Kapan Kehamilan Kembar Dapat Terdeteksi

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Kehamilan merupakan suatu anugrah dan harapan bagi setiap orang yang sudah menikah. Kehadiran seorang anak yang akan membuat hubungan rumah tangga setiap pasangan menjadi lebih bermakna dan bisa menghiasi kehidupan yang dijalani. Untuk itu tidak heran jika setiap pasangan yang akan memiliki seorang anak tentunya banyak hal yang harus dipersiapkan untuk menjaga serta merawatnya. Ada sebagian orang yang mengharapkan kehadiran seorang anak kembar, maka tak heran bagi setiap pasangan yang menginginkan kehadiran seorang anak kembar rela melakukan segala hal untuk mendapatkannya.

Kapan kehamilan kembar dapat terdeteksi?

Menurut pendapat yang di nyatakan oleh seorang dokter yang bernama dr Musa Soebiantoro, SpOG dari Rumah sakit Puri Cinere bahwa kehamilan kembar akan tampak lebih besar dari ukuran biasanya dari umur kehamilannya. Pada umumnya sejak trimester 2 yaitu umur kehamilan 13–28 minggu kehamilan kembar akan mulai kelihatan. Namun berdasarkan pemeriksaan USG kehamilah kembar dapat terdeteksi pada umur kehamilan 8 minggu. Pada kehamilan tunggal di perut akan nampak 2 bagian besar yaitu kepala dan pantat. Sedankan pada kehamilan kembar akan nampak 3 bagian besar atau lebih yaitu dengan satu bokong degan 2 kepala atau dua bokong dengan dua kepala. Sedangakan berdasarkan uSG mmaka gerakan akan terdeteksi 2 atau lebih jantung yang berdenyut.

Berdasarkan pendapat lain ada beberapa ahli yang menyatakan bahwa kehamilan kembar dapat terdeteksi dengan USG dimana alat tersebut akan memperlihatkan bahwa di dalam rahim ibu terdapat dua kantung kehamilan, dua janin dan dua denyut jantung yang dapat dilihat pada usia kehamilan 6 minggu sesudah hari pertama haid terakhir (HPHT). Bahkan ada beberapa pendapat lain lagi yang menyataka bahwa kehamilan kembar dapat terdeteksi dan diagnosa lebih cepat pada umur kehamilan sekitar 1–5 minggu setelah berhenti haid.

Human chorionic gonadotropin (HCG) merupakan hormon yang terdeteksi pada darah atau urine wanita hami sekitar 10 hari setelah proses konsepsi. Hornon HCG berfungsi untuk menjaga kehamilan sampai berkembangnya plasenta.  HCG dapat dijadikan salah satu cara untuk mendeteksi kehamilan kembar dimana pemusatan darah HCG akan mengalami kenaikan dalam 1 miggu kehamilan dan akan berlipat ganda setiap 2 atau 3 hari. peningkatan hormon HCG dapat mendeteksi adanya kehamilan kembar karena dengan adanya janin kembar maka jumlah kadar hormon tersebut akan semakin tinggi. Peningkatan sangat cepat hormon HCG terjadi pada usia kehamilan 10 minggu untuk mendeteksi adanya bayi kembar.

AFP suatu istilah singkatang dari Alphafetoprotein yang merupakan suatu protein yang dikeluarkan bayi pada waktu pertumbuhan dan terdapat di dalam darah ibu. Tes AFP yaitu suatu tindakan yang dilakukan dengan tujuan tes serum maternak untuk mengidentifikasi peningkatan resiko cacat lahir tertentu. Tes ini dilakukan pada trimester e yaitu diantara 16–18 minggu setelah masa menstruasi. Tes ini dapat menjadi salah satu upaya untuk mendeteksi kehamilan kembar. Apabila hasil tes tersebut positid maka menunjukan bahwa ibu tersebut sedang hamil bayi kembar. Biasanya dokter akan bertindak lanjut dengan melakukan USG untuk memastikannya. (KMY)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here