Kebiasaan di Pagi Hari Ini Bisa Bikin Gemuk

SehatFresh.com – Jam berapa biasanya Anda bangun di pagi hari? Lalu, apa yang biasanya Anda lakukan setelah terbangun? Ladies, jam berapa Anda bangun pagi dan aktivitas yang dilakukan setelahnya turut menentukan kesehatan, termasuk urusan berat badan.

Nah, kebiasaan tertentu saat bangun pagi bisa membuat berat badan seseorang bertambah. Bila ini dilakukan terus-menerus, bukan tak mungkin tubuh orang tersebut akan bertambah melar. Kebiasaan di pagi hari seperti apakah yang bisa meningkatkan risiko kegemukan? Ini dia daftarnya:

  • Bangun kesiangan

Kebiasaan begadang dan kurang tidur diketahui dapat membuat nafsu makan seseorang meningkat sehingga berujung pada kenaikan berat badan. Hal ini karena saat tubuh kelelahan dan kurang istirahat, produksi hormon pemicu nafsu makan menjadi meningkat. Sebaliknya, tidur terlalu banyak juga memberikan efek yang negatif bagi Anda yang sedang ingin menurunkan berat badan. Sebuah studi dalam jurnal PLOS One menuliskan bahwa tidur lebih dari 10 jam dalam semalam juga membuat Anda berisiko gemuk.

  • Malas membereskan tempat tidur

Survei yang dilakukan oleh National Sleep Foundation menemukan bahwa mereka yang rutin membereskan tempat tidur tiap pagi 19% lebih mungkin untuk memiliki kualitas tidur baik. Seperti diketahui, kualitas tidur yang baik sangat berpengaruh pada indeks massa tubuh.

  • Jarang berjemur

Studi dari PLOS One menemukan bahwa sinar matahari juga bermanfaat untuk menurunkan berat badan. Penelitian tersebut menunjukkan bahwa orang yang mendapat sinar matahari di pagi hari memiliki indeks massa tubuh yang jauh lebih rendah daripada mereka yang tidak terpapar sinar matahari pagi.

  • Membiarkan kamar selalu gelap

Jurnal PLOS One juga menyebutkan, beraktivitas di kamar yang gelap saat pagi tak hanya meningkatkan risiko kegemukan, tetapi juga meningkatkan risiko stres, depresi, dan bad mood. Maka, penting untuk membuka jendela kamar saat pagi hari dan membiarkan sinar mentari pagi menembus ruang kamar tidur Anda.

  • Tidak sarapan

Menurut Dr. dr. Luciana B. Sutanto, Ms, SpGK dari Indonesian Nutrition Association, sarapan sebenarnya bisa membantu seseorang mempertahankan berat badan. “Penelitian membuktikan sebaliknya ya (sarapan tidak membuat gemuk). Kalau wanita itu tidak sarapan, maka nanti lapar. Nah itu, dia pasti ngemil dan ngemil-nya itu yang bikin wanita gemuk karena kadang-kadang makanan kecil itu lebih padat kalori,” ujarnya.

  • Tidak menimbang berat badan

Peneliti dari Cornell University melakukan studi terhadap 162 wanita dan pria yang mengalami obesitas. Mereka menemukan bahwa responden yang rutin menimbang berat badan tiap pagi lebih berhasil dalam program penurunan berat badan. Lisa Jones, RD, dari Pennsylvania Academy of Nutrition and Dietetics juga menuturkan bahwa menimbang berat badan di pagi hari setelah bangun tidur sangat dianjurkan karena umumnya hasil yang ditunjukkan akan lebih akurat. (SBA)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here