Kebiasaan Buruk Penyebab Penyakit Artritis

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Artritis adalah penyakit autoimun sistemik yang merupakan salah satu kelainan multi sistem serta sampai sekarang belum jelas statusnya yang pasti (Symmons, 2006). Namun, bisa dilihat peradangan sistemik secara umum ditandai dengan keterlibatan sendi yang sama. Penyakit Artritis ini juga menyebabkan inflamasi sendi yang berlangsung kronik dan mengenai lebih dari 5 sendi. Juga tergolong suatu penyakit yang telah lama dikenal dan tersebar diseluruh dunia dan melibatkan semua kelompok etnik dan ras.

Artritis sering dijumpai pada wanita, kecenderungan wanita untuk menderita artritis dan sering dijumpai remisi pada wanita yang sedang hamil, hal ini menimbulkan dugaan terdapatnya faktor keseimbangan hormonal sebagai salah satu faktor yang berpengaruh pada penyakit ini. Tapi bukan berarti pria tidak bisa terserang penyakit ini. Pria bisa dengan cepat terkena penyakit tersebut ketika tidak bisa merawat dirinya dengan baik.

Kekebalan tubuh yang ideal seharusnya membuat antibodi yang berfungsi untuk menyerang bakteri dan virus jahat. Kekebalan tubuh pada penderita arthritis justru mentransfer antibodi ke lapisan persendian untuk menyerang jaringan sendi. Pada jaringan sendi, arthritis menyebabkan kerusakan di sekitar tendon, tulang, dan ligamen.

Meskipun pemicu terjadinya penyakit demikian masih belum diketahui sampai sekarang, namun ada beberapa kebiasaan buruk yang bisa menyebabkan manusia terkena arthritis yaitu sebagai berikut:

  1. Pecandu Rokok

Merokok dapat memicu berbagai macam penyakit dan kebiasaan buruk ini bisa meningkatkan risiko terkena arthritis.

  1. Membiarkan Berat Badan Bertambah

Membiarkan berat badan seseorang lebih memiliki risiko tinggi terserang arthritis, apalagi wanita berusia dibawah usia lima puluh lima tahun.

Disamping beberapa kebiasaan buruk di atas ada juga beberapa faktor resiko yang membuat manusia mudah terkena penyakit arthritis seperti:

  • Usia. Secara umum penderita arthritis berusia empat puluh tahun ke atas dan bisa menjangkiti siapapun.
  • Jenis kelamin. Pria lebih jarang terkena penyakit ini dibandingkan wanita.
  • Genetika. Faktor genetika juga salah satu faktor resiko jika ada keluarga yang pernah mengidap penyakit ini.  Dengan demikian kemungkinan besar terkena penyakit yang sama.

Awal penyakit Artritis biasanya ditandai dengan gejala umum seperti, nyeri pada sendi dan disertai dengan bengkak. Penderita merasa kaku dan nyeri sendi pada pagi hari selama satu jam. Kaku dan nyeri biasanya berlangsung setiap hari dan sering pula disertai kemerahan pada sendi yang nyeri tersebut. Biasanya penderita menyadari hal ini pertama kalinya pada jari-jari tangannya, berupa pembengkakan sendi, dan pembengkakan ini baru terlihat beberapa bulan setelah timbul rasa nyeri dan kaku.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here