Kebiasan yang Dapat Membuat Vagina Berbau Tidak Sedap

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Vagina merupaka daerah wanita yang harus selalu dijaga kebersihannya, karena organ tersebut merupakan organ kewanitaan yang sensitiv dan rentan terhadap pertumbuhan bakteri dan jamur yang menyebabkan bau tak sedap dan keputihan. Berikut ini kebiasaan yang dapat membuat vagina berbau tidak sedap, antara lain :

  1. Penggunaan cairan pembersih vagina

Cairan pembersih vagina bertujuan untuk meningkatkan kesehatan organ kewanitaan dan menghilangkan bau tidak sedap. Namun faktanya apabila menggunakan cairan pembersih vagina secara berlebihan akan dapat mempengaruhi kadar PH-nya. Hal tersebut dapat mengakibatkan vagina akan mundah terinfeksi oleh jamur dan bakteri yang memicu timbunya bau tak sedap pada vagina.

  1. Alergi kondom

Pada saat melakukan hubungan sebagian orang memilih alat kontrasepsi berupa kondom untuk mencegah kehamilan. Namun terkadang ada beberapa peremuan yang sensitif terhadap penggunaan kondom sehingga kadar pH alami dalam vagina menurun dan hal ini dapat memicu terjadinya bau tidak sedap pada vagina.

  1. Membilas vagina dari arah belakang ke depan

Membilas vagina yang benar yaitu dengan cara cebok dari arah depan ke arah belakang. Apabila anda memiliki kebiasaan mencuci vagina dari arah belakang menuju depan, kebiasan tersebut akan membawa kotoran dari pantat menuju vagina sehingga memicu timbulnya bau tak sedap pada vagina.

  1. Jarang menggati celana

Untuk menjaga kebersihan daerah organ vagina sebaiknya menggunakan celana dalam minimal 3 kali ganti dalam sehari dan lebih baik apabila anda selalu ganti celana dalam apabila celana dalam keadaan basah dan lembab. Celana yang basah dan lembab akan mengakibatkan timbulnya bakteri dan jamur yang bisa menimbulkan bau tak sedap pada vagina.

  1. Jarang membersihkan vagina

Salah satu penyebab bau tak sedap pada organ vagina yaitu apabila anda jarang membersihkan. Setelah selesai BAK dan BAB bersihkan vagina dengan cara membilas dari arah depan menuju belakang dan setelah itu lap menggunakan tissu agar daerah vagina tetap dalam keadaan kering. Selain itu apabila anda mengalami keputihan sebelum haid dan sesudh haid usahakan agar anda bener-benar menjaga kebersihan organ vagina.

  1. Memakai celana terlalu ketat

Penggunaan celana yang terlalu cepat dapat mengakibatkan gesekan yang terlalu sering sehingga membuat vagina menjadi iritasi. Selain itu penggunaan celana dalam yang terlalu ketat dapat mengakibatkan hawa panas karena terhambatnya pertukaran udara sehingga hawa panas tersebut memicu keluarnya keringat dan menyebabkan organ vagina menjadi lembab. Kondisi ini dapat mengakibatkan tumbuhnya bakteri dan jamur penyebab bau tak sedap.

  1. Konsumsi makanan tertentu

Ada sebagian makanan yang dapat menimbulkan bau tak sedap pada organ vagina seperti kopi, bawang, dan bumbu rempah seperti kari, daging merah, susu, alkohol yang berlebihan dapat mengakibatkan bau tak sedap pada vagina. Selain itu apabila anda sedang melakukan diet probiotik seperti biji-bijian dan buah-buahan serta sayuran dapat membantu menjaga keseimbangan pH alami vagina.

  1. Aktivitas fisik

Aktifitas fisik tertentu mengakibatkan keringat terkumpul di bagian bawah sehingga dapat memicu timbulnya bau tak sedap pada vagina. (KMY)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here