Kanker

DEFINISI

Kanker mengacu pada salah satu dari sejumlah besar penyakit yang ditandai dengan perkembangan sel-sel abnormal yang membelah tak terkendali dan memiliki kemampuan untuk menyusup dan menghancurkan jaringan tubuh yang normal. Kanker sering memiliki kemampuan untuk menyebar ke seluruh tubuh Anda.

Kanker adalah penyebab kedua kematian di Amerika Serikat. Tapi tingkat kelangsungan hidup telah meningkat untuk berbagai jenis kanker, berkat perbaikan dalam skrining kanker dan pengobatan kanker.

GEJALA

Tanda dan gejala yang disebabkan oleh kanker akan bervariasi tergantung pada bagian tubuh yang dipengaruhi.

Beberapa tanda dan gejala umum berhubungan dengan kanker tetapi tidak spesifik, termasuk :

  • Kelelahan
  • Benjolan atau penebalan area yang bisa dirasakan di bawah kulit
  • Perubahan berat badan, termasuk kehilangan yang tidak disengaja atau bertambahnya
  • Perubahan warna kulit, seperti menguning, gelap atau kemerahan pada kulit, luka yang tidak akan sembuh, atau perubahan tahi lalat yang ada
  • Perubahan kebiasaan usus atau kandung kemih
  • Batuk persisten atau kesulitan bernapas
  • Kesulitan menelan
  • Suara serak
  • Gangguan pencernaan persisten atau ketidaknyamanan setelah makan
  • Nyeri otot atau sendi yang tak dapat dijelaskan dan persisten
  • Demam atau keringat malam yang tak dapat dijelaskan dan persisten
  • Perdarahan atau memar yang tak dapat dijelaskan

Kapan Anda harus ke dokter?

Buatlah janji dengan dokter Anda jika Anda memiliki tanda-tanda atau gejala yang membuat Anda khawatir.

Jika Anda tidak memiliki tanda-tanda atau gejala, tetapi khawatir tentang risiko kanker, diskusikan masalah Anda dengan dokter. Tanyakan tentang tes skrining kanker dan prosedur yang sesuai untuk Anda.

PENYEBAB

Kanker ini disebabkan oleh perubahan (mutasi) pada DNA dalam sel. DNA dalam sel dikemas dalam sejumlah besar gen individu, masing-masing berisi satu set instruksi untuk memberitahu sel fungsi yang harus dilakukan, serta bagaimana untuk tumbuh dan membelah. Kesalahan dalam petunjuk dapat menyebabkan sel berhenti melakukan fungsi normal dan memungkinkan sel untuk menjadi kanker.

Apa yang mutasi gen lakukan?

Sebuah mutasi gen dapat menginstruksikan sel sehat untuk :

  • Memungkinkan pertumbuhan yang cepat. Mutasi gen dapat memberitahu sel untuk tumbuh dan membelah lebih cepat. Hal ini menciptakan banyak sel-sel baru yang semuanya memiliki mutasi yang sama.
  • Gagal untuk menghentikan pertumbuhan sel yang tidak terkendali. Sel-sel normal tahu kapan harus berhenti tumbuh sehingga Anda memiliki jumlah yang tepat dari setiap jenis sel. Sel-sel kanker kehilangan kontrol (gen supresor tumor) yang memberitahunya kapan harus berhenti tumbuh. Sebuah mutasi dalam gen supresor tumor memungkinkan sel kanker untuk terus tumbuh dan mengelompok.
  • Membuat kesalahan ketika memperbaiki kesalahan DNA. Gen perbaikan DNA mencari kesalahan dalam DNA sel dan melakukan koreksi. Sebuah mutasi dalam gen perbaikan DNA dapat berarti bahwa kesalahan lain tidak dikoreksi, mengarahkan sel-sel menjadi kanker.

Mutasi ini adalah yang paling umum ditemukan pada kanker. Tapi banyak mutasi gen lainnya yang juga dapat berkontribusi menyebabkan kanker.

Apa yang menyebabkan mutasi gen?

Mutasi gen dapat terjadi karena beberapa alasan, misalnya :

  • Mutasi gen yang Anda bawa sejak lahir. Anda mungkin akan lahir dengan mutasi genetik yang Anda warisi dari orang tua Anda. Jenis mutasi ini terhitung untuk persentase kecil dari kanker.
  • Mutasi gen yang terjadi setelah lahir. Kebanyakan mutasi gen terjadi setelah Anda lahir dan tidak diwariskan. Sejumlah hal yang dapat menyebabkan mutasi gen, seperti merokok, radiasi, virus, bahan kimia penyebab kanker (karsinogen), obesitas, hormon, peradangan kronis dan kurang olahraga.

Mutasi gen sering terjadi selama pertumbuhan sel normal. Namun, sel mengandung mekanisme yang dikenali ketika kesalahan terjadi dan perbaikan kesalahan. Kadang-kadang, kesalahan tidak terkoreksi. Hal ini dapat menyebabkan sel menjadi kanker.

Bagaimana mutasi gen berinteraksi satu sama lain?

Mutasi gen yang Anda bawa sejak lahir dan yang Anda peroleh dalam perjalanan hidup Anda bersama-sama menyebabkan kanker.

Misalnya, jika Anda telah mewarisi mutasi genetik yang mempredispos Anda ke kanker, itu tidak berarti Anda pasti mendapatkan kanker. Sebaliknya, Anda mungkin perlu satu atau lebih mutasi gen lain yang menyebabkan kanker. Mutasi gen yang Anda warisi bisa membuat Anda lebih mungkin dibandingkan orang lain untuk mengembangkan kanker bila terkena zat penyebab kanker tertentu.

Tidak jelas berapa banyak mutasi yang harus terkumpul hingga terbentuknya kanker. Kemungkinan ini bervariasi antara satu jenis kanker dan jenis yang lainnya.

FAKTOR RISIKO

Walaupun dokter memiliki gagasan tentang apa yang dapat meningkatkan risiko kanker, sebagian besar kanker terjadi pada orang yang tidak memiliki faktor risiko yang diketahui. Faktor-faktor yang diketahui meningkatkan risiko kanker meliputi :

Usia

Kanker perlu puluhan tahun untuk berkembang. Itu sebabnya kebanyakan orang didiagnosis dengan kanker pada usia 65 tahun atau lebih. Sementara itu lebih sering terjadi pada orang dewasa yang lebih tua, kanker tidak eksklusif sebagai penyakit orang dewasa – kanker juga dapat didiagnosis pada usia berapa pun.

Kebiasaan

Pilihan gaya hidup tertentu diketahui dapat meningkatkan risiko kanker. Merokok, minum lebih dari satu minuman beralkohol sehari (untuk perempuan dari segala usia dan laki-laki yang lebih tua dari usia 65 tahun) atau dua gelas sehari (untuk pria usia 65 tahun dan lebih muda), paparan sinar matahari yang berlebihan atau sering terbakar terik matahari, menjadi gemuk, dan praktik seks yang tidak aman dapat berkontribusi untuk kanker.

Anda dapat mengubah kebiasaan ini untuk menurunkan risiko kanker – meskipun beberapa kebiasaan mudah diubah dibanding yang lainnya.

Riwayat keluarga

Hanya sebagian kecil kanker yang disebabkan oleh kondisi warisan. Jika kanker telah umum dalam keluarga Anda, itu mungkin berarti bahwa mutasi berlalu dari satu generasi ke generasi berikutnya. Anda mungkin menjadi kandidat untuk tes genetik untuk melihat apakah Anda telah mewarisi mutasi yang mungkin meningkatkan risiko kanker tertentu. Perlu diingat bahwa memiliki mutasi genetik yang diturunkan tidak selalu berarti Anda akan mendapatkan kanker.

Kondisi kesehatan

Beberapa kondisi kesehatan kronis, seperti kolitis ulserativa, nyata dapat meningkatkan risiko mengembangkan kanker tertentu. Bicaralah dengan dokter Anda tentang risiko Anda.

Lingkungan

Lingkungan sekitar Anda mungkin mengandung bahan kimia berbahaya yang dapat meningkatkan risiko kanker. Bahkan jika Anda tidak merokok, Anda bisa menghirup asap rokok jika Anda tinggal di lingkungan perokok atau jika Anda tinggal dengan seseorang yang merokok. Bahan kimia di rumah atau tempat kerja, seperti asbes dan benzena, juga dikaitkan dengan peningkatan risiko kanker.

Komplikasi

Kanker dan pengobatannya dapat menyebabkan beberapa komplikasi, termasuk :

  • Rasa nyeri. Nyeri dapat disebabkan oleh kanker atau pengobatan kanker, meskipun tidak semua kanker menyakitkan. Obat-obatan dan pendekatan lain dapat secara efektif mengobati nyeri terkait kanker.
  • Kelelahan pada penderita kanker memiliki banyak penyebab, tetapi sering dapat diatasi. Kelelahan yang berhubungan dengan perawatan kemoterapi atau terapi radiasi adalah hal umum, tetapi biasanya bersifat sementara.
  • Sulit bernafas. Kanker atau pengobatan kanker dapat menyebabkan perasaan sesak napas. Perawatan mungkin dapat menawarkan
  • Kanker dan pengobatan kanker tertentu dapat menyebabkan mual. Dokter Anda kadang-kadang dapat memprediksi jika pengobatan Anda mungkin menyebabkan mual. Obat-obatan dan perawatan lain dapat membantu Anda mencegah atau mengurangi mual.
  • Diare atau konstipasi. Kanker dan pengobatan kanker dapat mempengaruhi perut Anda dan menyebabkan diare atau sembelit.
  • Kehilangan berat badan. Kanker dan pengobatan kanker dapat menyebabkan penurunan berat badan. Kanker mencuri makanan dari sel-sel normal dan menghalanginya dari nutrisi. Hal ini sering tidak terpengaruh oleh berapa banyak kalori atau jenis makanan yang dimakan; sulit untuk di Dalam kebanyakan kasus, menggunakan nutrisi buatan melalui tabung ke dalam perut atau vena tidak membantu mengubah penurunan berat badan.
  • Perubahan zat kimia dalam tubuh Anda. Kanker dapat mengganggu keseimbangan zat kimia yang normal dalam tubuh Anda dan meningkatkan risiko komplikasi serius. Tanda dan gejala ketidakseimbangan zat kimia mungkin termasuk kehausan berlebihan, sering buang air kecil, sembelit dan kebingungan.
  • Masalah otak dan sistem saraf. Kanker dapat menekan saraf di dekatnya dan menyebabkan rasa nyeri dan hilangnya fungsi dari satu bagian tubuh Anda. Kanker yang melibatkan otak bisa menyebabkan sakit kepala dan tanda-tanda dan gejala seperti stroke, seperti kelemahan pada satu sisi tubuh Anda.
  • Reaksi sistem kekebalan tubuh yang tidak normal terhadap Dalam beberapa kasus sistem kekebalan tubuh dapat bereaksi terhadap adanya kanker dengan menyerang sel-sel sehat. Disebut sindrom paraneoplastic, reaksi ini sangat jarang dapat menyebabkan berbagai tanda dan gejala, seperti kesulitan berjalan dan kejang.
  • Kanker yang menyebar. Kanker yang berkembang, itu mungkin menyebar (metastasis) ke bagian lain dari tubuh. Dimana kanker menyebar tergantung pada jenis kanker.
  • Kanker yang kambuh. Penderita kanker memiliki risiko kekambuhan kanker. Beberapa kanker lebih mungkin untuk kambuh daripada yang lain. Tanyakan kepada dokter Anda tentang apa yang dapat Anda lakukan untuk mengurangi risiko kambuhnya kanker. Dokter Anda mungkin menyusun rencana perawatan tindak lanjut untuk Anda setelah pengobatan. Rencana ini mungkin termasuk scan dan pemeriksaan berkala dalam beberapa bulan dan tahun setelah perawatan, untuk mencari kekambuhan kanker.

Persiapan Sebelum ke Dokter

Mulailah dengan menemui dokter keluarga Anda atau dokter umum jika Anda memiliki tanda-tanda atau gejala yang mengkhawatirkan Anda. Jika dokter Anda menyatakan Anda menderita kanker, Anda mungkin akan dirujuk ke satu atau lebih spesialis, seperti :

  • Dokter yang mengobati kanker (onkologi)
  • Dokter yang mengobati kanker dengan radiasi (onkologi radiasi)
  • Dokter yang mengobati penyakit darah dan jaringan pembentuk darah (hematologi)
  • Ahli bedah

Karena konsultasi berlangsung singkat, dan karena sering ada banyak hal yang mengganggu, itu ide yang baik untuk mempersiapkan diri untuk janji Anda. Berikut beberapa informasi untuk membantu Anda bersiap-siap, dan apa yang dapat diharapkan dari dokter Anda.

Apa yang dapat Anda lakukan?

  • Mengetahui adanya pembatasan pra-janji. Pada saat Anda membuat janji, pastikan untuk menanyakan apakah ada sesuatu yang perlu Anda lakukan di muka, seperti membatasi diet Anda.
  • Tuliskan gejala yang Anda alami, termasuk yang mungkin tampak tidak berhubungan dengan alasan Anda menjadwalkan janji.
  • Tuliskan informasi penting tentang pribadi Anda, termasuk tekanan besar atau perubahan kehidupan baru-baru ini.
  • Tuliskan riwayat kanker dalam keluarga Anda. Jika anggota lain dari keluarga Anda telah didiagnosis menderita kanker, buatlah catatan tentang jenis kanker, bagaimana hubungan setiap orang dengan Anda dan berapa usia setiap orang tersebut ketika didiagnosis.
  • Buatlah daftar semua obat, vitamin atau suplemen yang Anda konsumsi.
  • Pertimbangkanlah untuk meminta anggota keluarga atau teman untuk menemani Anda. Kadang-kadang bisa sulit untuk mengingat semua informasi yang diberikan selama janji. Seseorang yang menemani Anda dapat membantu mengingatnya.
  • Tuliskan pertanyaan untuk ditanyakan kepada dokter Anda.

Waktu Anda dengan dokter terbatas, jadi mempersiapkan daftar pertanyaan dapat membuat konsultasi berjalan efektif. Buatlah daftar pertanyaan Anda dari yang paling penting hingga yang sedikit penting untuk mengantisipasi habisnya waktu. Untuk kanker, beberapa pertanyaan dasar untuk ditanyakan kepada dokter Anda meliputi :

  • Apa jenis kanker yang saya miliki?
  • Apa stadium kanker saya?
  • Apakah saya perlu tes tambahan?
  • Apa pilihan pengobatan yang tersedia untuk kondisi saya?
  • Dapatkah perawatan menyembuhkan kanker saya?
  • Jika kanker saya tidak bisa disembuhkan, apa yang bisa saya harapkan dari perawatan?
  • Apa efek samping potensial dari setiap perawatan?
  • Apakah ada satu perawatan yang Anda rasa mungkin terbaik bagi saya?
  • Berapa lama saya harus menjalani perawatan?
  • Bagaimana perawatan akan mempengaruhi kehidupan sehari-hari saya?
  • Dapatkah saya terus bekerja selama perawatan?
  • Apakah ada uji klinis atau perawatan eksperimental yang tersedia untuk saya?
  • Saya memiliki kondisi kesehatan lainnya. Bagaimana saya bisa mengatasinya selama pengobatan kanker saya?
  • Apakah ada pembatasan yang perlu saya ikuti?
  • Haruskah saya menemui seorang spesialis? Berapa kemungkinan biayanya, dan apakah asuransi saya menanggungnya?
  • Apakah ada alternatif generik untuk obat yang Anda resepkan?
  • Apakah ada brosur atau bahan cetak lainnya yang dapat saya miliki? Situs apa yang Anda rekomendasikan?
  • Apa yang akan menentukan bahwa saya harus merencanakan kunjungan tindak lanjut?

Selain pertanyaan-pertanyaan yang telah Anda siapkan, jangan ragu untuk mengajukan pertanyaan lain yang Anda miliki.

Apa yang dapat diharapkan dari dokter Anda?

Dokter akan menanyai Anda sejumlah pertanyaan. Menjadi siap untuk menjawabnya akan menghemat waktu Anda. Dokter Anda mungkin bertanya :

  • Kapan Anda pertama kali mulai mengalami gejala?
  • Apakah gejala Anda terjadi terus menerus atau sesekali?
  • Seberapa parah gejala Anda?
  • Apakah ada yang tampaknya dapat meringankan gejala Anda?
  • Apakah ada yang tampaknya memperburuk gejala Anda?
  • Apakah ada anggota keluarga Anda yang menderita kanker?
  • Apakah Anda pernah menderita kanker sebelumnya? Jika iya, jenis kanker apa dan bagaimana itu diobati?
  • Apakah anda pernah terkena bahan kimia di rumah atau di tempat kerja?
  • Apakah Anda merokok atau menggunakan tembakau?
  • Pernahkah Anda didiagnosis dengan infeksi hepatitis atau human papiloma virus?

Tes dan Diagnosis

Mendiagnosa kanker pada tahap awal sering memberikan peluang terbaik untuk penyembuhan. Dengan pemikiran ini, berbicaralah dengan dokter Anda tentang apa jenis skrining kanker yang mungkin tepat untuk Anda.

Untuk beberapa kanker, studi menunjukkan tes skrining dapat menyelamatkan nyawa dengan mendiagnosa kanker sejak dini. Untuk kanker lainnya, tes skrining direkomendasikan hanya untuk orang-orang yang memiliki peningkatan risiko.

Berbagai organisasi medis dan kelompok advokasi pasien memiliki rekomendasi dan pedoman untuk skrining kanker. Tinjaulah berbagai pedoman dengan dokter Anda dan bersama-sama Anda dapat menentukan apa yang terbaik untuk Anda berdasarkan faktor risiko Anda sendiri terhadap kanker.

Diagnosis kanker

Dokter Anda mungkin menggunakan satu atau lebih pendekatan untuk mendiagnosa kanker :

  • Pemeriksaan fisik. Dokter Anda mungkin merasakan area tubuh Anda untuk mencari benjolan yang mungkin mengindikasikan tumor. Selama pemeriksaan fisik, ia mungkin mencari kelainan, seperti perubahan warna kulit atau pembesaran organ, yang dapat mengindikasikan adanya kanker.
  • Tes laboratorium. Tes laboratorium, seperti tes urin dan darah, dapat membantu dokter mengidentifikasi kelainan yang dapat disebabkan oleh kanker. Misalnya, pada penderita leukemia, tes darah sudah umum yang disebut penghitungan darah total yang dapat mengungkapkan jumlah atau jenis yang tidak biasa dari sel darah putih.
  • Tes p Tes pencitraan memungkinkan dokter untuk memeriksa tulang dan organ dalam cara non-invasif. Tes pencitraan yang digunakan dalam mendiagnosis kanker mungkin termasuk computerized tomography (CT) scan, scan tulang, magnetic resonance imaging (MRI), positron emission tomography (PET) scan, USG dan X-ray.
  • Selama biopsi, dokter mengumpulkan sampel sel untuk pengujian di laboratorium. Ada beberapa cara mengumpulkan sampel. Prosedur biopsi yang tepat untuk Anda tergantung pada jenis kanker dan lokasinya. Dalam kebanyakan kasus, biopsi adalah satu-satunya cara definitif mendiagnosa kanker.

Di laboratorium, dokter meneliti sampel sel di bawah mikroskop. Sel-sel normal terlihat seragam, dengan ukuran yang sama dan terorganisir. Sel-sel kanker terlihat kurang teratur, dengan berbagai ukuran dan tidak terorganisir.

Stadium kanker

Setelah kanker didiagnosis, dokter akan bekerja untuk menentukan stadium (stage) dari kanker Anda. Dokter menggunakan stadium kanker Anda untuk menentukan pilihan pengobatan Anda dan peluang Anda untuk sembuh.

Tes dan prosedur staging mungkin termasuk tes pencitraan, seperti scan tulang atau sinar-X, untuk melihat apakah kanker telah menyebar ke bagian lain dari tubuh.

Tahap kanker umumnya ditandai dengan angka Romawi – I sampai IV, angka lebih tinggi menunjukkan kanker stadium lanjut. Dalam beberapa kasus, stadium kanker diindikasikan menggunakan huruf atau kata-kata.

Perawatan dan Obat-obatan

Banyak pengobatan kanker yang telah tersedia. Pilihan pengobatan Anda akan tergantung pada beberapa faktor, seperti jenis dan stadium kanker Anda, kesehatan Anda secara umum, dan preferensi Anda. Bersama-sama Anda dan dokter dapat mempertimbangkan manfaat dan risiko dari setiap pengobatan kanker untuk menentukan mana yang terbaik untuk Anda.

Tujuan dari pengobatan kanker

Pengobatan kanker memiliki tujuan yang berbeda, seperti :

  • Tujuan pengobatan adalah untuk menyembuhkan kanker Anda, memungkinkan Anda untuk menjalani hidup secara normal. Ini mungkin atau mungkin tidak dapat dilakukan, tergantung pada situasi khusus Anda.
  • Pengobatan Tujuan dari pengobatan utama adalah untuk menghapus kanker dari tubuh Anda atau membunuh sel-sel kanker. Pengobatan kanker dapat digunakan sebagai pengobatan utama, tetapi pengobatan kanker primer yang paling umum untuk kanker kebanyakan kanker adalah operasi. Jika kanker Anda sangat sensitif terhadap terapi radiasi atau kemoterapi, Anda mungkin menerima salah satu dari terapi sebagai pengobatan utama Anda.
  • Pengobatan adjuvant. Tujuan dari terapi adjuvant adalah untuk membunuh sel-sel kanker yang mungkin tetap ada setelah pengobatan utama untuk mengurangi kemungkinan bahwa kanker akan kambuh. Pengobatan kanker dapat digunakan sebagai terapi adjuvant. Terapi adjuvant umum termasuk kemoterapi, terapi radiasi dan terapi hormon.
  • Pengobatan Perawatan paliatif dapat membantu meringankan efek samping dari pengobatan atau tanda-tanda dan gejala yang disebabkan oleh kanker itu sendiri. Operasi, radiasi, kemoterapi dan terapi hormon semua dapat digunakan untuk meredakan gejala. Obat dapat meredakan gejala seperti nyeri dan sesak napas.

Pengobatan paliatif dapat digunakan pada saat yang sama dengan perawatan lain dimaksudkan untuk menyembuhkan kanker Anda.

Pengobatan kanker

Dokter memiliki banyak alat untuk mengobati kanker. Pilihan pengobatan kanker meliputi :

  • Tujuan dari operasi adalah untuk menghilangkan kanker atau menghapusnya sebanyak mungkin.
  • Kemoterapi menggunakan obat-obatan untuk membunuh sel-sel kanker.
  • Terapi radiasi. Terapi radiasi menggunakan sinar energi bertenaga tinggi, seperti sinar-X, untuk membunuh sel-sel kanker. Pengobatan radiasi bisa berasal dari mesin di luar tubuh (sinar radiasi eksternal), atau dapat ditempatkan di dalam tubuh Anda (brachytherapy).
  • Transplantasi sel induk. Transplantasi sel induk ini juga dikenal sebagai transplantasi sumsum tulang. Sumsum tulang Anda adalah materi dalam tulang Anda yang membuat sel-sel darah dari sel darah Transplantasi sel induk dapat menggunakan sel induk sendiri atau sel induk dari donor. Transplantasi sel induk memungkinkan dokter untuk menggunakan dosis yang lebih tinggi dari kemoterapi untuk mengobati kanker Anda. Hal ini juga dapat digunakan untuk menggantikan sumsum tulang yang sakit.
  • Imunoterapi, juga dikenal sebagai terapi biologi, menggunakan sistem kekebalan tubuh untuk melawan kanker. Kanker bisa bertahan dalam tubuh Anda karena sistem kekebalan tubuh Anda tidak mengenalinya sebagai penyusup. Imunoterapi dapat membantu sistem kekebalan tubuh Anda “melihat” kanker dan serangan itu.
  • Terapi hormon. Beberapa jenis kanker dipicu oleh hormon tubuh Anda. Contohnya termasuk kanker payudara dan kanker prostat. Menghapus hormon-hormon dari tubuh atau memblokir efeknya dapat menyebabkan sel-sel kanker berhenti tumbuh.
  • Terapi obat yang ditargetkan. Terapi obat yang ditargetkan berfokus pada kelainan tertentu dalam sel-sel kanker yang memungkinkannya untuk bertahan hidup.
  • Uji klinis. Studi uji klinis untuk menyelidiki cara-cara baru untuk mengobati kanker. Ribuan uji klinis klinis sedang dilakukan.

Pengobatan lain mungkin tersedia untuk Anda, tergantung pada jenis kanker.

Pengobatan Alternatif

Tidak ada pengobatan kanker alternatif yang telah terbukti untuk menyembuhkan kanker. Tapi pilihan pengobatan alternatif dapat membantu Anda mengatasi efek samping dari kanker dan pengobatan kanker, seperti kelelahan, mual dan nyeri.

Bicarakan dengan dokter Anda tentang pilihan pengobatan alternatif yang mungkin menawarkan beberapa manfaat. Dokter juga dapat menjelaskan apakah terapi ini aman untuk Anda atau mungkin mengganggu pengobatan kanker Anda.

Beberapa pilihan pengobatan alternatif yang telah terbukti membantu penderita kanker meliputi :

  • Akupunktur
  • Hipnosis
  • Pijat
  • Meditasi
  • Teknik relaksasi
  • Yoga

Penanganan dan Dukungan

Diagnosis kanker dapat mengubah hidup Anda selamanya. Setiap orang menemukan cara sendiri untuk mengatasi perubahan emosional dan fisik akibat kanker. Tapi ketika Anda pertama kali didiagnosis menderita kanker, kadang-kadang akan sulit untuk mengetahui apa yang harus dilakukan selanjutnya.

Berikut adalah beberapa ide untuk membantu Anda mengatasinya :

  • Pelajari tentang kanker untuk membuat keputusan tentang perawatan Anda. Tanyakan kepada dokter Anda tentang kanker Anda, termasuk pilihan pengobatan Anda dan, jika Anda mau, prognosis Anda. Ketika Anda mempelajari lebih lanjut tentang kanker, Anda mungkin menjadi lebih percaya diri dalam membuat keputusan pengobatan.
  • Tetap dekat dengan teman-teman dan keluarga. Tetap menjaga hubungan dekat Anda akan membantu Anda menangani kanker. Teman dan keluarga dapat memberikan dukungan praktis yang Anda perlukan, seperti membantu rawat inap Anda jika Anda berada di rumah sakit. Dan mereka dapat memberikan dukungan emosional ketika Anda merasa kewalahan oleh kanker.
  • Cari seseorang untuk diajak bercerita. Cari pendengar yang baik yang bersedia untuk mendengarkan Anda berbicara tentang harapan dan ketakutan. Ini mungkin teman atau anggota keluarga. Perhatian dan pemahaman dari konselor, pekerja sosial medis, anggota pendeta atau kelompok pendukung kanker juga dapat membantu.

PENCEGAHAN

Tidak ada cara tertentu untuk mencegah kanker. Namun, dokter telah mengidentifikasi beberapa cara untuk mengurangi risiko kanker Anda, seperti :

  • Berhenti merokok. Jika Anda merokok, berhentilah. Jika Anda tidak merokok, jangan pernah mencoba untuk memulainya. Merokok dikaitkan dengan beberapa jenis kanker – bukan hanya kanker paru-paru. Menghentikannya sekarang akan mengurangi risiko kanker di masa depan.
  • Hindari paparan sinar matahari yang berlebihan. Sinar ultraviolet berbahaya (UV) dari matahari dapat meningkatkan risiko kanker kulit. Batasi paparan sinar matahari Anda dengan tinggal di tempat teduh, mengenakan pakaian pelindung atau memakai tabir surya.
  • Makan makanan yang sehat. Pilih makanan yang kaya buah-buahan dan sayuran. Pilih biji-bijian dan protein tanpa lemak.
  • Olahraga setiap hari dalam seminggu. Olahraga teratur terkait dengan rendahnya risiko kanker. Berusahalah untuk setidaknya olahraga 30 menit hampir setiap hari dalam seminggu. Jika Anda belum pernah berolahraga secara teratur, mulailah perlahan-lahan dan berusahalah dengan cara Anda hingga 30 menit atau lebih.
  • Menjaga berat badan yang sehat. Kelebihan berat badan atau obesitas dapat meningkatkan risiko kanker. Berusahalah untuk mencapai dan mempertahankan berat badan yang sehat melalui kombinasi diet sehat dan olahraga teratur.
  • Minum alkohol dalam jumlah sedang, jika Anda memilih untuk minum. Jika Anda memilih untuk minum alkohol, batasi diri Anda untuk satu gelas sehari jika Anda seorang wanita dari segala usia atau berusia lebih dari 65 tahun, atau dua gelas sehari jika Anda seorang laki-laki usia di atas 65 tahun atau lebih muda.
  • Jadwalkan tes skrining kanker. Bicarakan dengan dokter Anda tentang apa jenis tes skrining kanker yang terbaik untuk Anda berdasarkan faktor-faktor risiko Anda.

Tanyakan kepada dokter Anda tentang imunisasi. Virus tertentu meningkatkan risiko kanker. Imunisasi dapat membantu mencegah virus, termasuk hepatitis B, yang meningkatkan risiko kanker hati, dan human papillomavirus (HPV), yang meningkatkan risiko kanker serviks dan kanker lainnya. Tanyakan kepada dokter Anda apakah imunisasi terhadap virus ini sesuai untuk Anda.