Kebiasaan Buruk Pria yang dapat Mengancam Kesehatan Jantung

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Jantung merupakan organ yang sangat penting bagi manusia, bisa disebut juga dengan organ vital. Mengapa demikian? Jantung merupakan organ yang berfungsi untuk memompa darah yang menyalurkan nutrisi ke dalam setiap sel-sel tubuh. Namun ada kalanya, jantung manusia mengalami masalah atau hambatan dalam menjalankan tugasnya. Hal ini dikarenakan status kesehatan yang kurang baik.

Kondisi badan pria memiliki stamina yang lebih baik jika dibandingkan dengan perempuan. Hal inilah yang menyebabkan kebanyakan pria mengesampingkan faktor-faktor yang bisa membuat kondisi kesehatan menjadi menurun. Khususnya adalah kebiasaan-kebiasaan buruk yang dapat merusak jantung. Kesehatan jantung tidak melulu dicapai hanya dengan kebiasaan berolahraga. Olahraga memang baik, namun perhatikanlah kebiasaan-kebiasaan buruk lain yang masih dilakukan sebelum jantung Anda terancam fungsinya.

Kebiasaan-kebiasaan pria yang dapat mengancam kesehatan jantung yaitu:

  1. Merokok

Indonesia masih menjadi negara yang cukup banyak dihuni oleh perokok pasif, khususnya para pria. Merokok sudah menjadi kebiasaan bahkan telah turun temurun. Banyak yang mengasumsikan bahwa merokok bisa melepaskan penat dan stres yang dirasakan oleh tubuh. Merokok membantu mempermudah memecahkan masalah. Anggapan tersebut sebenarnya salah, merokok hanya mampu untuk memberikan kesenangan sementara. Kita harus mengetahui efek jangka panjang dari rokok.

Jantung adalah organ yang harus mengalami kerja lebih keras karena efek merokok. Mengapa beban kerja jantung menjadi lebih berat? Hal ini dikarenakan kandungan nikotin yang ada di dalam rokok yang dapat membuat pembuluh darah arteri mengalami penyempitan. Sedangkan karbon monoksida menyebabkan jantung harus mengantikan pasokan oksigen ke jaringan tubuh. Hal ini dapat menyebabkan penyakit hipertensi. Akibatnya jika Anda masih memiliki kebiasaan merokok adalah kesehatan jantung anda akan terancam.

  1. Memforsir Tenaga

Bagi Anda yang workholic selalu ingin melakukan kerja lebih agar mendapatkan hasil yang lebih pula, mulai hari ini sebaiknya hentikan secara perlahan. Karena kerja terlalu keras juga tidak baik untuk kesehatan jantung pria. Memforsir tenaga tidak harus dilakukan setiap saat, mengejar setoran, dan berbagai alasan lain. Dengan memforsir tenaga Anda terlalu berlebihan, kinerja jantung menjadi lebih berat. Apalagi jika dilakukan secara terus menerus, tidak terbayangkan bagimana jantung Anda akan bekerja lebih keras setiap harinya. Kebiasaan ini akan mengancam kesehatan jantung.

  1. Menyepelekan Keluhan Fisik

Sekalipun Anda seorang pria, janganlah merasa bahwa gejala fisik seperti sakit, pusing, dan ketidakseimbangan tubuh lainnya adalah hal kecil. Perhatikanlah perubahan-perubahan yang terjadi di dalam tubuh Anda. Penyakit jantung biasanya memiliki tanda-tanda yang mudah dideteksi secara dini, maka rajinlah periksa ke dokter atau fasilitas kesehatan lainnya untuk memastikan kesehatan jantung Anda terkontrol.

  1. Kurang Bergerak

Ada kalanya di waktu senggang Anda memanfaatkan waktu untuk beristirahat, duduk di rumah sembari melihat televisi selama berjam-jam. Hal ini sebenarnya tidak baik, apalagi bagi Anda yang memiliki berat badan melebihi idealnya. Kurang bergerak dapat mengakibatkan kandungan lemak dan gula dalam darah meningkat. Sebaiknya kita memanfaatkan waktu senggang dengan bijak, tetap beraktivitas seperti sedia kala. Misanya dengan membereskan rumah, berkebun, atau memancing. (SPT)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here