Kebutuhan Zat Besi pada Anak-anak Agar Tidak Anemia

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Zat besi merupakan nutrisi yang sangat dibutuhkan tubuh anak untuk tumbuh kembang. Zat besi berfungsi untuk mengangkut oksigen dari paru-paru menuju seluruh tubuh. Zat besi dalam sel darah merah juga berfungsi untuk mengangkut elektron untuk digunakan dalam pembentukan energi di dalam sel. Bagi anak-anak, zat besi sangat dibutuhkan untuk perkembangan mobilitas dan mentalnya.

Kekurangan zat besi dapat terjadi pada anak, salah satu penyebabnya adalah pola makan yang buruk. Ada beberapa tingkatan keparahan kondisi yang dialami oleh anak yang kekurangan zat besi, mulai dari kekurangan zat besi ringan sampai dengan anemia (kurang darah). Anemia adalah keadaan dimana darah kekurangan sel darah merah yang sehat. Kekurangan an zat besi pada anak-anak, jika tidak diobat bisa menyebabkan beberapa gangguan fisik dan mental seperti gangguan berjalan dan berbicara.

Kebutuhan zat besi pada anak sesuai usianya :

  • Bayi usia 7 – 12 bulan                 = 11 miligram/hari
  • Anak usia 1 – 3 tahun                 = 7 miligram/hari
  • Anak usia 4 – 8 tahun                = 10 miligram/hari
  • Anak usia 9 – 13 tahun               = 8 miligram/hari
  • Perempuan usia 14 – 18 tahun = 15 miligram/hari
  • Laki-laki usia 14 – 18 tahun      = 11 miligram/hari

Setidaknya, Anda harus memenuhi kebutuhan zat besi pada nutrisi anak-anak Anda sesuai dengan kebutuhan mereka agar anak terhindar dari anemia.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here