Kehamilan Trimester Ketiga

SehatFresh.com – Kehamilan saat trimester terakhir (dimulai sejak awal usia kehamilan 7 bulan) kadang dirasakan berat pada ibu hamil karena pertumbuhan janin yang pesat. Yuk kita bahas pertumbuhan janin sejak bulan ketujuh hingga lahir.

Pada akhir bulan ke tujuh, jaringan lemak mulai disimpan pada janin Anda. Panjang janin Anda sekitar 34 Cm dan beratnya sekitar 900 – 1800 gram. Pendengaran janin Anda sudah terbentuk secara sempurna. Janin Anda lebih sering mengubah posisinya dan memberikan respon terhadap rangsangan, rasa sakit, cahaya dan suara. Jika terjadi kelahiran prematur, mungkin janin Anda bisa bertahan hidup jika usia kehamilan paling minimal 7 bulan, jika kurang dari itu, kecil kemungkinan untuk bisa bertahan hidup kecuali disarana kesehatan tersier.

Pada bulan ke delapan, janin Anda mempunyai panjang sekitar 48 Cm dan berat sekitar 2.200 gram. Pertumbuhan lemak akan terus dilakukan sehingga menjadi sempurna. Pada masa ini, janin Anda akan lebih sering menendang. Otak janin dalam proses pertumbuhan yang cukup pesat, janin bisa mendengar dan melihat. Sistem dalam tubuh telah dibangun secara baik dan mendekati sempurna, tetapi paru-paru masih belum dalam keadaan sempurna.

Bulan ke sembilan adalah saat-saat paling mendebarkan di mana Anda akan segera menerima kelahiran buah hati ini ke dunia. Pada bulan terakhir ini, janin berlanjut tumbuh secara sempurna. Paru-paru janin Anda telah terbentuk dan tumbuh mendekati sempurna. Sistem refleks janin juga telah terbentuk dan dikoordinasikan sehingga janin bisa menutup mata, berkedip, memutar kepala, menggenggam cukup kuat, merespon cahaya, merespon suara dan merasakan sentuhan. Posisi janin berubah dan bersiap dengan posisi untuk kelahiran. Posisi janin berada pada panggul dan kepalanya menempel pada saluran yang sering disebut jalan lahir. Ketika saat kehamilan sudah mencapai waktu yang sempurna (40 minggu), ukuran janin Anda sekitar 46 – 51 cm dengan berat sekitar 3.200 gram.

Proses tersebut berjalan seiring waktu kehamilan pada trimester ketiga (3 bulan terakhir) masa kehamilan. Selain menyiapkan kondisi fisik dan kesehatan sebelum kelahiran, Anda juga harus mempersiapkan mental Anda. Perbanyaklah berdoa supaya Anda diberi kekuatan, kesehatan dan rasa tenang untuk menghadapi kelahiran. Semua orang tua menanti dengan harap-harap cemas kelahiran buah hati mereka. Setiap orang tua ingin mendengar tangisan pertama dari janin mereka. Konsultasikan dengan dokter kandungan Anda jika telah terasa kontraksi, siapa tahu Anda telah siap untuk melahirkan.

Sumber gambar : gigisusu.net

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY