Kanker Serviks Kapan Harus ke Dokter?

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Kanker serviks merupakan penyakit kanker yang cukup populer di kalangan wanita karena sifatnya yang membuat takut dan dapat menyebabkan kematian. Kanker serviks ini penyebab utamanya adalah infeksi dari HPV (Human Papillomavirus).

Saat terserang penyakit kanker serviks seorang wanita akan merasakan beberapa gejala. Namun, ada beberapa wanita yang tidak merasakan gejalanya. Jika seperti itu maka cukup mengkhawatirkan bukan? Jalan satu-satunya untuk menghilangkan rasa khawatir tersebut yaitu dengan periksa ke dokter. Tapi, kapan waktu yang tepat bertemu dokter untuk memeriksakan organ intim yang berhubungan dengan terjadinya kanker serviks pada wanita?

Sebelum masuk pada penjelasan waktu yang tepat untuk pemeriksaan kanker serviks. Sebelumnya akan dijelaskan kenapa memeriksakan organ intim kepada dokter itu penting dalam hal kanker serviks. Pemeriksaan ke dokter penting karena pada dasarnya semua wanita memiliki HPV namun menjadi aman atau tidak terkena kanker serviks selama jenis HPV yang ada di sistem reproduksi anda bukan jenis yang menyebabkan kanker serviks serta anda tidak mengalami hal yang dapat meningkatkan risiko kanker serviks. Untuk itu memeriksakan organ intim meski anda tidak terkena kanker serviks juga diperlukan.

Berikut penjelasan kapan anda harus ke dokter berdasarkan jenis tes yang digunakan untuk pemeriksaan kanker serviks:

  1. Pemeriksaan pap smear

Pap smear merupakan pemeriksaan leher rahim yang paling dikenal oleh masyarakat pada umumnya. Tes ini dilakukan untuk mengetahui adanya HPV yang menyebabkan kanker serviks atau kanker leher rahim. Tes ini bisa dilakukan oleh wanita yang belum menikah dengan usia berkisar 20 tahun yaitu tiga tahun sekali. Sedangkan bagi yang sudah menikah dengan usia 30 tahunan anda bisa melakukannya lima tahun sekali dan jika anda termasuk aktif dalam aktivitas seks maka lakukan satu kali dalam setahun. Pap smear baik dilakukan setelah haid sehingga dapat dipastikan darah haid sudah bersih, tidak menggunakan bahan kimia ke dalam vagina sebelum pemeriksaan, tidak berhubungan intim sebelumnya dan tidak sedang hamil.

  1. Tes HPV

Kapan harus menemui dokter untuk tes HPV?. Anda bisa bertemu dokter untuk tes HPV selama 5 tahun sekali. Tes HPV ini dilakukan pada wanita yang telah berusia 20 tahun dengan tujuan untuk mengungkapkan jenis HPV yang dimiliki seorang wanita.

  1. Tes STD

Sexually Transmitted Disease test (Tes STD) merupakan pemeriksaan dengan tujuan mengetahui penyakit menular seks yang diderita seorang wanita. Ada empat jenis, namun pemilihan jenis bergantung dengan keluhan anda. Jika ingin memeriksakan tes STD anda bisa datang ke dokter setidaknya satu kali setelah anda melakukan hubungan intim, kecuali jika berganti pasangan. Saat pemeriksaan STD anda akan di ambil sampel darahnya untuk diperiksa. (DKA)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here