Kebiasaan yang Bisa Buat Anda Lebih Cepat Keriput

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Keriput akan datang seiring bertambahnya usia. Artinya, ini sesuatu yang alami dan bagian dari hidup. Meski Anda tahu bahwa kerutan akan datang seiring penuaan, tetapi beberapa kebiasaan lain di luar faktor usia juga dapat mengakibatkan kerutan.

Keriput adalah lipatan, garis atau kerutan yang muncul pada kulit. Kondisi ini merupakan tanda utama dari proses penuaan. Namun, keriput juga bisa disebabkan oleh selain faktor usia. Kebiasaan-kebiasaan tertentu juga bisa mempercepat munculnya keriput. Waspadailah kebiasaan-kebiasaan tersebut sehingga Anda dapat menghentikan laju keriput, terutama di wajah Anda. Apa sajakah kebiasaan tersebut?

  • Merokok

Dilansir dari Womens Health, merokok adalah penyebab paling umum dari keriput. “Ada penelitian yang menunjukkan bahwa orang yang merokok akan lebih cepat keriput,” kata Joel Schlessinger, dokter kulit sekaligus ahli bedah kosmetik.

  • Makan terlalu banyak gula

Makan terlalu banyak gula dan makanan berglikemik tinggi akan membuat Anda terlihat lebih cepat tua. “Proses perusakan sel kulit ini disebut glycation. Molekul gula menempel di kulit (termasuk kolagen) dan menyebabkan kulit jadi kaku dan rusak,” kata Roshini Rajapaksa, ahli kesehatan pencernaan.

  • Tidak memakan cukup ikan

Tidah hanya mengandung lemak yang baik (asam lemak Omega 3) yang membantu mencegah berbagai sakit kronis, ikan juga dapat merawat kulit Anda. Lemak pada ikan dapat memperbarui sel membran, membantunya mempertahankan air agar kulit Anda tetap ternutrisi dan terasa halus.

  • Mengunyah permen karet

“Permen karet bisa membuat kulit jadi keriput,” kata Schlessinger. Selain itu, permen karet akan menyebabkan timbulnya masalah lain dalam struktur mulut.

  • Menekan jerawat

Berhenti menekan atau mengorek jerawat. Biarkan mereka keluar dengan caranya sendiri atau gunakan produk alami untuk menghilangkannya. Setiap kali menekan, mengorek, atau menarik jerawat, Anda akan menyebabkan kerusakan, iritasi, luka, dan kerutan pada kulit.

  • Tidak menghapus make-up

Saat tidur, jangan pernah lupa untuk menghapus make-up Anda. Make-up yang menempel semalaman ini akan menyebabkan kulit jadi keriput.

  • Menarik kulit saat menggunakan make-up

Menggerakkan wajah Anda untuk membantu make-up lebih akurat boleh-boleh saja, asalkan jangan menarik kulit sehingga terlihat datar. Make-up artist, Donna Kelly mengatakan, menggerakkan wajah saat menggunakan make-up dapat menyebabkan kulit akan terlipat dan lama-lama menjadi kerutan permanen.

  • Minum alkohol terlalu banyak

Semua jenis minuman beralkohol akan membuat kulit jadi dehidrasi. James C. Marotta, ahli bedah plastik mengatakan, seiring waktu, kulit akan kehilangan elastisitas dan membentuk keriput karena kurangnya hidrasi.

  • Terlalu banyak duduk

Kebiasaan pasif dapat berakibat buruk untuk pinggang, jantung, dan kulit Anda! Berolah raga dapat meningkatkan komposisi kulit, memberikannya struktur bertahun-tahun lebih muda! Tidak akan ada kata terlambat untuk memulai olahraga. Orang dewasa yang mulai berolah raga secara rutin menunjukkan perbaikan pada kulitnya. (SBA)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here