Kebutuhan Cairan Bagi Remaja

SehatFresh.com – Di masa remaja, nutrisi yang tepat sangat penting untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan yang normal. Tidak hanya zat gizi seperti vitamin dan mineral, nutrisi yang tepat juga termasuk hidrasi. Hidrasi sangat penting untuk menjaga keseimbangan cairan dan mineral dalam tubuh. Remaja yang aktif secara fisik membutuhkan lebih banyak cairan terutama air putih karena mereka kehilangan cairan melalui keringat.

Air memiliki banyak fungsi dalam tubuh manusia. Fungsi yang utama sebagai media di mana reaksi metabolisme terjadi. Air membantu melumasi sendi dan mengatur suhu tubuh. Tubuh manusia membutuhkan air dalam jumlah besar setiap hari untuk mendukung pencernaan makanan, penyerapan nutrisi dan pembuangan sampah. Kebutuhan air dinyatakan sebagai “total air” yang mencakup semua air yang terkandung dalam makanan, minuman dan air minum.

Menurut Institutes of Medicine Food and Nutrition Board (IMFNB), remaja laki-laki berusia 9 sampai 13 tahun membutuhkan 2,4 liter total air harian. Ada sekitar 33 ons cairan dalam satu liter air. Ini berarti anak laki-laki membutuhkan sekitar 81 ons cairan atau lebih dari 10 gelas total air harian. Remaja perempuan berusia 9 sampai 13 tahun membutuhkan air 2,1 liter total air harian. Ini setara dengan sekitar 71 ons cairan atau hampir sembilan gelas.

Semakin besar, semakin banyak air yang dibutuhkan untuk fungsi tubuh. Menurut IMFNB, laki-laki berusia 14 sampai 18 tahun membutuhkan 3,3 liter total air harian. Ini berarti mereka membutuhkan sekitar 112 ons cairan atau setara 14 gelas total air harian. Remaja perempuan pada kelompok usia yang sama membutuhkan 2,3 liter total air harian. Ini setara dengan 78 ons cairan atau hampir 10 gelas.

Remaja yang terlibat dalam kegiatan fisik yang kuat seperti olahraga, terutama ketika cuaca panas, memerlukan asupan air harian yang lebih tinggi. Selain itu, untuk kegiatan yang berlangsung 60 menit atau lebih, minuman pengganti elektrolit atau minuman olahraga bisa bermanfaat untuk mengganti cairan tubuh yang hilang. Seperti orang dewasa, remaja harus minum sekitar dua gelas air putih untuk setiap pon (1 pon setara dengan 453,5 ml) cairan yang hilang bersama keringat pasca latihan.

Sekitar 20 persen dari asupan air harian berasal dari makanan. Sejumlah buah dan sayur mengandung kadar air tinggi. Namun, upayakan untuk lebih banyak minum air putih karena memiliki pH atau keasaman dengan tingkat netral sehingga tidak mengikis email gigi, mudah diserap dan tidak menyebabkan sakit perut selama latihan, tidak seperti minuman manis.

Sumber gambar : www.penabiru.com

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY