Kelebihan dan Kekurangan Baby Led Weaning

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Menentukan jenis metode MPASI untuk bayi merupakan salah satu tugas bunda. Setiap metode memiliki kekurangan dan kelebihannya masing-masing, Seperti halnya metode MPASI BLW (baby led weaning).

Apa kelebihan baby led weaning?

  1. Mendorong anak untuk mengembangkan pola makan yang sehat.

Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh Amy Brown dari Swansea University di Wales menyatakan bahwa dalam metode baby led weaning anak dapat menentukan kapan dia sudah kenyang bukan orangtua yang mengharuskan anak menghabiskan semua makanannya.

  1. Mudah bersosialisasi dengan anggota keluarga

Menerut pendapat Gill Rapley mengatakan bahwa metode ini berfungsi sebagai alternatif anak lebih dekat dengan keluarga dan dapat melatih anak untuk belajar bersosialisasi dengan keluarga. Karena pelaksanaan metode ini membiasakan anak makan bersama seluruh anggota keluarga.

  1. Melatih motorik halus anak

Menurut pernyataan dr Ratih Ayu Wulandari yaitu metode ini berfungsi untuk merangsang otot-otot kecil di tangan anak menjadi lebih terasah. Selain itu, metode ini dapat melatih kemampuan seorang anak untuk mengontrol gerakan tangan yang dibantu oleh penglihatan sehingga metode ini berfungsi juga untuk melatih kemampuan visual anak.

  1. Bayi bisa lebih cepat menguasi bagaimana tehnik mengunyah.
  2. Bayi lebih mandiri karena makan dan menyuap sendiri makanannya.
  3. Bunda tidak merasa repot kembali harus membuat makanan dan menyuapin makanan untuk si kecil.
  4. Si kecil dapat menerima berbagai jenis tekstur makanan.
  5. Bayi dapat memilih jenis makanannya sendiri sesuai yang telah disediakan.
  6. Makanan padat atau utuh dalam metode ini berfungsi untuk melatih dan mendukung pertumbuhan gigi si kecil.
  7. Mengurangi gangguan bicara pada anak

Apa kekurangan baby led weaning?

  1. Bayi dikhawatirkan tersendak

Dalam metode baby led weaning ini menggunakan jenis makanan dengan tekstur atau ukuran makanan yang besar atau kasar sehingga si kecil lebih beresiko tersendak karena bayi belum cocok mengkonsumsi jenis makanan yang berukuran besar atau kasar. Sehingga untuk menghindari resiko tersebut sebaiknya bunda memotong sayuran atau buah-buahan dalam ukuran kecil dan tidak begitu besar.

  1. Khawatir gizi yang diterima bayi tidak maksimal

Metode ini menerapkan dimana bayi dapat menentukan sendiri kapan waktunya berhenti makan, sehingga hal ini dapat membuat bunda khawatir akan asupan gizi yang di dapatkan oleh bayi tidak cukup. Untuk itu tugas bunda disini membuat trik atau cara agar bayi lebih tertarik dengan makanan yang disediakan. Seperti halnya di buat dengan bentuk yang menarik.

  1. Waktu makan lebih lama

Dalam baby led weaning si kecil membutuhkan waktu untuk mengenal tekstur jenis makanannya sehingga dalam metode ini bayi akan makan dalam waktu yang lebih lama dibandingkan dengan metode konvensional.

  1. Banyak makanan yang terbuang dengan percuma.
  2. Bunda harus mengawasi anak lebih intens agar bayi tidak tersendak.
  3. Bunda tidak tahu asupan gizi yang telah masuk pada si kecil.
  4. Bayi akan lebih kotor dan banyak makanan yang berceceran di lantai sehingga bunda harus lebih rajin untuk membersihkannya. (KMY)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here