Kebiasaan Makan yang Buruk Selama Bulan Puasa

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Puasa Ramadan adalah waktu yang tepat untuk meningkatkan kualitas ibadah. Puasa yang dijalankan selama satu bulan juga bisa menjadi waktu yang baik untuk membuat sistem pencernaan makin sehat. Sayangnya, ada banyak kebiasaan makan yang buruk terjadi selama puasa Ramadan.

Akibatnya, tubuh bukannya sehat, malah terasa tidak nyaman. Puasa selama bulan ramadhan selain menahan lapar dan haus, puasa tentu memiliki banyak manfaat dalam kesehatan, salah satunya adalah meningkatkan kinerja sistem pencernaan dalam tubuh kita.

Namun, kebiasaan makan yang buruk di bulan puasa, serta kesalahan dalam memilih makanan berbuka dan sahur, malah dapat menghilangkan manfaat puasa terhadap kesehatan. Berikut beberapa kebiasaan makan yang buruk selama bulan puasa yang sering kita lakukan ialah :

  1. Banyak makan saat berbuka puasa

Saat jam berbuka tiba, banyak orang lapar mata dan memakan apa saja yang terhidang hingga perut terasa penuh. Kebiasaan ini sangat buruk, karena selama seharian, sistem pencernaan sedang beristirahat, sehingga mengonsumsi makanan yang banyak sekaligus akan membuat kerja pencernaan lambat dan berat. Makanlah sedikit-sedikit dan kunyah perlahan. Otak perlu waktu sekitar 7 menit untuk mengirimkan sinyal kenyang. Makan secukupnya sesuai kebutuhan.

  1. Mengonsumsi makanan tinggi lemak dan kalori

Banyak orang sengaja memanjakan tubuh dengan makanan enak tinggi lemak dan kalori.  Padahal saat berbuka puasa, makanan harus berimbang. Ada asupan karbohidrat, protein, lemak sehat dan serat.

  1. Sedikit mengonsumsi buah dan sayur

Sedikit mengkonsumsi buah dan sayur sangatlah tidak baik. Padahal organ pencernaan membutuhkan banyak serat untuk bekerja dengan baik. Tidak heran jika banyak yang mengalami masalah susah BAB ketika puasa. Konsumsi buah segar saat berbuka puasa. kalian bisa mencoba buah kaya air seperti semangka, blewah, melon dan sebagainya.

  1. Konsumsi gula meningkat

Saat baru berbuka, banyak orang langsung menikmati takjil manis. Hal tersebut diperbolehkan, asal jumlahnya tidak banyak. Semangkuk kecil kolak pisang sudah cukup, tidak perlu sampai memakai ukuran mangkuk bakso. Konsumsi gula berlebih setelah puasa tidak baik, karena gula dalam darah bisa naik drastis.

  1. Kurang minum

Salah satu efek samping banyak makan saat berbuka puasa adalah kurang minum. Perut yang terasa sesak tidak kuat menampung minuman. Karena itu, makanlah secukupnya dan perbanyak konsumsi air putih. Tubuh memerlukan cairan agar tetap fit dan siap menjalankan ibadah selanjutnya Ingat, yang berlebih-lebihan itu tidak baik. Pastikan puasa menjadi ajang untuk semakin giat beribadah dan semakin sehat

  1. Minum minuman berkafein saat sahur dan buka

Minum teh atau kopi saat sahur akan mengakibatkan hilangnya air (dehidrasi) dan akan cepat menimbulkan rasa lapar. Kafein yang terkandung dalam teh dan kopi dapat menyebabkan sakit kepala.


Warning: A non-numeric value encountered in /home3/sehatfre/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 1008

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here