Kebutuhan Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil

makanan sehat untuk ibu hamil

Makanan sehat untuk ibu hamil benar-benar harus diperhatikan dengan baik. Pada masa kehamilan, asupan dan nutrisi makanan seorang wanita hamil menjadi lebih banyak. Hal ini karena kebutuhan nutrisi tidak hanya untuk dirinya, namun juga untuk janin dalam perutnya.

Kebutuhan nutrisi harus benar-benar seimbang dan terjaga dengan baik. Asupan kalori harus ditingkatkan hingga 300 kalori perhari. Wanita membutuhkan sekitar 2200 kalori setiap harinya. Pada masa kehamilan, kebutuhan itu meningkat menjadi 2500 kalori. Jika wanita itu hamil bayi kembar, maka kebutuhan kalori jadi 3500 kalori dan kembar3 menjadi 4500 kalori.

Untuk mndapatkan lebih detail tentang kebutuhan gizi dan kalori ini sebaiknya anda mengunjungi dokter atau ahli gizi. Dokter biasanya akan membuat konsep kebutuhan gizi dan nutrisi anda selama masa kehamilan hingga menyusui.

Bagaimana mendapatkan makanan sehat untuk ibu hamil?

Makanan yang itu-itu saja tidak baik untuk tubuh. Untuk memenuhi kebutuhan makanan sehat untuk ibu hamil, pilihlah makanan yang memang bervariasi setiap harinya. Tubuh membutuhkan karbohidrat, protein dan lemak untuk energi.

Contoh makanan sehat untuk ibu hamil di antaranya adalah

  • Lemak tak jenuh yang bisa didapatkan pada minyak zaitun, minyak canola, kacang-kacangan dan ikan.
  • Karbohidrat yang bisa didapatkan dari biji-bijian, susu rendah lemak, buah-buahan, sayuran dan kacang-kacangan (buncis, kacang polong dan lentil).
  • Protein tanpa lemak seperti susu rendah lemak, ikan, kacang-kacangan dan unggas tanpa kulit.

Makan makanan dengan komposisi yang tepat sangat penting untuk kesehatan tubuh anda dan tumbuh kembang janin dalam kandungan.

Makan buah dan sayuran juga sangat penting untuk tubuh. Tidak hanya memberikan nutrisi yang sangat dibutuhkan tubuh, namun buah dan sayuran juga membantu anda untuk memberikan lebih banyak serat.

Kebutuhan asam folat

Asam folat sangat penting dalam proses kehamilan. Asam folat ini harus dikonsumsi sebelum masa kehamilan dan saat masa kehamilan. Mengkonsumsi asam folat dapat menurunkan resiko bayi lahir dengan cacat tabung saraf.

  • Wanita yang sedang dalam masa subur harus mengkonsumsi asam folat antara 0,4 mg (400 mcg) hingga 0,8 mg (800 mcg). Asam folat tersebut bisa didapatkan dari berbagai jenis makanan dan suplemen.
  • Wanita yang mengalami kehamilan dengan bayi kembar membutuhkan 1 mg (1000 mcg) asam folat.
  • Wanita yang mempunyai riwayat keluarga menderita cacat tabung saraf atau dalam pengobatan kejang. Dosis yang dianjurkan adalah 4 mg (4000 mcg). Jangan mengkonsumsi asam folat sebanyak 4 mg dari multivitamin. Multivitamin mempunyai zat lain yang jika dikonsumsi membuat anda kelebihan substansi lain dalam multivitamin itu.

Tanyakan dan mintalah saran kepada dokter anda untuk segala hal yang berhubungan dengan makanan sehat untuk ibu hamil. Ini sangat penting untuk dipertimbangkan karena bisa memastikan kesehatan ibu dan janin.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here