Kebiasaan Buruk Wanita yang Dapat Menyebabkan Keputihan

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Bagi wanita keputihan bukan lagi hal yang asing. Keputihan sendiri merupakan terjadinya sekresi vagina. Banyak wanita yang menganggap remeh perihal keputihan. Padahal keputihan yang terus terjadi dan dibiarkan begitu saja akan berbahaya bagi wanita yang mengalami keputihan ini sendiri.

Tidak tanggung-tanggung, keputihan yang dibiarkan begitu saja, dapat mengakibatkan hamil di luar kandungan atau yang disebut ektopik. Selain itu, keputihan yang tidak ditangani juga dapat menjadi salah satu faktor terjadinya mandul atau sulit mendapat anak. Keputihan juga bisa menjadi gejala dari salah satu kanker lho, yakni kanker serviks. Kanker serviks memiliki gejala awal keputihan.

Keputihan dibagi menjadi dua jenis, yakni keputihan normal dan keputihan abnormal. Keputihan normal adalah keputihan yang mengeluarkan cairan bening hingga mendekati putih. Keputihan normal tidak akan menimbulkan rasa gatal, volume cairan tidak banyak, dan tidak tercium bau dari cairan keputihan yang keluar.

Sedangkan keputihan abnormal adalah keputihan yang mengeluarkan cairan berwarna. Warna yang ditimbulkan tergantung dari berapa lama keputihan ini terjadi. Keputihan abnormal ini juga akan menimbulkan rasa gatal di daerah Mrs. V, volume cairan keputihan yang keluar lebih banyak dari keputihan normal, dan menimbulkan bau seperti bau busuk.

Nah kali ini, penulis akan memaparkan beberapa kebiasaan buruk yang biasa dilakukan wanita dan menyebabkan keputihan. Berikut beberapa kebiasaan buruk yang menyebabkan keputihan:

  • Menggunakan pakaian dalam yang berbahan tidak menyerap keringat. Dengan menggunakan pakaian dalam yang tidak menyerap keringat, maka Anda akan meningkatkan resiko tumbuhnya jamur di area Mrs. V Anda.
  • Menggunakan pantyliner dalam waktu yang lama. Jika Anda ingin menggunakan pantyliner, sebaiknya ganti setiap beberapa jam sekali.
  • Terlalu sering berendam di dalam air hangat. Berendam di air hangat dalam waktu lama dan berulang, akan meningkatkan resiko tumbuhnya jamur.
  • Sering menggunakan toilet umum. Memang tidak salah menggunakan toilet umum, tapi kebersihan toilet umum yang tidak terjamin membuat kebersihan Mrs. V Anda juga tidak terjamin.
  • Kesalah saat membersihkan Mrs. V. Arah yang benar adalah membasuh dari Mrs. V ke belakang. Bukan dari dari Mrs. V ke anus.
  • Hindari penggunaan bedak di area Mrs. V. Penggunaan bedak di daerah Mrs. V akan membuat keputihan yang terjadi semakin parah. (IKS)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here