Kegiatan Ngabuburit Seru Bareng Anak yang Bermanfaat

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Ngabuburit di bulan puasa jadi momen seru yang paling ditunggu oleh keluarga. Anda dan keluarga bisa menghabiskan waktu bersama sebelum akhirnya berbuka puasa. Yuk, isi ngabuburit Anda dan anak dengan kegiatan yang seru dan bermanfaat.

  • Keliling kompleks rumah

Anak-anak pasti sangat senang diajak jalan-jalan sore bersama menunggu waktu berbuka. Anda bisa sekalian membeli makanan untuk berbuka.

  • Olahraga bareng

Supaya waktu ngabuburit jadi lebih bermakna ketimbang bermalas-malasan di tempat tidur, ajak buah hati Anda berolah raga santai. Tak perlu olahraga berat, seperti lari atau bermain bulu tangkis, berjalan-jalan di taman atau bersepeda saja sudah cukup, kok.

  • Mengaji di rumah atau masjid

Sambil menunggu berbuka, ajarkan anak untuk mengaji di rumah atau di masjid. Ini berarti Anda juga sekaligus menanamkan ilmu agama yang baik sejak dini pada anak-anak.

  • Menonton film

Menonton film atau tayangan TV tidak selamanya buruk. Terlebih bila tayangan yang disaksikan mengisahkan Nabi atau para sahabatnya. Selain bisa sambil santai, si kecil jadi memiliki pengetahuan sejarah. Tema-tema lain yang sarat nilai agama dan sosialnya juga bisa dijadikan referensi menonton.

  • Membaca buku

Selain menonton film, membaca buku juga bisa menjadi hal yang mengasyikkan saat ngabuburit. Ajaklah si kecil ke toko buku atau perpustakaan dekat rumah. Di tempat-tempat seperti itu, banyak pilihan buku yang tersedia. Bila tak ingin keluar rumah, maka ciptakan suasana agar anak ingin membaca buku. Bila perlu, Anda menceritakan isi sebuah buku kepadanya.

  • Kegiatan sosial

Berbuat amal di bulan yang puasa yang penuh berkah tentu pahalanya semakin berlipat. Ajaklah si kecil ke panti jompo atau anak yatim. Buaklah aktivitas sosial ketika berkunjung ke sana, seperti menyumbangkan pakaian layak pakai, peralatan sekolah dan sebagainya. Cara asyik lainnya adalah dengan mengajak anak melakukan kegiatan sosial dengan cara yang sederhana. Misalnya, ajak si kecil untuk menyiapkan kurma atau makanan kecil  yang dimasukan dalam plastik. Kemudian, ajaklah ia untuk memberikan pada orang-orang sekitar yang sekiranya memang membutuhkan.

  • Membuat kue Lebaran

Meski berpotensi mengotori tangan atau baju, tapi membuat kue bersama anak sangat seru. Apalagi bila yang dibuat adalah aneka kue Lebaran. Membuat sendiri kue-kue Lebaran bisa menjadi opsi yang lebih baik daripada membelinya. Selain bisa memantau sendiri bahan yang digunakan, Anda juga dapat menghemat anggaran.

  • Membereskan rumah

Saat Lebaran, rumah Anda bisa jadi kedatangan banyak sanak keluarga dan tetangga yang akan bertamu. Maka, menjelang Lebaran ajaklah keluarga untuk membersihkan rumah, mulai dari tempat tidur, dapur, ruang tamu, teras, sampai halaman rumah. (SBA)


Warning: A non-numeric value encountered in /home3/sehatfre/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 1008

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here