operasi.
  • Di tenggorokan, di dasar lidah, di mana kanker lidah dapat berkembang dengan beberapa tanda-tanda dan gejala (kanker lidah hypopharyngeal). Kanker dasar lidah biasanya didiagnosis pada stadium lanjut, ketika tumor lebih besar dan kanker telah menyebar ke kelenjar getah bening di leher.

Semakin ke pangkal, kanker dasar lidah berhubungan dengan human papillomavirus (HPV), prognosis dan pengobatan kanker yang diperlukan juga akan semakin mendalam.

Pengobatan untuk kanker lidah biasanya melibatkan pembedahan untuk mengangkat kanker. Kemoterapi, terapi radiasi dan terapi obat yang ditargetkan juga mungkin dibutuhkan.

Pengobatan untuk kanker lidah lanjut dapat mempengaruhi kemampuan berbicara dan makan. Mendapatkan bantuan dari tim rehabilitasi yang terampil dapat membantu mengatasi perubahan yang diakibatkan pengobatan kanker lidah.