Karbohidrat Kompleks Untuk Diet Sehat

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Karbohidrat kompleks menjadi salah satu komponen makanan yang penting dalam diet penurunan berat badan. Tanpa harus melakukan diet ketat, Anda tetap bisa mendapatkan berat badan ideal. Hal ini dikarenakan karbohidrat kompleks kaya akan serat dan memiliki kandungan gula lebih sedikit dibandingkan karbohidrat sederhana. Karbohidrat kompleks kaya akan kandungan serat yang bermanfaat bagi pencernaan dan merupakan sumber energi bagi tubuh.

Jika Anda sedang menjalani program diet, mengonsumsi karbohidrat kompleks membuat Anda kenyang lebih lama. Selain itu, karbohidrat kompleks memiliki kandungan vitamin dan mineral yang cukup tinggi. Menurut studi, karbohidrat kompleks dapat memberikan stimulus serotonin pada tubuh, sehingga dapat mengontrol emosi dan juga nafsu makan.

Selain kaya serat dan nutrisi, karbohidrat kompleks memiliki kadar gula yang stabil karena mengandung molekul gula yang kompleks dan sulit untuk dicerna dengan cepat.  Hal ini membuat tubuh memiliki energi untuk waktu yang lebih lama karena kadar gula dalam darah tidak melonjak atau menurun secara drastis, serta membuat kadar kolestrol tetap terjaga.

Ada beberapa makanan yang bisa menjadi sumber karbohidrat komples bagi tubuh, diantaranya :

  • Oatmeal

Oatmeal termasuk salah satu sumber karbohidrat kompleks yang paling terkenal. Oatmeal memiliki kandungan indeks glikemik rendah. Oatmeal kaya akan kandungan serat makanan sehingga membuatnya menjadi sumber energi yang tahan lama. Oatmeal sangat baik bagi pencernaan serta dapat menjaga kadar kolesterol.

  • Kentang

Kentang merupakan sumber zat kimia alami yang dapat meningkatkan nafsu makan dan hormon kenyang (inhibitor proteinase). Kentang memiliki kandungan serat yang tinggi dan dapat memenuhi kebutuhan kalori harian. Kentang dipercaya dapat menurunkan berat badan tanpa membuat Anda merasa lapar sepanjang hari.

  • Buah-buahan

Buah-buahan mengandung banyak air, serat, vitamin dan tidak mengandung lemak sama sekali. Buah-buahan yang merupakan sumber karbohidrat kompleks meliputi aprikot, jeruk, prem, pir, anggur dan prun.

  • Sayuran

Sayuran mengandung banyak air, rendah lemak, , kaya vitamin serta mineral. Brokoli, kol, kangkung, lobak hijau, terong, kentang, ubi, kentang, wortel, bawang, segala jenis selada, seledri, ketimun, kubis, artichoke  dan asparagus adalah contoh sayuran yang mengandung karbohidrat kompleks.

  • Beras merah

Sebuah studi menunjukkan bahwa orang yang mengonsumsi beras merah memiliki kadar gula 24 persen lebih rendah dibandingkan dengan mereka yang makan nasi putih. Studi lain menemukan bahwa nasi hitam atau coklat lebih sehat dan membantu mengurangi kelebihan berat badan, lemak tubuh, dan massa tubuh dibandingkan dengan nasi putih.

  • Kacang-kacangan

Kacang-kacangan menawarkan sumber karbohidrat yang juga tinggi serat. Menurut penelitian, mengonsumsi kacang dengan teratur dapat menurunkan berat badan dan membuat  lingkar pinggang menjadi lebih kecil dibandingkan dengan mereka yang tidak mengonsumsinya. Selain itu, para peneliti juga menemukan bahwa wanita yang mengonsumsi kacang-kacangan, memiliki prosentase sebesar 23% lebih kecil kemungkinannya mengalami kelebihan berat badan. Kacang-kacangan yang mengandung karbohidrat kompleks contohnya adalah miju, kacang merah, kacang hitam, kacang kedelai.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here