Kegiatan yang Dapat Dilakukan Sepulang Sekolah untuk Menunggu Waktu Berbuka

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Waktu untuk berbuka puasa menjadi waktu yang sangat dinantikan pada saat berpuasa selama bulan Ramadhan. Karena pada saat berbuka kita bisa melepas dahaga dan lapar yang tertahan sejak terbitnya matahari. Apalagi bagi anak-anak usia sekolah yang tidak memiliki kegiatan setelah pulang sekolah, maka akan merasakan betapa lama menunggu waktu berbuka. Hal ini tentunya membosankan jika tidak memiliki kegiatan untuk dilakukan.

Ketika berada disekolah, anak-anak cenderung sibuk mengikuti pelajaran sehingga bisa melupakan rasa laparnya. Sedangkan dirumah, waktu untuk istirahat dan berdiam diri tentunya akan membuat anak merasa bosan dan cenderung tergoda untuk membatalkan puasa. Tentunya hal ini harus bisa diatasi oleh orang tua, jangan sampai anak membatalkan puasanya ditengah jalan.

Anda dapat melakukan kegiatan bersama anak untuk mengisi waktu luang menunggu berbuka puasa. Selain untuk mengusir rasa bosan, fokus anak pun bisa dialihkan pada berbagai kegiatan yang dilakukannya itu. Berikut beberapa kegiatan yang dapat dilakukan sepulang sekolah untuk menunggu waktu berbuka.

  1. Mengaji bersama

Kegiatan mengaji bersama dapat anda lakukan bersama anak dirumah. Atau jika anda tidak sempat menemani, maka ajak anak untuk mengikuti TPQ dan biarkan anak untuk mengaji bersama teman-teman dan guru ngajinya. Dengan mengaji, selain menambah pahala pada saat berpuasa, fokus anak juga akan tertuju pada kegiatannya dan tidak lagi menghitung berapa jam lagi waktu berbuka akan tiba.

  1. Mengajak anak memasak untuk berbuka

Mengajak anak untuk memasak dan sibuk di dapur merupakan kegiatan yang dapat anda coba. Namun, ingatkan anak untuk tidak mencicipi makanan karena belum waktunya untuk berbuka. Anda juga dapat mencoba menu-menu unik untuk menarik minat anak. Misalnya dengan menhias makanan atau membuat bentuk yang unik di makanan.

  1. Berburu takjil

Kegiatan ini dapat anda lakukan di waktu menjelang berbuka. Anda dapat mengajak anak untuk berburu takjil khas ramadhan untuk berbuka puasa. Hal ini pasti akan membuat anak senang, karena melakukan jalan-jalan sekaligus dapat menjadi ajang untuk menguatkan silaturahmi.

  1. Olahraga sore

Anda dapat melakukan aktivitas olahraga disore hari. Tidak perlu melakukan olahraga berat, cukup olahraga dengan intensitas rigan agar energi yang dikeluarkan tidak terlalu banyak. Anda dapat melakukan olahraga seperti bulutangkis bersama tetanga atau teman.

  1. Memancing

Kegiatan ini juga dapat anda lakukan bersama anak. Memancing dapat melaih anak untuk bersabar. Anda dapat memancing di kolam sekitar rumah, ditempat pemncingan atau sungai yang dihuni oleh ikan. Hassil memancing dapat menjadi lauk untuk berbuka puasa nantinya.


Warning: A non-numeric value encountered in /home3/sehatfre/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 1008

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here