Kegiatan yang Dapat Memicu Dehidrasi

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Saat melakukan berbagai aktivitas dalam kehidupan sehari-hari, tubuh tentunya akan kehilangan cairan, baik dari keringat, urine, bahkan saat bernafas. Terlebih saat puasa, dengan asupan cairan yang terbatas dan aktivitas yang tetap padat, seseorang akan sangat mudah mengalami dehidrasi, baik disadari maupun tidak.

Dehidrasi adalah kondisi ketika tubuh kehilangan lebih banyak cairan daripada yang didapatkan sehingga tubuh tidak punya cukup cairan untuk menjalankan fungsi normalnya. Dehidrasi bisa disebabkan oleh berbagai faktor sebagai berikut:

  • Berkeringat secara berlebihan

Keringat yang mengucur dari pori-pori bisa disebabkan oleh beberapa hal, misalnya sakit demam. Keringat yang keluar terlampau banyak ini dapat menyebabkan seseorang terkena dehidrasi.

  • Terpapar sengatan matahari

Saat seseorang terpapar sengatan matahari dalam waktu yang cukup lama, maka ia banyak mengeluarkan keringat, walaupun tidak malakukan suatu aktivitas yang membutuhkan tenaga ekstra. Identik dengan poin di atas, keringat yang keluar berlebihan karena sengatan matahari itu bisa menyebabkan dehidrasi.

  • Menderita penyakit tertentu

Penderita penyakit tertentu, seperti diabetes, berisiko mengalami dehidrasi ketika kadar glukosa dalam darahnya naik dan tidak terkontrol. Akibat tingginya kadar gula, tubuh akan menghasilkan banyak urine dengan tujuan untuk membuang glukosa. Karena terlalu sering buang air kecil, maka tubuh berisiko mengalami dehidrasi. Penyakit lain yang menyebabkan dehidrasi adalah gagal ginjal, jantung, kecanduan alkohol, anoreksia, dan luka bakar. Diare atau muntah yang cukup parah juga bisa menyebabkan hilangnya cairan tubuh dalam jumlah yang cukup banyak.

  • Berolah raga di tempat yang panas dan lembap

Saat udara panas dan lembap, risiko dehidrasi dan sakit meningkat. Saat udara lembap, keringat bisa menguap dan mendinginkan tubuh Anda seperti keadaan normal. Namun, kondisi ini akan meningkatkan suhu tubuh dan Anda butuh lebih banyak cairan. Jadi,  berolah raga di tempat yang panas dan lembap justru meningkatkan potensi seseorang mengalami dehidrasi.

  • Beraktivitas di daratan tinggi

Orang yang tinggal, bekerja, atau berolah raga di daratan tinggi juga  berpotensi mendapatkan beberapa masalah kesehatan. Salah satunya adalah dehidrasi. Dehidrasi tejadi ketika tubuh berusaha beradaptasi dengan ketinggian dengan cara lebih banyak buang air kecil dan bernafas cepat.

  • Mengonsumsi minuman keras secara berlebihan

Alkohol bersifat diuretik. Artinya, minuman ini menjadikan Anda lebih sering buang air kecil. Jadi, dehidrasi bisa terjadi jika Anda terlalu banyak mengonsumsi minuman keras. Salah satu gejalanya dalam hal ini adalah pusing.

  • Terlalu lama di ruangan ber-AC

Ruangan ber-AC memang menyejukkan dan membuat kondisi ruangan tidak pengap. Namun, jika terlalu lama berada di ruangan yang Ber-AC, Anda bisa kedinginan. Kondisi ini bisa membuat kulit Anda lama-kelamaan menjadi kering dan juga cepat mudah haus sehingga timbul potensi dehidrasi. (SBA)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY