KARSINOMA SEL MERKEL

DEFINISI
Karsinoma sel Merkel adalah tipe yang jarang dari kanker kulit yang biasanya muncul sePERTI nodul daging berwarna atau kebiru-merahab, seringkali pada wajah, kepala dan leher. Karsinoma sel Merkel juga disebut neuroendokrin karsinoma kulit. Karsinoma sel Merkel paling sering berkembang pada orang tua. Jangka panjang paparan sinar matahari atau sistem kekebalan tubuh yang lemah dapat meningkatkan risiko mengalami Merkel cell carcinoma.
Karsinoma sel Merkel cenderung tumbuh cepat dan menyebar dengan cepat ke bagian lain dari tubuh Anda. Pilihan pengobatan untuk karsinoma sel Merkel sering tergantung pada apakah kanker telah menyebar di luar kulit.

GEJALA
Tanda pertama karsinoma sel Merkel ini biasanya tumbuh cepat, nodul (tumor) menyakitkan tumbuh pada kulit Anda. Nodul mungkin muncul dalam warna merah, biru atau ungu. Kebanyakan Merkel sel karsinoma muncul di wajah, kepala atau leher, tetapi mereka dapat berkembang di mana saja pada tubuh Anda, bahkan di tempat-tempat yang tidak terkena sinar matahari.

Kapan Anda harus menemui dokter
Jika Anda melihat tahi lalat, bintik atau benjolan yang berubah dalam ukuran, bentuk atau warna yang berkembang pesat atau perdarahan dengan mudah setelah trauma kecil, seperti mencuci kulit atau bercukur, segeralah membuat janji konsultasi dengan dokter Anda.

PENYEBAB
Hal yang menyebabkan karsinoma sel Merkel tidak diketahui secara jelas. Karsinoma sel Merkel dimulai dalam sel Merkel. Sel Merkel yang ditemukan di dasar lapisan terluar kulit Anda (epidermis). Sel-sel Merkel terhubung ke ujung saraf di kulit yang bertanggung jawab untuk merasakan sentuhan.

FAKTOR RESIKO
Faktor-faktor yang dapat meningkatkan risiko karsinoma sel Merkel meliputi:

  • Paparan berlebihan terhadap sinar matahari alami atau buatan. Terkena sinar ultraviolet, seperti cahaya yang datang dari matahari atau dari penyamakan tempat tidur, meningkatkan risiko karsinoma sel Merkel. Mayoritas karsinoma sel Merkel muncul pada permukaan kulit yang sering terkena matahari.
  • Sistem kekebalan yang lemah. Orang-orang dengan sistem kekebalan yang lemah, termasuk orang-orang dengan infeksi HIV atau orang-orang yang mengambil obat-obatan yang menekan tanggapan terhadap kekebalan tubuh lebih mungkin untuk mengembangkan karsinoma sel Merkel.
  • Sejarah kanker kulit lainnya. Karsinoma sel Merkel ini dikaitkan dengan perkembangan kanker kulit lainnya, seperti sel basal atau karsinoma sel skuamosa.
  • Usia yang lebih tua. Risiko karsinoma sel Merkel meningkat seiring usia. Kanker ini paling umum pada orang tua dari usia 50, meskipun hal ini dapat terjadi pada usia berapa pun.
  • Warna kulit terang. Karsinoma sel Merkel biasanya muncul pada orang yang memiliki kulit berwarna terang. Kulit Putih jauh lebih cenderung terkena kanker kulit ini daripada orang kulit hitam.

KOMPLKASI
Kanker yang menyebar ke bagian lain dari tubuh
Bahkan dengan pengobatan, Karsinoma sel Merkel sering menyebar (metastasizes) di luar kulit. Karsinoma sel Merkel cenderung untuk berpindah ke kelenjar getah bening terdekat. Kemudian dapat menyebar ke otak, tulang, hati atau paru-paru, dimana dapat mengganggu fungsi organ-organ ini. Kanker yang telah menyebar lebih sulit untuk diobati dan dapat berakibat fatal.

PERSIAPAN SEBELUM KONSULTASI
Jika Anda memiliki tahi lalat, bintik atau benjolan pada kulit yang membuat Anda khawatir, mulailah membuat janji konsultasi dengan dokter keluarga Anda atau dokter umum. Jika dokter mencurigai Anda mungkin memiliki kanker kulit, Anda kemungkinan akan dirujuk ke dokter spesialis kulit (dermatolog).
Karena waktu yang singkat, dan ada berbagai alasan yang membatasi, alangkah baiknya jika Anda mempersipakan diri dengan baik. Berikut adalah beberapa informasi untuk membantu Anda mempersiapakan diri dan mengetahui apa yang bisa Anda harapkan dari dokter.

Apa yang dapat Anda lakukan

  • Tuliskan gejala yang Anda alami, termasuk apapun yang mungkin tampak tidak terkait dengan alasan konsultasi.
  • Tuliskan informasi penting mengenai kesehatan pribadi Anda, termasuk besar tekanan atau perubahan dalam hidup Anda.
  • Buatlah daftar semua obat-obatan, vitamin atau suplemen yang Anda pakai.
  • Ajaklah salah seorang anggota keluarga atau teman Anda saat konsultasi karena mereka dapat membantu menyampaikan keluhan yang Anda lupakan dan mendengarkan informasi penting yang disampaikan oleh dokter.
  • Tuliskan pertanyaan yang akan Anda tanyakan kepada dokter.

Waktu Anda dengan dokter terbatas, jadi mempersiapkan daftar pertanyaan dapat membantu Anda berkonsultasi secara efektif. Urutkan pertanyaan dari yang paling penting. Daftar Untuk karsinoma sel markel, beberapa pertanyaan dasar yang dapat Anda tanyakan adalah:

  • Apa penyebab utama gejala ini?
  • Adakah penyebab lainya?
  • Apa jenis tes diagnostik yang saya butuhkan? Bagaimana tes ini dilakukan?
  • Apakah pilihan perawatan yang tersedia bagi saya?
  • Bagaimana Anda memeriksa jika saya menanggapi pengobatan?
  • Apakah mungkin kondisi saya berulang? Apa pilihan perawata yang tersedia untuk Saya
  • Pengujian lanjutan apa yang saya perlukan untuk memantau jika kanker berulang?
  • Saya mempunyai masalah kesehatan lainya, bagaimana cara saya menanganinya secara bersamaan??
  • Apakah ada batasan yang perlu Saya ikuti?
  • Apakah Saya harus menemui spesialis? Bagaimana biayanya, apakah asuransi yang Saya miliki bisa menutupinya?
  • Apakah ada setiap brosur atau bahan cetak serta website yang dapat Saya pedomani?

Selain pertanyaan-pertanyaan yang sudah Anda siapkan, jangan ragu untuk menanyakan pertanyaan lain selama konsultasi.

Apa yang bisa Anda harapkan dari dokter
Dokter cenderung menanyakan beberapa pertanyaan. Jika Anda siap, Anda bisa membahas pertanyaan lain secara lebih mendalam. Dokter mungkin akan bertanya:

  • Ketika Anda pertama kali melihat gejala Anda?
  • Apakah gejala Anda berubah dari waktu ke waktu?
  • Apa yang tampaknya mengurangi gejala Anda?
  • Apakah Anda menghabiskan banyak waktu di bawah sinar matahari, atau apakah Anda menggunakan penyamakan tempat tidur?
  • Apakah Anda memiliki sejarah kondisi kulit lainnya, seperti kanker kulit atau psoriasis? Perawatan apa yang Anda terima untuk kondisi tersebut?
  • Pernahkah Anda didiagnosa dengan gangguan sistem kekebalan tubuh? Jika demikian, perawatan apa yang Anda terima?
  • Apakah pernah didiagnosis atau dirawat untuk kondisi kesehatan lainnya?

TES DAN DIAGNOSIS
Tes dan prosedur yang digunakan untuk mendiagnosa karsinoma sel Merkel meliputi:

  • Pemeriksaan fisik. Dokter Anda akan memeriksa kulit Anda untuk tahi lalat yang tidak biasa, bintik-bintik, bintik-bintik berpigmen dan pertumbuhan lainnya.
  • Menghapus sampel yang mencurigakan pada kulit. Selama prosedur yang disebut biopsi kulit, dokter menghilangkan tumor atau sampel tumor dari kulit Anda. Sampel dianalisis di laboratorium untuk mencari tanda-tanda kanker.

Menentukan batas-batas
Dokter Anda dapat menggunakan pengujian berikut untuk membantu menentukan apakah kanker telah menyebar di luar kulit Anda:

  • Biopsi node Sentinel. Biopsi node sentinel adalah prosedur untuk menentukan apakah kanker telah menyebar ke kelenjar getah bening Anda. Prosedur ini melibatkan menyuntikkan pewarna di kanker. Pewarna kemudian mengalir melalui sistem limfatik untuk kelenjar getah bening Anda. Kelenjar getah bening pertama yang menerima pewarna disebut sentinel node. Dokter menghilangkan nodus limfa ini dan melihat sel-sel kanker di bawah mikroskop.
  • Tes pencitraan. Dokter Anda dapat merekomendasikan X-ray dada dan CT scan dada dan perut untuk membantu menentukan apakah kanker telah menyebar ke organ lain. Dokter Anda mungkin juga mempertimbangkan tes lain seperti scan tomografi emisi positron (PET) atau octreotide scan, tes yang menggunakan suntikan radioaktif pelacak untuk memeriksa penyebaran sel-sel kanker.

PERAWATAN DAN PENGOBATAN
Perawatan untuk karsinoma sel Merkel dapat mencakup:

  • Bedah. Selama operasi, dokter menghilangkan tumor dengan perbatasan kulit normal sekitar tumor. Jika ada bukti bahwa kanker telah menyebar ke kelenjar getah bening di daerah tumor kulit, kelenjar getah bening akan dihapus (nodus limfa pembedahan). Ahli bedah paling sering menggunakan pisau bedah untuk memotong kanker. Dalam beberapa kasus, dokter Anda dapat menggunakan prosedur yang disebut bedah Mohs. Selama bedah Mohs, lapisan tipis dari jaringan metodis dihapus dan dianalisis di bawah mikroskop untuk melihat apakah mereka mengandung sel-sel kanker. Jika kanker ditemukan, proses bedah diulang sampai sel-sel kanker tidak lagi terlihat dalam jaringan. Jenis operasi mengeluarkan jaringan yang kurang normal, sehingga mengurangi jaringan parut, tetapi memastikan perbatasan bebas tumor kulit.
  • Terapi radiasi. Terapi radiasi melibatkan mengarahkan sinar berenergi tinggi, seperti X-Ray, di sel-sel kanker. Selama pengobatan radiasi, Anda diposisikan di atas meja dan mesin besar bergerak di sekitar Anda, mengarahkan balok pada titik-titik yang tepat pada tubuh Anda. Terapi radiasi kadang digunakan setelah operasi untuk menghancurkan setiap sel kanker yang tersisa setelah tumor ini dihapus. Radiasi juga dapat digunakan sebagai pengobatan tunggal dalam orang-orang yang memilih untuk tidak menjalani operasi. Radiasi dapat juga digunakan untuk mengobati wilayah dimana kanker telah menyebar.
  • Kemoterapi. Kemoterapi menggunakan obat untuk membunuh sel kanker. Obat kemoterapi dapat diberikan melalui vena di lengan Anda atau diambil sebagai pil atau keduanya. Dokter Anda dapat merekomendasikan kemoterapi jika Anda karsinoma sel Merkel telah menyebar ke kelenjar getah bening Anda atau organ lain dalam tubuh Anda, atau jika berulang meskipun setelah pengobatan.

PENCEGAHAN
Sementara paparan sinar matahari tidak terbukti menyebabkan karsinoma sel Merkel, itu dianggap faktor risiko untuk kanker ini. Mengurangi paparan sinar matahari Anda dapat mengurangi risiko kanker kulit. cobalah untuk:

  • Menghindari sinar matahari selama jam kerja. Hindari pemaparan sinar matahari sebanyak mungkin selama jam-jam sinar matahari paling terik, biasanya pukul 10, 16: 00 lakukan kegiatan di luar ruangan untuk waktu yang lebih awal di pagi hari atau kemudian di hari.
  • Gunakan perisai kulit dan mata. Memakai topi bertepi lebar, pakaian rapat dan kacamata hitam dengan perlindungan sinar ultraviolet (UV).
  • Mengoleskan tabir surya. Menggunakan spectrum tabir surya dengan SPF minimal 15. Mengoleskan tabir surya, mengulanginya kembali setelah 1 atau 2 ja, atau bahkan lebih sering jika Anda berenag dan berkeringat.
  • Perhatiakan perubahan pada kulit Anda. Jika Anda melihat tahi lalat, bintik atau benjolan yang berubah dalam ukuran, bentuk atau warna, bicarakan dengan dokter Anda. Kebanyakan nodul kulit pernah menjadi kanker, tetapi penangkapan kanker dalam tahap awal meningkatkan kemungkinan pengobatan akan berhasil.