Kapan dan Bagaimana Dilakukan Induksi Persalinan?

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Persalinan ialah hal yang ditunggu saat usia kehamilan mendekati kelahiran bayi. Persalinan membuat ibu stres dan khawatir karena terlalu banyak memikirkan sebelum, saat dan setelah persalinan. Sebelum persalinan akan merasakan perut mulas tidak tertahankan

Kapan dan Bagaimana Perlu Dilakukan Induksi Persalinan?

Induksi persalinan ialah prosedur untuk merangsang kontraksi rahim sebelum persalinan dimulai dengan sendirinya. Tanda-tanda persalinan tidak mulai, maka induksi persalinan dilakukan untuk merangsang bayi sehingga cepat lahir.

Induksi persalinan dapat dilakukan dengan pemberian obat atau metode. Induksi persalinan dilakukan jika kondisi leher rahim belum mulai melunak, menipis atau membuka.

Ibu hamil akan diberikan obat atau dilakukan metode mekanik untuk membuat leher rahim siap untuk kelahiran sebelum memulai induksi persalinan. Beberapa metode menyiapkan leher rahim untuk induksi persalinan ialah sebagai berikut:

  • Prostaglandin

Agar leher rahim menipis atau terbuka, dokter akan memasukkan obat prostaglandin ke dalam vagina. Obat bertindak seperti hormon prostaglandin untuk membantu mematangkan leher rahim sehingga proses persalinan bisa semakin lancar.

  • Kateter Foley

Saat merangsang persalinan maka dilakukan dengan alat, yaitu memasukkan kateter dengan balon khusus ke ujung leher rahim. Balon diisi air sehingga menekan leher rahim sehingga merangsang pelepasan hormon prostaglandin dalam tubuh. Hal ini menyebabkan leher rahim melunak dan terbuka.

  • Mengusap Selaput Leher Rahim

Jika leher rahim sudah agak membuka, tidak perlu menggunakan obat atau kateter untuk merangsang pematangan leher rahim. Dokter mungkin akan memasukkan jarinya ke dalam leher rahim secara manual memisahkan kantung ketuban dari rahim Anda sehingg membuat hormon prostaglandin dilepaskan oleh tubuh dan muncul kontraksi.

  • Pemecahan Kantung Ketuban (amniotomi)

Saat leher rahim terbuka beberapa sentimeter dan kepala bayi sudah pindah ke panggul maka harus menunggu lama sampai persalinan siap. Dokter akan memecahkan kantung ketuban dengan alat kecil sehingga membuat Anda merasakan kontraksi untuk melahirkan.

  • Menggunakan Oksitosin

Oksitosin untuk merangsang atau meningkatkan kontraksi. Dokter akan memberikan oksitosin melalui cairan infus dosis rendah.

Kapan Dilakukan Induksi persalinan?

Induksi persalinan hanya dilakukan saat kondisi bayi berisiko untuk tetap berada di dalam rahim. Persalinan tidak selalu dibutuhkan,. Beberapa faktor yang  membutuhkan induksi persalinan ialah sebagai berikut:

  1. Kesehatan ibu
  2. Kesehatan bayi
  3. Usia kehamilan dan ukuran bayi yang tidak normal
  4. Posisi bayi dalam Rahim tidak normal
  5. Kondisi leher Rahim

Demikian informasi mengenai kapan dan bagaimana dilakukan induksi persalinan. Semoga bermanfaat bagi para pembaca setia. Khususnya para wanita yang sedang menanti kelahiran sang buah hati. Pengetahuan ini mungkin sangat penting. (MLS)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here