Kebiasaan Makan Untuk Cegah Masalah Pencernaan Sehat

SehatFresh.com – Sistem pencernaan yang sehat sangat penting untuk membantu tubuh dalam memecah makanan sehingga nutrisinya dapat terserap dengan baik. Ketika sistem pencernaan terganggu, Anda mungkin mengalami gejala tidak nyaman. Masalah pencernaan yang paling umum meliputi sembelit, diare, kembung, heartburn, mual dan muntah. Ini umumnya terkait dengan kebiasaan makan yang kurang baik.

Makanan yang Anda konsumsi secara signifikan memengaruhi frekuensi gangguan pencernaan. Oleh karenanya, penting untuk menjaga menu makan Anda tetap bersih dan tidak terlalu merangsang sensivitas usus. Perhatikan juga nutrisi dari makanan yang Anda konsumsi, karena ini berperan dalam meningkatkan sistem imun tubuh. Bagi Anda yang sering alami masalah pencernaan, coba ubah kebiasaan dengan memerhatikan hal-hal sederhana berikut ini :

  • Makan porsi kecil tapi lebih sering

Sebagai aturan praktis untuk mencegah masalah pencernaan, banyak ahli menganjurkan makan dalam porsi yang lebih kecil tapi lebih sering. Ini dapat membantu meningkatkan metabolisme dan agar Anda tidak makan berlebihan. Ketika Anda makan dalam jumlah besar, sistem pencernaan menjadi kelebihan beban sehingga tidak optimal dalam menjalankan fungsinya. Akibatnya, Anda bisa mulas karena asam lambung kembali dari perut ke kerongkongan.

Aturlah waktu makan menjadi lima sampai enam kali sehari dalam porsi kecil. Ini diyakini dapat membantu meningkatkan kesehatan pencernaan secara keseluruhan. Pastikan makanan Anda terdiri dari komponen karbohidrat, protein, dan lemak sehat setiap kali makan. Hindari berbaring setelah makan, karena ini meningkatkan risiko mulas dan mual.

  • Tingkatkan konsumsi serat

Serat merupakan salah satu komponen kunci yang menunjang kesehatan pencernaan. Asupan serat yang memadai membantu mencegah masalah pencernaan. Mayo Clinic merekomendasikan total asupan serat harian 38 gram untuk pria di bawah 50, dan 25 gram untuk wanita di kelompok usia yang sama. Orang dewasa di atas 50 harus sedikit kurang serat, dengan 30 gram per hari untuk pria dan 21 gram untuk wanita. Serat tersedia secara alami dari buah, sayuran, kacang-kacangan, legume dan gandum utuh.

  • Cukupi kebutuhan cairan

Tubuh butuh air, dan secara khusus air membantu membersihkan seluruh sistem pencernaan. Ini sangat membantu dalam mencegah sembelit karena air membantu melunakkan tinja. Air juga membantu sistem pencernaan menyerap nutrisi lebih efektif dengan membantu tubuh untuk memecah makanan. Maka dari itu, penting untuk minum setidaknya delapan gelas air putih sehari. Sebaiknya, hindari minuman manis, karena gula bisa memperburuk masalah pencernaan buruk.

Mengubah kebiasaan makan dan berolahraga secara teratur merupakan langkah-langkah sederhana yang utama untuk kesehatan pencernaan yang lebih baik. Jika Anda masih terus mengalami masalah pencernaan, maka saatnya Anda memeriksakan diri ke dokter.

Sumber gambar : SehatFresh.com

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY