Kecemasan Berpisah

DEFINISI

Banyak orang yang terbiasa meninggalkan bayinya dengan orang yang dicintai atau dipercaya atau penyedia perawatan anak lainnya. Kecemasan berpisah tampaknya hanya menjadi masalah pada beberapa anak-anak.Namun, jika akhir-akhir ini anak Anda menangis ketika ditinggalkan, pasti ada sesuatu yang salah.

Antara usia 8 dan 12 bulan, anak-anak sering mengalami periode kecemasan berpisah. Seperti layaknya frustrasi, kecemasan berpisahsebenarnya merupakan tonggak emosional. Anak Anda mungkin mulai memahami bahwa ia hanya memiliki satu ibu di dunia  – dan akan akan tetap seperti bahkan ketika Anda tidak terlihat olehnya. Hal ini dapat memicu air mata pada anak ketika Anda meninggalkan ruangan atau mencoba menahan Anda ketika Anda mencoba untuk mengucapkan selamat tinggal.

Kecemasan berpisah biasanya memudar pada usia 24 bulan. Sementara itu, mengucapkan selamat tinggal dengan lembut dan meyakinkan anak Anda bahwa Anda akan kembali segera bisa membantu mengatasi kondisi ini. Kecemasan berpisah jarang memerlukan perawatan medis.

GEJALA

Rewel dan menangis adalah tanda-tanda klasik dari kecemasan berpisah. Menjerit dan mengamuk juga bisa menjadi gejalanya. Pada siang hari, anak Anda mungkin menolak untuk meninggalkan Anda. Selama malam, ia mungkin bangun dan menangis untuk Anda.

Kecemasan berpisah biasanya memuncak antara usia 10 dan 18 bulan. Kebanyakan anak bisa lepas dari masalah ini pada usia 24 bulan.

Kapan harus ke dokter?

Jika kecemasan berpisah  pada anak Anda tampaknya cukup berat atau berkepanjangan – terutama jika mengganggu kegiatan sekolah sehari-hari atau kegiatan lainnya atau disertai dengan serangan panik atau masalah lain – konsultasikan dengan dokter anak Anda atau profesional kesehatan mental. Kadang-kadang kecemasan berpisah adalah pertanda untuk kondisi medis yang lebih serius yang dikenal dengan gangguan kecemasan berpisah.

PENYEBAB

Kecemasan berpisah adalah tahap normal perkembangan pada bayi dan balita. Ketika anak Anda menyadari bahwa hanya Anda adalah satu-satunya di dunia, ia mungkin akan merasa sangat marah ketika Anda tidak bersamanya – bahkan jika Anda hanya melangkah ke ruangan lain selama beberapa menit.

Kadang-kadang, kecemasan berpisah mungkin dipicu oleh keadaan seperti :

  • Situasi penitipan anak baru
  • Saudara baru
  • Rumah baru
  • Stres atau ketegangan keluarga

Gaya Hidup dan Pengobatan Rumah

Bayi dan balita memiliki sedikit rasa-rasa akan waktu dan beberapa kenangan pengalaman masa lalu. Ketika Anda meninggalkannya, anak Anda mungkin tidak tahu kapan Anda akan kembali. Untuk meringankan kecemasan berpisah pada anak Anda, coba langkah berikut :

  • Praktikkan selamat tinggal berulang-ulang. Pastikan Anda meninggalkan anak Anda dengan pengasuh terpercaya untuk jangka waktu yang singkat. Akhirnya anak Anda akan paham bahwa Anda pasti akan kembali.
  • Berhati-hati saat meninggalkan anak. Anak Anda mungkin akan merasa tidak aman jika Anda pergi saat ia lelah, lapar atau gelisah. Jika Anda bisa, pergilah ketika anak Anda baru selesai makan dan beristirahat.
  • Berikan anak Anda sesuatu yang bisa ia mainkan hingga Anda kembali. Diskusikan sesuatu menyenangkan yang mungkin akan terjadi dengan anak Anda saat Anda pergi.
  • Jangan memperpanjang selamat tinggal Anda. Jika Anda meninggalkan anak Anda di rumah atau di lingkungan terdekat lain, ucapkan selamat tinggal dengan lembut – kemudian pergi. Mintalah pengasuh anak Anda untuk mengalihkan perhatian anak Anda dengan mainan favorit atau buat ia fokus dengan hal baru. Jika Anda meninggalkan anak Anda di lingkungan yang baru, Anda dianjurkan untuk bermain dengan anak Anda selama beberapa menit untuk memudahkan transisi. Ketika Anda pergi, ingatkan ia bahwa Anda akan kembali. Beri tahu secara spesifikkapan Anda akan kembali, seperti “setelah makan siang” atau “setelah tidur siang”.
  • Tinggalkan pengingat. Menawarkan selimut khusus, boneka binatang atau benda lainnya sebagai penghibur bagi anak Anda dan kemudian pergi.
  • Jangan terlalu khawatir ketika anak menangis. Menangisadalah upaya yang dilakukan anak untuk membuat Anda tidak pergi. Ketika Anda pergi, ia tidak mungkin menangis terlalu lama – terutama setelah anak terlibat dalam aktivitas baru.

Ingat, kecemasan berpisah adalah ritus peralihan untuk bayi dan balita. Bersabarlah karena anak Anda sedang belajar tidak akan terjadi apa-apa jika Anda jauh darinya.