Kelainan Bawaan Pada Penis Anak

SehatFresh.com – Kelainan bawaan genital pada anak laki-laki merupakan kasus yang cukup terjadi. Mulai dari ukuran penis kecil atau mikropenis, penis yang tidak muncul, lubang kencing tidak normal, hingga buah zakar yang tidak turun. Sayangnya, kelainan ini kerapkali tidak disadari oleh para orang tua sehingga terlambat ditangani secara medis. Padahal, bila dideteksi sejak dini, masalah kelainan genital ini dapat diatasi. Ada beragam kelainan bawaan pada penis anak, yaitu :

  • Mikropenis (ukuran penis kecil)

Secara umum, mikropenis merujuk pada ukuran panjang penis kurang dari 2 cm pada anak yang baru lahir dengan cukup bulan, tanpa disertai kelainan struktural penis lain. Standar pengukuran penis mengacu pada Strecthed Penile Length (SPL). Penyebab kelainan ini berkaitan dengan faktor hormonal sejak masih dalam kandungan. Gangguan hormonal akan menghambat kerja androgen, khususnya testoteron dan dihidrotestoteron.

  • Inconspicuous

Inconspicuous penis merupakan kelainan di mana penis tampak kecil karena penis tidak muncul. Pada kasus ukuran penis yang terlihat kecil, ada beberapa jenis kelainan seperti buried penis, concealed penis, webbed penis, trapped penis dan congenital megaprepuce. Inconspicuous berbeda dengan mikro penis. Penis menjadi terlihat kecil karena adanya kelainan pada jaringan ikat dan lapisan lemak di bagian bawah perut akibat obesitas atau anak kegemukan sehingga penis terlihat kecil.

  • Hipospadia

Hipospadia adalah kelainan bawaan lahir di mana lubang kencing tidak berada pada ujung kepala penis melainkan berada di bagian bawah dengan posisi yang sangat bervariasi. Letak lubang kencing bisa di bawah kepala penis (tipe glanular), leher kepala penis (koronal), pada batang penis (penil), perbatasan pangkal penis, dan kantung kemaluan (penoskrotal). Anak dengan kelainan ini biasanya memiliki bentuk batang penis yang cenderung melengkung. Di sekitar lubang kencing, biasanya terbentuk jaringan ikat yang bersifat menarik dan mengerutkan kulit sekitarnya.

  • Undescended testis

Undescended testis adalah kondisi di mana testis tidak turun pada posisi yang seharusnya, sebelum anak dilahirkan. Testis terbentuk dalam kandungan pada minggu terakhir menjelang kelahiran. Kelainan genital ini lebih berisiko terjadi pada bayi laki-laki yang lahir prematur. Bayi yang lahir premature biasanya mengalami gangguan pada fungsi organnya tidak terkecuali juga pada testis.

Untuk jangka waktu panjang, kelainan penis pada anak yang tidak ditangani bisa mengakibatkan dampak buruk, seperti infertilitas, tumor, dan kanker. Maka dari itu, orangtua perlu cermat dan tanggap mengenai hal ini. Penyebab kelainan bisa bervariasi. Dikhawatirkan bila anak sudah terlanjur besar, anak mengalami goncangan psikis karena bentuk organnya berbeda dari penis normal kebanyakan yang akhirnya berujung pada rasa tidak percaya diri di sosial lingkungan, di samping dampak fisiknya.

Sumber gambar : gigisusu.net

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY