Kebiasaan Buruk yang Dapat Menyebabkan Penyakit Jantung

0
3
www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Jatung adalah organ yang memiliki fungsi untuk memompa darah keseluruh bagian tubuh. Sehingga darah dapat sampai pada semua bagian tubuh. Seperti yang anda ketahui bahwa darah memiliki fungsi penting dalam tubuh salah satunya untuk memenuhi kebutuhan oksigen dalam tubuh dan untuk menyebarkan oksigen tersebut dibutuhkan kerja dari organ jantung.

Lalu bagaimana jika jantung mengalami gangguan atau penyakit?. Jika jantung terserang penyakit maka akan mempengaruhi sistem yang ada di dalam tubuh. Oleh karena itu kita perlu menjaga kesehatan jantung kita.

Penyakit jantung sering disebabkan dari kebiasaan sehari-hari penderita dimana cederung buruk atau tidak baik. Kebiasaan buruk tersebut meliputi :

  1. Enggan berkonsultasi dengan dokter

Kelemahan orang indonesia adalah melakukan tindakan preventif atau pencegahan terhadap penyakit. Salah satu tindakn preventif adalah memeriksakan kesehatan kepada dokter walaupun anda sedang tidak sakit. Hal ini juga berlaku pada penyakit jantung. Penyakit jantng seringkali diketahui setelah penyakit tersebut sudah parah. Padahal jika anda rajin memeriksakan diri anda dapat menghindari risiko terkena penyakit jantung.

  1. Mengabaikan tanda bahaya yang muncul

Seringnya menganggap remeh beberapa tanda dan gejala dari penyakit jantung merupakan kebiasaan yang cukup mendukung terjadinya penyakit jantung. Tanda bahaya tersebut seperti kolesterol yang tinggi, hipertensi dan kadar glukosa darah yang tinggi.

  1. Mendengkur

Banyak orang tidak mengetahui bahwa mendengkur itu kebiasaan yang tidak baik. Karena dapat membuat nafas berhenti sementara, dimana menyebabkan tekanan darah naik. Apabila dibiarkan makan penyakit jantung dapat menyerang anda.

  1. Mempertahankan berat badan yang berlebih

Obesitas atau berat badan berlebih merupakan salah satu faktor risiko penykit jantung. Sehingga mulai sekarang kontrol berat badan anda.

  1. Stress

Strees yang berlebihan dapat membuat anda menjadi depresi. Dan depresi ini mampu memicu terjadinya penyakit jantung.

  1. Kurang tidur

Selain tubuh kekurangan energi, dengan tidur yang kurang dalam jangka panjang dapat mempengaruhi hormon dalam tubuh. Khususnya mempengaruhi pola makan dan berakibat buruk pada jantung.

  1. Mengonsumsi makanan dengan gizi kurang seimbang

Asupan makanan yang tidak diberhatikan keseimbangan gizinya dapat membuat anda terserang penyakit jantung. Jadi rubahlah menu makan menjadi makanan yang sehat dan gizi yang seimbang. Hindari junk food atau makanan instan terlalu sering.

  1. Terlalu banyak konsumsi garam

Terlalu banyak makan makanan yang mengandung garam dapat meningkatkan tekanan darah yang berisiko terhadap penyakit jantung.

  1. Minum Alkohol dan Merokok

Meminum alkohol dan merokok dapat meningkatkan risiko terkena beberapa penyakit seperti hipertensi, diabetes, obesitas dan meningkatnya kadar lemak. Dan penyakit-penyakit trsebut dapat menyebabkan penyakit jantung.

  1. Kurang olahraga

Olahraga merupakan aktivitas yang cukup membantu dalam menangkal berbagai penyakit. Salah satunya baik untuk menjaga kesehatan jantung anda. Jika kurang berolahraga maka dapat meningkatkan risiko penyakit jantung. (DKA)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY