Kegiatan yang Dapat Dilakukan Setelah Sahur untuk Mengalihkan Rasa Kantuk

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Salah satu rutinitas wajib yang dilakukan ketika bulan ramadhan adalah makan sahur atau makan di waktu sepertiga malam. Dengan sahur tubuh akan mendapatkan asupan nutrisi yang membantu tubuh lebih kuat dalam menahan rasa lapar dan haus hingga matahari terbenam atau tiba waktunya untuk berbuka.

Setelah melakukan sahur, perut terasa kenyang dan tak sedikit seseorang terserang rasa kantuk akibat kekenyangan. Selain karena kekeyangan, banyak remaja yang memilih tidur setelah sahur dikarenakan berpikir bahwa jeda waktu sahur hingga waktu untuk pergi ke sekolah masih panjang, jadi lumayan untuk tidur.

Tetapi perlu anda ketahui, ternyata tidur setelah sahur itu berbahaya. Bahayanya yaitu anda bisa mengalami  gangguan kesehatan. Gangguan kesehatan yang akan anda alami seperti dada terasa panas, tenggorokan terbakar, mengalami kenaikan berat badan atau bahkan yang paling berbahaya yaitu terkena stroke. Hal tersebut tentunya cukup menyeramkam. Oleh karena itu, sebaiknya jangan tidur setelah sahur.

Agar tidak tertidur setelah sahur, anda bisa melakukan kegiatan-kegiatan berikut ini setelah sahur, sehingga tidak bosan selama jeda waktu sahur :

  1. Mengakhiri sahur

Bangun lebih awal dan sahur pada waktu yang lebih awal mungkin metode yang cukup efektif agar anda tidak telat sahur. Namun, agar anda terhindar dari mengantuk setelah sahur. Sebaiknya sahur ketika mendekati waktu imsak atau waktu subuh. Hal tersebut akan membantu mata tetap terjaga hingga pagi hari.

  1. Shalat dan dzikir di antara waktu sahur dan subuh

Pada zaman rasullulah SAW, beliau mengisi jeda waktu sahur dengan berdzikir dan berdoa. Selain mendapatkan pahala, kegiatan tesebut dapat membuat anda terhindar dari tidur setelah sahur.

  1. Shalat subuh berjamaah

Kegiatan lainnya yang cukup efektif agar kita tidak tertidur adalah melakukan shalat subuh berjamaah di masjid yang bisa disertai dzikir setelahnya.

  1. Makan secukupnya

Sunah rasullullah SAW adalah berhenti makan sebelum kenyang. Hal tersebut juga berlaku ketika anda menyantap sahur. Sebaiknya makan secukupnya atau tidak terlalu kenyang.

  1. Jalan santai

Jika diam di rumah saja membuat bosan, anda bisa melakukan jalan santai bersama teman-teman seusai shalat subuh berjamaah. Jalan santai akan membuat tubuh tetap segar dengan udara bersih yang anda hirup di pagi hari.

  1. Mandi

Mandilah jika anda masih merasa ngantuk, mandi di pagi hari dapat membuat tubuh terasa segar sehingga tidak mengantuk. (DKA)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY