Kapan Mulai Mengajarkan Anak Menggosok Gigi?

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Anak perlu dibiasakan dengan pola hidup bersih, termasuk dalam hal menjaga kebersihan gigi dan mulut. Ini penting untuk membersihkan sisa-sisa makanan agar bakteri di dalam mulut tidak berpotensi menyebabkan kerusakan gigi anak yang sedang tumbuh dan berkembang. Maka dari itu, anak sebaiknya diajarkan menggosok gigi sejak dini. Tapi, pada usia berapa anak sebaiknya mulai menggosok gigi?

Tidak ada patokan pasti pada usia berapa anak diharuskan menggosok gigi. Namun, sebaiknya perawatan gigi dan mulut dilakukan sejak lahir. Di hari-hari pertama kehidupannya, anak sudah mengonsumsi ASI. Bakteri dan jamur pada rongga mulut pun mulai berkembang biak pada saat itu. Rongga mulut khususnya area gusi dan lidah dapat dibersihkan dengan menggunakan kasa steril dua sampai tiga kali sehari.

Gigi-gigi pertama anak dapat dibersihkan dengan kasa atau kain bersih, atau sikat gigi khusus. Jika gigi anak mulai tumbuh sempurna dan lengkap, orangtua bisa mulai membersihkan gigi anak dengan menggosoknya menggunakan sikat gigi berbulu lembut tanpa menggunakan pasta gigi. Pastikan anak menggunakan sikat gigi yang tepat sesuai usianya. Saat ini, beberapa produsen sikat gigi telah menyediakan sikat gigi anak yang dirancang sesuai usia dan tahapan perkembangan rongga mulut anak.

Saat anak berusia dua tahun, Anda bisa menambahkan pasta gigi ketika membersihkan gigi anak guna membantu melepaskan sisa-sisa makanan yang melekat di gigi. Gunakanlah pasta gigi khusus yang diformulasikan dengan kandungan yang sesuai dan aman untuk anak. Pilihlah pasta gigi khusus balita dengan kandungan fluoride untuk membantu mencegah gigi berlubang dan tanpa pemutih. Ketika anak mulai menggunakan pasta gigi, tempatkan pasta gigi sebesar biji jagung pada sikat giginya. Semakin bertambahnya usia anak, Anda bisa mulai menambahkan takaran pasta gigi secara bertahap sesuai dengan petunjuk penggunaan pada kemasan pasta gigi.

Biasakan anak untuk menggosok giginya minimal dua kali sehari, dan selalu beri pendampingan hingga ia bisa menggosok gigi secara mandiri. Menggosok gigi merupakan bagian dari proses belajar anak, sehingga harus dibiasakan sejak dini agar ia terbiasa dengan pola hidup bersih ketika dewasa kelak. Hal ini juga menjadi salah satu langkah pencegahan agar anak terhindar dari masalah gigi, seperti karies gigi dan infeksi. Tak lupa, jangan lewatkan pemeriksaan gigi rutin ke dokter gigi yang sebaiknya dimulai sejak anak berusia satu tahun. (RFZ)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here