Kebutuhan Vitamin dan Mineral Khusus Untuk Wanita

SehatFresh.com – Perempuan memiliki vitamin dan mineral kebutuhan khusus, tergantung pada usia mereka. Wanita usia subur memiliki kebutuhan yang lebih tinggi untuk vitamin dan mineral tertentu untuk mencegah cacat lahir, mengatur siklus haid dan mengatasi kebutuhan energi yang lebih tinggi. Mempertahankan asupan memadai atau memenuhi asupan harian yang direkomendasikan dari vitamin dan mineral yang dibutuhkan dapat mencegah datangnya penyakit kronis, memperlambat penuaan dan menjaga kesehatan secara keseluruhan. Beberapa contoh vitamin dan mineral yang berperan penting dalam kesehatan wanita adalah :

  • Folat

Wanita usia subur dianjurkan untuk mengambil 400mcg asam folat per hari untuk persiapan kehamilan yang sehat guna mencegah cacat tabung saraf. Folat atau asam folat juga membantu dengan replikasi DNA dalam semua sel tubuh. Folat berperan dalam dalam pencegahan anemia terkait dengan sel-sel darah merah dan menjaga tingkat energi yang memadai.

  • Vitamin B-12

Vitamin B12 adalah vitamin yang larut dalam air yang membantu untuk mempertahankan pembentukan darah merah, produksi DNA dan kesehatan saraf. Vitamin ini sangat penting untuk ibu hamil dan ibu menyusui karena kadar B12 rendah pada bayi dapat menyebabkan keterlambatan perkembangan. Kadar vitamin B-12 untuk perempuan 2.4mcg, 2.6mcg dan 2.8mcg, masing-masing untuk perempuan di atas usia 14, ibu hamil dan ibu menyusui.

  • Vitamin C dan E

Vitamin C dan E membantu menjaga kesehatan kulit serta membantu menetralkan kerusakan kerusakan tubuh radikal bebas yang dapat mempercepat penuaan. Antioksidan dalam dua vitamin ini membantu mengurangi LDL atau kolesterol jahat yang teroksidasi oleh radikal bebas untuk mencegah penumpukan plak di arteri. Asupan vitamin C yang direkomendasikan adalah 75mg, sementara vitamin E adalah 15mg.

  • Vitamin D dan kalsium

Vitamin D dan kalsium bekerja sama untuk mempertahankan kepadatan dan kekuatan tulang. Vitamin D meningkatkan penyerapan kalsium dari usus kecil. Vitamin D juga dapat mencegah kanker tertentu seperti kanker payudara dan usus. Asupan vitamin D yang direkomendasikan untuk wanita 19-50 tahun adalah 5mcg atau 200 IU (International Unit) per hari. Setelah menopause, asupan yang direkomendasikan menjadi 10mcg atau 400 IU per hari.

  • Vitamin K

Vitamin K sangat penting untuk pembekuan darah serta meningkatkan kepadatan tulang dan metabolisme kalsium yang tepat. Vitamin K merangsang aktivitas protein yang meningkatkan deposisi kalsium dalam matriks tulang. Asupan untuk wanita adalah 90mcg vitamin K per hari.

  • Zat besi

Zat besi sangat penting untuk transportasi oksigen ke seluruh jaringan tubuh. Tanpa zat besi yang memadai, Anda mengalami kelelahan, kelemahan dan ketidakmampuan untuk berkonsentrasi pada pekerjaan. Dianjurkan untuk setiap harinya mendapat asupan zat besi besi 18mg untuk wanita usia subur, sedangkan wanita pascamenopause perlu 8mg.

Sumber gambar : cegahpenuaandini.blogspot.com

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY