Kapan Waktu yang Tepat Menggunakan Test Pack Kehamilan?

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Mengetahui kehamilan dengan menggunakan test pack kerap dilakukan banyak wanita. Hanya saja cara instan tersebut tidak selalu memberikan hasil yang akurat, karena berbagai faktor. Lantas kapan waktu yang tepat menggunakan tes pack untuk mengetahui kehamilan?

Bagaimana proses tes pack untuk mengetahui kehamilan?

Proses mengetahui kehamilan dengan menggunakan tes pack, ternyata harus melewati beberapa tahap. Prosesnya diawali dengan sel telur yang berhasil dibuahi sperma. Sel telur kemudian akan menempel di lapisan rahim. Proses tersebut diistilahkan dengan implantasi. Plasenta selanjutnya akan terbentuk serta menghasilkan hormon kehamilan, yakni hormon gonadotropin chorionic (HCG).

Hormon ini lantas memasuki aliran urine dan darah. Konsentrasi HCG biasanya akan meningkat cepat selama awal kehamilan, mencapai dua kali lipat. Kadar hormon inilah yang kemudian diukur menggunakan test pack untuk mengetahui kehamilan. Namun penggunaan test pack harus mengikuti beberapa cara khusus, agar hasilnya bisa maksimal.

Cara menggunakan test pack untuk mengetahui kehamilan

  1. Jangan melakukan test pack terlalu dini

Meskipun banyak sekali produk test pack yang mengklaim keakuratannya dalam mendeteksi kehamilan, namun alangkah baiknya untuk menunggu keterlambatan haid hingga satu minggu. Waktu tunggu tersebut harus dijalani karena jika tes kehamilan terlalu dini, masih sulit untuk mendeteksi keberadaan HCG.

Setidaknya diperlukan tempo kurang lebih 9 hingga 12 hari, setelah proses pembuahan sel telur berhasil sampai HCG dapat terdeteksi pada air seni. Namun apabila wanita sudah tidak sabar untuk mengetahui kehamilan, maka cobalah dokter kandungan untuk melakukan tes pada darah. Tes pada darah tentu lebih efektif dibandingkan dengan test pack.

  1. Gunakan test pack setelah muncul tanda-tanda kehamilan

Wanita akan lebih efektif jika menggunakan test pack setelah munculnya tanda-tanda kehamilan. Pasalnya selain menstruasi yang berhenti, beberapa tanda lain juga muncul ketika wanita akan mengalami kehamilan.

Tanda-tanda lain yang muncul seperti mengalami kram di perut, payudara nyeri, payudara tampak lebih besar, merasakan mual, merasakan kelelahan, nafsu makan menurun, hingga sering buang air kecil. Wanita apabila merasakan tanda-tanda seperti itu, maka mulailah untuk melakukan test pack.

  1. Gunakan test pack jika benar-benar merasa ragu

Tidak dipungkiri jika wanita yang masih aktif secara seksual di masa reproduksi, mempunyai kesempatan untuk hamil lebih besar. Kehamilan bahkan bisa terjadi meski melakukan hubungan seksual dengan perlindungan. Alhasil kapan saja merasa ragu apakah hamil atau tidak, maka boleh melakukan tes kehamilan dengan test pack.

Namun untuk memperoleh hasil yang akurat, dianjurkan untuk melakukan test pack saat sudah terlambat haid. Untuk lebih merasa yakin berkonsultasilah dengan dokter kandungan, karena terlambat datang bulan tidak berarti telah hamil. Keterlambatan datang bulan bisa juga diakibatkan oleh stres, pola makan yang buruk, atau kondisi medis kesehatan tertentu. (APY)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here