Keadaan Fisik yang Disarankan untuk Tidak Melakukan Puasa

www.sehatfresh.com

Sehatfresh.com – Puasa merupakan suatu kewajiban yang harus dilakukan oleh setiap umat yang beragama islam. Karena ibadah puasa termasuk kedalam rukun islam yang ketiga. Puasa merupakan suatu kondisi dimana seseorang harus menjaga hawa nafsunya di mulai terbitnya fajar hingga menjelangnya matahari, termasuk menahan makan, minum, marah dan hawa nafsu lainnya.

Bagi seseorang yang sakit tentunya mereka harus mengkonsumsi obat demi kesembuhan penyakitnya atau keadaan tertentu yang memang disarankan untuk tidak melakukan puasa. Berikut ini beberapa kondisi kesehatan yang disarankan untuk tidak berpuasa diantaranya sebagai berikut :

  1. Penyakit paru-paru

Penyakit paru-paru seperti contohnya TBC atau tuberculosis merupakan suatu penyakit yang sistem pengobatannya harus secara konsisten dan tidak boleh terhenti, karena apabila terhenti maka sistem pengobatanny harus dilakukan dari tahap awal. Hal ini menunjukan bahwa penyakit paru-paru seperti TBC disarankan untuk tidak melakukan ibadah puasa.

  1. Kanker

Bagi penderita kanker disarankan untuk tidak melakukan puasa hal ini dikarenakan pasien harus mengkonsumsi obat demi kesembuhan penyakitnya. Terutama bagi penderita kanker dengan sindroma lisis tumor dan penggunaan obat nefrotoksik atau obat lainnya yang menimbulkan efek mual, diare atau gagal ginjal.

  1. Pasien cuci darah

Menurut hasil penelitian menyatakan bahwa seseorang yang memiliki penyakit gagal ginjal sebelumnya memiliki riwayat penyakit jantung yang sering mengalami MACE saat menjalankan ibadah puasa. Selain itu penelitian lain yang dilakukan di Clinical Kidney Journal tahun 2014 menjelaskan bahwa seseorang yang mengidap penyakit ginjal kronik dan harus mengalami pengobatan cuci darah disarankan untuk tidak berpuasa. Hal ini dikarenakan apabila pasien memaksakan diri untuk berpuasa dapat beresiko tinggi akan mengalami dehidrasi serta hipperviskositas yang menyebabkan fungsi ginjal.

  1. Mengalami sakit kepala yang hebat

Seseorang yang mengalami sakit kepala yang berat seperti vertiga disarankan untuk tidak menjalankan ibadah puasa dikarenakan pasien akan mengalami dehidrasi, kelaparan, kurang tidur, dan merasa letih akan mengakibatkan kondisi sakit kepala yang bertambah parah.

  1. Pasien rawat inap

Bagi seseorang yang sedang menjalankan pengobatan dirumah sakit secara rawat inap disarankan untuk tidak melakukan ibadah puasa. Karena pasien-pasien tersebut membutuhkan banyak asupan nutrisi dan pemberian obat melalui injeksi atau infusan demi kesembuhan penyakitnya.

  1. Memiliki masalah pencernaan

Memiliki gangguan pada sistem pencernaan dan lambung disarankan untuk tidak melakukan ibadah puasa apabila gangguan tersebut dalam kondisi yang parah.

  1. Penyakit jantung

Seseorang yang mengidap penyakit jantung lebih baik untuk tidak berpuasa karena pasien tersebut membutuhkan pengobatan yang intens.

  1. Orang yang sedang hamil dan dalam masa nifas

Demi kesehatan dirinya dan kondisi janin yang sedang dikandungnya maka wanita hamil dan ibu nifas apabila mengalami beberapa keluhan kesehatan disarankan untuk tidak melakukan ibadah puasa. (KMY)


Warning: A non-numeric value encountered in /home3/sehatfre/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 1008

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here