KARSINOMA LOBULAR INVASIF

DEFINISI
Karsinoma lobular invasif adalah jenis kanker payudara yang dimulai di kelenjar susu yang memproduksi (lobules) dari payudara. Kanker invasif berarti sel-sel kanker telah menjahui dari lobulus dimana mereka mulai dan memiliki potensi untuk menyebar ke kelenjar getah bening dan area lain dari tubuh.
Karsinoma lobular invasif membuat sebagian kecil dari semua kanker payudara. Jenis yang paling umum kanker payudara dimulai di saluran payudara (invasif duktal karsinoma). Karsinoma lobular invasif biasanya tidak membentuk benjolan, yang umum dalam kanker payudara. Sebaliknya, ada perubahan di payudara yang terasa seperti penebalan atau kepenuhan di salah satu bagian dari payudara dan berbeda dari jaringan payudara sekitarnya.

GEJALA
Pada tahap awal, karsinoma lobular invasif tidak menyebabkan tanda-tanda dan gejala. Seperti tumbuh lebih besar, karsinoma lobular invasif dapat menyebabkan:

  • Wilayah penebalan di sebagian payudara
  • Bengkak di payudara
  • Perubahan tekstur atau penampilan kulit atas payudara, seperti dimpling atau penebalan
  • Puting baru terbalik

Karsinoma lobular invasif kurang cenderung daripada bentuk lain dari kanker
payudara yang menyebabkan benjolan payudara perusahaan atau berbeda.

Kapan Anda harus menemui dokter
Segeralah membuat janji dengan dokter Anda jika Anda memiliki tanda-tanda atau gejala yang Anda khawatirkan. Dokter Anda akan melakukan pemeriksaan dan menentukan apakah Anda memerlukan diagnostik mamografi atau USG payudara.

Tenyakan kepada dokter kapan untuk memulai tes skrining untuk kanker payudara untuk membantu mendeteksi kanker lebih awal dan sebelum Anda mungkin memiliki tanda-tanda atau gejala. Pemeriksaan tes rutin mungkin termasuk pemeriksaan fisik dan payudara X-ray (Mamogram).

Berbagai organisasi yang berbeda merekomendasikan skrining, tetapi banyak yang menyarankan perempuan dengan rata-rata risiko kanker payudara mempertimbangkan mammograms di awal tahun 40-an mereka. Jika Anda memiliki riwayat keluarga kanker payudara atau faktor lain yang meningkatkan risiko kanker payudara, dokter Anda dapat merekomendasikan pemeriksaan awal mammogram atau tes lain pada usia dini.

PENYEBAB
Hal yang menyebabkan karsinoma lobular invasive tidak diketahui secara jelas.
Bagaimana bentukkarsinoma lobular invasif
Dokter tahu bahwa karsinoma lobular invasif dimulai ketika sel-sel dalam satu atau lebih susu yang memproduksi kelenjar payudara mengalami mutasi dalam DNA mereka. Mutasi-mutasi menyebabkan ketidakmampuan untuk mengendalikan pertumbuhan sel, yang menyebabkan sel-sel membagi dan berkembang pesat. Tergantung pada agresivitas jenis kanker, sel-sel kanker dapat menyebar ke bagian lain dari tubuh.
Lobular karsinoma sel cenderung menyerang jaringan sekitar payudara secara bervariasi. Daerah yang terkena mungkin memiliki nuansa yang berbeda dari jaringan sekitarnya payudara, seperti penebalan dan kepenuhan, tetapi tidak terasa seperti benjolan.

FAKTOR RESIKO
Faktor-faktor yang dapat meningkatkan risiko karsinoma lobular invasif meliputi:

  • Wanita. Wanita lebih mungkin mengembangkan kanker payudara, tapi pria juga dapat mengembangkan kanker payudara.
  • Usia yang lebih tua. Risiko kanker payudara meningkat seiring usia Anda. Wanita dengan karsinoma lobular invasif cenderung beberapa tahun lebih tua daripada wanita didiagnosis dengan jenis lain dari kanker payudara.
  • Lobular carcinoma in situ (LCIS). Jika Anda telah didiagnosa dengan LCIS, sel-sel abnormal yang terbatas dalam lobules payudara, resiko terkena kanker invasif payudara akan meningkat. LCIS bukanlah kanker, tetapi merupakan indikasi peningkatan risiko kanker payudara jenis apapun.
  • Menggunakan hormon menopause. Menggunakan hormon-hormon wanita estrogen dan progesteron selama dan setelah menopause telah memperlihatkan hasil untuk meningkatkan risiko karsinoma lobular invasif. Para peneliti percaya hormon dapat merangsang pertumbuhan tumor dan juga membuat tumor lebih sulit untuk dilihat pada mammogram. Hal ini tidak jelas apakah rejimen hormon yang lebih baru, termasuk kombinasi dosis yang lebih rendah, juga dapat meningkatkan risiko karsinoma lobular invasif.
  • Mewarisi sindrom genetik kanker. Wanita dengan kondisi warisan langka yang disebut sindrom herediter kanker lambung menyebar memiliki peningkatan risiko kanker perut (lambung) dan karsinoma lobular invasif. Wanita dengan warisan gen tertentu mungkin memiliki peningkatan risiko payudara dan kanker ovarium.

PERSIAPAN SEBELUM KONSULTASI
Mulailah dengan melihat dokter keluarga Anda atau dokter umum jika Anda memiliki tanda-tanda atau gejala yang Anda khawatirkan. Dokter Anda dapat merekomendasikan diagnostik mamografi atau USG payudara untuk mengevaluasi kondisi bagian tersebut.
Jika dokter Anda menemukan kanker dari biopsi yang dilakukan, Anda dapat dirujuk ke dokter yang mengkhususkan diri dalam mengobati kanker (Onkologis).

Karena waktu konsultasi yang singat dan ada berbagai alasa yang membatasi. Alankag baiknya jika Anda mempersipakan diri dengna baik. Berikut adalah beberapa informasi untuk membantu mempersiapkan diri, dan mengetahui apa yang bisa Anda harapkan dari dokter.

Apa yang dapat Anda lakukan

  • Menyadari batasan sebelum konsultasi. Pada saat Anda membuat janji, pastikan untuk bertanya jika ada sesuatu yang perlu Anda lakukan sebelumnya, seperti membatasi diet Anda.
  • Tuliskan gejala yang Anda alami, termasuk apapun yang mungkin tampak tidak terkait dengan alasan yang Anda jadwalkan saat konsultasi
  • Tuliskan informasi mengenai kesehatan pribadi Anda.
  • Buatlah daftar semua obat-obatan, vitamin atau suplemen yang Anda pakai.
  • Ajaklah salah seorang anggota keluarga atau teman Anda saat konsultasi, karena mereka dapat membantu menyampaikan keluhan yang Anda lupakan serta mendengarkan informasi penting yang disampaikan oleh dokter.

Waktu Anda dengan dokter terbatas, jadi mempersiapkan daftar pertanyaan dapat membantu Anda berkonsultasi secar efektif. Urutkan pertanyaan dari yang paling penting.

Untuk karsinoma lobular invasif, beberapa pertanyaan dasar yang dapat Anda tanyakan adalah:

  • Apakah saya memiliki kanker payudara?
  • Bagaimana ukuran kanker payudara saya?
  • Bagaimana tahapan kanker payudara Saya?
  • Apakah saya perlu tes tambahan lainya?
  • Apakah tes akan menentukan perawatan terbaik untuk saya?
  • Apa sajakah pilihan perawatan untuk kanker yang saya miliki?
  • Apakah efek samping dari masing-masing pilihan pengobatan?
  • Bagaimana masing-masing pilihan pengobatan akan mempengaruhi kehidupan sehari-hari Saya? Apakah Saya masih bisa terus bekerja?
  • Adakah pengobatan yang paling cocok dengan kondisi Saya?
  • Bagaimana Anda mengeatui bahwa pengobatan ini akan menguntungkan Saya?
  • Apa yang akan Anda rekomendasikan untuk teman atau anggota keluarga Anda yang bearda dalam kondisi seperti Saya?
  • Seberapa cepatkah saya harus membuat keputusan tentang pengobatan kanker?
  • Apakah rencana asuransi tercakup dalam pengobatan yang Anda rekomendasikan?
  • Apakah Saya harus mendengarkan pendapat lainya? Apakah Asuransi yang saya miliki bisa menutupinya?
  • Adakah brosur atau behan cetak serta website yang dapat Saya pedomani?

Selain pertanyaan yang sudah Anda siapkan jangan ragu untuk menanyakan pertnyaan lain selama konsultasi

Apa yang bisa Anda harapkan dari dokter
Dokter cenderung menanyakan beberapa pertanyaan. Jika Anda siap, Anda bia membahas pertanyaan lain secara lebih mendalam. Dokter mungkin akan bertanya:

  • Kapan Anda pertama kali mulai mengalami gejala?
  • Apakah gejala Anda berlangsung secara terus-menerus atau hanya sesekali?
  • Seberapa parahkah gejala Anda?
  • Apa yang tampaknya mengurangi gejala Anda?
  • Apa yang tampaknya memperburuk gejala Anda?

TES DAN DIAGNOSIS
Mendiagnosis invasif karsinoma lobular
Tes dan prosedur yang digunakan untuk mendiagnosa karsinoma lobular invasive meliputi:

  • Mamogram. Mamogram menciptakan gambar X-ray payudara Anda. Karsinoma lobular invasif mungkin kurang terdeteksi pada mammogram daripada jenis lain kanker payudara. Namun, mammogram adalah tes diagnostik yang berguna.
  • USG. USG menggunakan gelombang suara untuk membuat gambar payudara Anda. Karsinoma lobular invasif mungkin lebih sulit untuk dideteksi dengan USG daripada jenis kanker payudara lain.
  • Magnetic resonance imaging (MRI). MRI menggunakan Medan magnet yang kuat untuk membuat gambar payudara Anda. MRI Payudara dapat membantu dalam mengevaluasi wilayah yang terkena ketika mammogram dan USG digunakan. Ini juga dapat membantu menentukan tingkat kanker dalam payudara Anda.
  • Menghapus sampel jaringan untuk pengujian. Jika terdeteksi kelainan, dokter Anda dapat merekomendasikan prosedur biopsi untuk menghapus sampel jaringan yang mencurigakan payudara untuk lpengujian aboratorium .

Biopsi payudara dapat dilakukan menggunakan jarum untuk menarik keluar cairan atau jaringan dari payudara, atau jaringan payudara dapat diangkat melalui pembedahan.

Menentukan batas-batas karsinoma lobular invasif
Setelah ditentukan bahwa Anda memiliki karsinoma lobular invasif, dokter Anda akan menentukan jika tes tambahan yang diperlukan untuk mengeahui tingkat atau tahap, kanker Anda. Kebanyakan perempuan tidak memerlukan tes tambahan selain pemeriksaan pencitraan payudara, uji fisik dan tes darah.
Tergantung pada situasi Anda, dokter dapat merekomendasikan tes untuk tahap kanker payudara, seperti magnetic resonance imaging (MRI), antara lain. Menggunakan informasi ini, dokter Anda menetapkan kanker Anda angka Romawi yang menunjukkan tahap. Kanker payudara tahap kisaran 0-IV, dengan 0 menunjukkan kanker yang sangat kecil dan non-invasif. Kanker Payudara Stadium IV, juga disebut kanker payudara metastasis, menunjukkan kanker yang telah menyebar ke area lain dari tubuh

PERAWATAN DAN PENGOBATAN
Pilihan pengobatan karsinoma lobular invasiv tergantung pada agresivitas kanker Anda, tahap, kesehatan Anda secara keseluruhan dan preferensi Anda. Pengobatan sering terdiri dari operasi dan terapi tambahan (ajuvan), yang mungkin mencakup terapi kemoterapi, radiasi dan hormon.

Operasi
Operasi invasif karsinoma lobular termasuk:

  • Menghilangkan kanker dan sebagian kecil dari jaringan sehat. Prosedur ini disebut lumpectomy (lebar lokal eksisi), memungkinkan Anda untuk menyimpan sebagian besar jaringan payudara Anda. Dokter bedah menghilangkan tumor itu sendiri, serta margin jaringan normal sekitar tumor untuk memastikan semua kanker yang dapat dilepas dibawa keluar. Margin negatif, atau bersih, mengurangi kesempatan untuk meninggalkan setiap kanker payudara. Jika margin positif, Anda mungkin perlu tambahan operasi sampai margin negatif. Dalam beberapa kasus, ini mungkin berarti menghapus seluruh payudara.
  • Menghapus semua jaringan payudara. Mastektomi adalah operasi untuk menghapus semua jaringan payudara Anda. Mastektomi dapat sederhana, berarti dokter bedah menghapus semua jaringan payudara, lobules, saluran, Jaringan lemak dan kulit, termasuk Puting dan areola. Pilihan lain adalah mastektomi radikal diubah, yang melibatkan menghapus semua jaringan payudara, serta Puting dan areola dan kelenjar getah bening di dekat ketiak.
  • Biopsi Getah bening noda Sentinel. Untuk menentukan apakah kanker telah menyebar ke kelenjar getah bening di dekat payudara Anda, dokter bedah mengidentifikasi kelenjar getah bening pertama yang menerima drainase getah bening dari kanker Anda. Kelenjar getah bening ini dihapus dan diuji untuk sel-sel kanker payudara (biopsi node sentinel). Jika kanker tidak ditemukan, kesempatan untuk menemukan kanker di salah satu node yang tersisa kecil dan ada node lain perlu disingkirkan.
  • Pembedahan Aksila nodus limfa. Jika kanker ditemukan di sentinel node, maka dokter bedah Anda dapat menghapus tambahan kelenjar getah bening di ketiak Anda (aksila nodus limfa pembedahan).

Mengetahui jika kanker telah menyebar ke kelenjar getah bening membantu menentukan cara pengobatan terbaik, termasuk Apakah Anda akan memerlukan kemoterapi atau terapi radiasi.

Kemoterapi
Kemoterapi menggunakan obat untuk menghancurkan sel-sel kanker. Pengobatan sering melibatkan menerima dua atau lebih obat dalam kombinasi yang berbeda. Kemoterapi dapat diberikan melalui vena, dalam bentuk pil atau kedua-duanya. Untuk lobular karsinoma invasif, kemoterapi ini umumnya digunakan setelah operasi untuk membunuh sel-sel yang mungkin tertinggal.

Kemoterapi juga dapat digunakan sebelum operasi untuk mengecilkan tumor yang besar. Wanita dengan tumor payudara besar, kemoterapi sebelum operasi dapat membuat mungkin untuk memilih lumpectomy atas mastektomi.

Terapi radiasi
Terapi radiasi menggunakan balok energy bertenaga tinggi, seperti X-Ray, untuk membunuh sel kanker. Selama terapi radiasi, Anda berbaring di atas meja sementara mesin besar bergerak di sekitar Anda mengarahkan energi balok pada titik-titik yang tepat di payudara Anda. Terapi radiasi mungkin direkomendasikan setelah operasi. Itu mungkin juga akan direkomendasikan setelah mastektomi jika kanker Anda besar atau kelenjar getah bening juga terlibat dalam kanker.

Terapi hormon
Terapi hormon dapat menjadi pilihan jika sel-sel kanker Anda peka terhadap hormon. Kebanyakan karsinoma lobular invasif adalah reseptor hormon positif, berarti mereka peka terhadap hormon. Contoh dari sel-sel tumor Anda diuji untuk menentukan apakah kanker Anda reseptor hormon positif. Jika benar, terapi hormon dapat memblokir tubuh Anda dari memproduksi hormon atau memblok kemampuan sel-sel kanker untuk menggunakan hormon.

Satu kelas obat-obatan terapi hormon yang disebut selective estrogen receptor Modulator (SERM), yang mencakup tamoxifen, dapat digunakan pada wanita yang premenopause dan pada mereka yang telah mengalami menopause. Tamoxifen bekerja dengan memblokir estrogen untuk merangsang jaringan payudara.
Kelas lain hormon terapi obat disebut inhibitor aromatase ini berguna hanya pada wanita yang mengalami menopause. Kelas ini termasuk obat-obatan anastrozole (Arimidex), letrozole (Femara) dan exemestane (Aromasin). Inhibitor aromatase bekerja dengan secara substansial mengurangi jumlah estrogen yang dibuat dalam jaringan tubuh dan payudara Anda.

PENGOBATAN ALTERNATIF
Tidak Ada perawatan pengobatan alternatif yang dapat menyembuhkan kanker payudara. Sebaliknya, perawatan komplementer dan alternatif paling bermanfaat untuk mengatasi efek samping dari kanker dan pengobatan kanker, seperti hot flashes.

Pengobatan alternatif untuk hot flashes
Hot flashes , serangan tiba-tiba, yang terasa panas yang membuat Anda berkeringat dan tidak nyaman dapat menjadi gejala dari menopause alami atau efek samping dari terapi hormon untuk kanker payudara. Wanita dengan kanker payudara yang menggunakan hormon untuk bahan bakar dapat menerima terapi hormon untuk memblokir interaksi antara hormon dan sel-sel kanker. Paling invasif karsinoma lobular adalah reseptor hormon positif.

Bicarakan dengan dokter Anda jika Anda mengalami hot flashes. Jika hot flashes ringan, mereka cenderung mereda seiring waktu. Dalam kebanyakan wanita, hot flashes akhirnya hilang. Namun, beberapa wanita mengalami kondisi parah dan mengganggu. Banyak perawatan konvensional tersedia untuk hot flashes, termasuk obat-obatan.

Kadang-kadang perawatan untuk hot flashes tidak bekerja dengan baik seperti yang Anda inginkan. Dalam situasi tersebut, mungkin akan membantu jika Anda menambahkan perawatan komplementer dan alternatif untuk membuat Anda merasa lebih baik.

Pilihan termasuk:

  • Meditasi. Meditasi adalah keadaan dalam konsentrasi. Meditasi ini sering digunakan untuk mempromosikan relaksasi dan pengurangan stres. Anda bisa bermeditasi dengan instruktur atau Anda dapat melakukannya sendiri.
  • Latihan relaksasi. Latihan relaksasi adalah kegiatan yang membantu Anda menghilangkan stres. Contoh mungkin mencakup berjalan mondar-mandir, dalam bernapas atau tutup mata dan membayangkan tempat favorit. Anda dapat mempelajari latihan relaksasi dari terapis atau Anda dapat melakukannya sendiri.
  • Yoga. Selama sesi yoga, Anda bergerak melalui serangkaian posisi tubuh dan bernafas. Yoga dapat membantu Anda merasa santai. Ada beberapa kelas yoga yang tersedia untuk berbagai kondisi.
    Sementara tidak ada pengobatan alternatif terbukti untuk membantu mengendalikan hot flashes, beberapa bukti awal menunjukkan beberapa penderita kanker payudara merasakan manfaatnya.Jika Anda tertarik untuk mencoba pengobatan alternatif untuk hot flashes, bicarakan dengan dokter tentang pilihan Anda.

CARA MENGATASI DAN DUKUNGAN
Diagnosis kanker payudara mungkin salah satu situasi yang paling sulit yang pernah Anda hadapi. Itu dapat memicu sebuah goncangan emosi serta ketakutan, kecemasan atau depresi. Tidak ada cara untuk mengatasinya, namun seiring waktu Anda akan menemukan cara mengatasi perasaan Anda. Sampai saat itu, Anda mungkin menemukan kenyamanan jika Anda:

  • Belajar cukup banyak tentang kanker Anda untuk membuat keputusan pengobatan. Mintalah kepada dokter mengeani rincian kanker Anda, termasuk jenis, tahap dan pilihan pengobatan. Semakin banyak Anda tahu, semakin nyaman ketika membuat keputusan pengobatan. Mintalah dokter Anda untuk merekomendasikan sumber informasi yang baik agar anda dapa mempelajari informasi lebih lanjut. Tempat yang baik untuk memulai meliputi National Cancer Institute dan American Cancer Society.
  • Mencari dukungan dari keluarga dan teman. Teman-teman dekat dan keluarga Anda menyediakan sistem dukungan yang dapat membantu Anda mengatasi selama pengobatan. Mereka dapat membantu Anda dengan tugas-tugas kecil di sekitar rumah Anda mungkin tidak memiliki energi untuk selama pengobatan. Dan mereka bisa berada di sana untuk mendengarkan perasaan Anda.
  • Berhubungan dengan penderita kanker lainnya. Penderita kanker lain dapat menawarkan dukungan yang unik dan wawasan karena mereka memahami apa yang Anda alami. Berbungan dengan penderita kanker lain melalui kelompok-kelompok pendukung di komunitas Anda. Tanyakan kepada dokter Anda tentang kelompok-kelompok pendukung atau hubungi American Cancer Society lokal. Kelompok-kelompok dukungan online juga tersedia di situs-situs seperti Breastcancer.org.
  • Mengurus diri sendiri. Selama pengobatan Anda, berikan diri Anda waktu untuk beristirahat. Merawat tubuh Anda dengan mendapatkan cukup tidur sehingga Anda bangun dengan perasaan nyaman, memilih diet yang penuh dengan buah dan sayuran, tetaplah aktif secara fisik seperti yang Anda bisa, dan luangkan waktu untuk bersantai. Mencoba untuk mempertahankan setidaknya beberapa dari rutinitas harian Anda, termasuk kegiatan sosial.

PENCEGAHAN
Untuk mengurangi risiko kanker payudara, pertimbangkan untuk:

  • Mendiskusikan manfaat dan risiko terapi hormon dengan dokter Anda. Kombinasi terapi hormon dapat meningkatkan risiko kanker payudara. bicarakan dengan dokter Anda tentang manfaat dan resiko dari terapi hormon. Beberapa wanita mengalami tanda-tanda dan gejala yang mengganggu selama menopause, dan perempuan ini, mempunyai peningkatan risiko kanker payudara mungkin dapat diterima untuk meringankan gejala dan tanda-tanda menopause. Untuk mengurangi risiko kanker payudara, gunakan dosis terendah terapi hormon mungkin untuk jumlah waktu yang singkat.
  • Moderasi minum alkohol. Membatasi jumlah yang Anda minum.
  • Latihan bebehari dala seminggu. Bertujuan untuk setidaknya 30 menit latihan pada hari Minggu. Jika Anda belum aktif akhir-akhir ini, tanyakan kepada dokter apakah latihan tersebut sesuai untuk Anda dan mulialah secara perlahan. Mempertahankan berat badan yang sehat. Jika berat badan Anda saat ini sehat, usahakan untuk mempertahankanya. Jika Anda perlu menurunkan berat badan, tanyakan kepada dokter Anda tentang strategi yang sehat untuk mencapai hal ini. Mengurangi jumlah kalori yang Anda makan setiap hari dan perlahan-lahan meningkatkan jumlah latihan. Usahakan untuk menurunkan berat badan secara perlahan-lahan sekitar 1 atau 2 pound seminggu.

Jika Anda memiliki riwayat keluarga kanker payudara atau merasa Anda mungkin memiliki peningkatan risiko kanker payudara, Diskusikan hal ini dengan penyedia layanan kesehatan Anda. Obat pencegahan, operasi dan semakin sering skrining mungkin menjadi pilihan untuk wanita dengan risiko tinggi kanker payudara