Kelebihan Rambut Wajah pada Wanita

Definisi
Hirsutisme adalah pola pertumbuhan rambut laki-laki yang terjadi pada wanita. Kondisi ini tentunya tidak dinginkan oleh para wanita. Hirsutisme berakibat pada berlebihnya jumlah yang stiffdan rambut berpigmen pada daerah tubuh yang biasanya hanya tumbuh pada laki-laki – wajah, dada dan punggung.
Jumlah rambut tubuh yang dimiliki seseorang sangat ditentukan oleh faktor genetik. Hirsutisme mungkin timbul karena kelebihan hormon pria yang disebut androgen, terutama testosteron. Hirsutisme kemungkinan juga dipicu olehsifat keluarga.
Kombinasi perawatan diri dan terapi medis bisa memberikan pengobatan yang efektif gabi banyak wanita dengan kondisi hirsutisme.

Gejala
Hirsutisme adalah stiff dan rambut tubuh berpigmen, muncul di area tubuh yang seharusnya tidak tumbuh pada wanita – terutama wajah, dada dan punggung.
Ketika kadar androgen terlalu tinggi merupakan penyebab hirsutisme, tanda-tanda lain dapat muncul dan berkembang waktu ke waktu, proses ini disebut virilisasi. Tanda-tanda virilisasi dapat mencakup:

  • Pendalaman suara
  • Botak
  • Jerawat
  • Penurunan ukuran payudara
  • Pembesaran klitoris

Penyebab
Pada masa pubertas, ovarium seorang gadis mulai menghasilkan campuran hormon seks perempuan dan laki-laki. Hal ini menyebabkan rambut tumbuh di ketiak dan daerah kemaluan. Hirsutisme dapat terjadi jika campuran hormon menjadi tidak seimbang dengan proporsi hormon seks pria (androgen) yang terlalu tinggi.

Hirsutisme dapat disebabkan oleh:

  • Sindrom ovarium polikistik. Kondisi umum ini disebabkan oleh ketidakseimbangan hormon seks yang dapat mengakibatkan menstruasi yang tidak teratur, obesitas, infertilitas dan kadang-kadang mengakibatkan berkembangnya beberapa kista di dalam ovarium.
  • Sindrom Cushing. Sindrom Cushing terjadi ketika tubuh terekspos hormon kortisoldalam kadar yang tinggi. Hal ini dapat berkembang ketika kelenjar adrenal menghasilkan terlalu banyak kortisol, atau dapat terjadi karena seseorang mengambil obat seperti prednisone dalam jangka waktu yang panjang.
  • Hiperplasia adrenal kongenital. Kondisi warisan ini ditandai dengan produksi hormon steroid yang tidak normal, termasuk kortisol dan androgen, oleh kelenjar adrenal tubuh.
  • Tumor. Terkadang, tumor mensekresi androgen di ovarium atau kelenjar adrenal dapat menyebabkan hirsutisme.
  • Obat. Beberapa obat dapat menyebabkan hirsutisme. Salah satu obat tersebut adalah danazol, yang digunakan untuk mengobati wanita yang menderita endometriosis.

Kadang-kadang, hirsutisme dapat terjadi tanpa sebab yang jelas. Hal ini lebih sering terjadi pada populasi tertentu, seperti wanita dari keturunan Mediterania, Timur Tengah dan Asia Selatan.

Faktor Risiko
Beberapa faktor dapat memengaruhi kemungkinan seseorang terkena hirsutisme. Hal ini termasuk:

  • Riwayat keluarga. Beberapa kondisi yang menyebabkan hirsutisme, termasuk hiperplasia adrenal kongenital dan sindrom ovarium polikistik, yang diketahui dapat diwariskan dalam keluarga.
  • Keturunan. Perempuan dari keturunan Mediterania, Timur Tengah dan Asia Selatan lebih mungkin untuk mengembangkan hirsutisme tanpa penyebab yang jelas dibandingkan dengan wanita dari keturunan lainnya.

Komplikasi
Hirsutisme terkadang bisa membuat seseorang merasa begitu stres dan sedih. Beberapa wanita yang menderita kelainan ini merasa seringkali merasa rendah diri karena memiliki rambut tubuh di area yang tidak diinginkan. Selain itu, meskipun hirsutisme tidak menyebabkan komplikasi fisik, namun penyebab mendasar dari ketidakseimbangan hormon yang memicu kondisi ini bisa menimbulkan komplikasi di kemudian hari.
Jika Anda memiliki hirsutisme dan menstruasi yang tidak teratur, Anda kemungkinan memiliki kondisi yang disebut sindrom ovarium polikistik, yang dapat menghambat kesuburan. Wanita yang minum obat tertentu untuk mengobati hirsutisme harus menghindari kehamilan karena risiko cacat lahir yang cukup tinggi.

Persiapan Sebelum ke Dokter
Anda bisa memulai penanganan dengan menemui dokter keluarga Anda. Dokter mungkin akan merujuk Anda ke dokter yang khusus menanganigangguan hormon (endokrinologi) atau masalah kulit (dokter spesialis kulit).

Apa yang dapat Anda lakukan
Ketika Anda membuat janji untuk konsultasi, tanyakan apakah Anda harus menghindari mencabut rambut tubuh yang tidak diinginkan tadi, sehingga dokter dapat mengevaluasi kondisi Anda dengan lebih baik. Selain itu, persiapkan juga beberapa hal berikut:

  • Tuliskan informasi pribadi kunci Anda. Beri tahu dokter jika kondisi ini telah mengakibatkan perubahan dalam siklus menstruasi Anda atau jika gairah seks Anda terasa meningkat belakangan ini.
  • Daftar semua obat dan suplemen yang Anda ambil. Sertakan nama spesifik dari obat yang Anda ambil dan beserta dosisnya dan berapa lama Anda telah mengonsumsi obat tersebut.
  • Mintalahsalah seorang anggota keluarga atau teman untuk menemani Anda saat konsultasi. Kadang-kadang bisa sulit untuk mengingat semua informasi yang diberikan okter selama konsultasi. Seseorang yang menemani Anda bisa membantu Anda mengingat apa yang ditanyakan atau apa yang diberi tahu dokter.
  • Tuliskan pertanyaan yang ingin Anda tanyakan. Anda mungkin ingin bertanya tentang tes diagnostik potensial atau perawatan khusus yang mungkin disarankan dokter.

Apa yang bisa Anda harapkan dari dokter
Dokter akan mengajukan sejumlah pertanyaan untuk kepentingan diagnosis, seperti:

  • Kapan Anda mulai mengalami gejala?
  • Apakah siklus menstruasi Anda berubah, atau Anda berhenti mengalami menstruasi?
  • Apakah berat badan Anda meningkat?
  • Apakah jerawat baru muncul di tubuh Anda?
  • Apakah ukuran payudara Anda berubah?
  • Apakah orang lain pernah berkomentar mengenai suara Anda yang terdengar berubah?
  • Apakah Anda berencana untuk hamil segera?

Tes dan Diagnosis
Tes yang mengukur jumlah hormon tertentu dalam darah, termasuk testosteron, dapat membantu menentukan apakah hirsutisme disebabkan oleh kadar androgen tinggi. Jika kadar androgen dalam darah Anda tinggi, dokter dapat merekomendasikan USG atau CT scan untuk memeriksa ovarium dan kelenjar adrenal untuk mendeteksi adanya tumor atau kista.

Perawatan dan Obat-obatan
Pengobatan untuk hirsutisme biasanyaditempuh dengan menggunakan kombinasi metode perawatan diri, terapi penghilang rambut dan obat-obatan.

Obat
Obat yang diambil untuk hirsutisme biasanya memakan waktu beberapa bulan hingga akhirnya perbedaan yang signifikan dalam pertumbuhan rambut terlihat. Pengobatan mungkin termasuk:

  • Kontrasepsi oral. Pil KB atau kontrasepsi hormonal lainnya, yang mengandung hormon estrogen dan progestin, mengobati hirsutisme dengan menghambat produksi androgen oleh ovarium. Kontrasepsi oral adalah pengobatan umum untuk hirsutisme pada wanita yang tidak ingin hamil. Kemungkinan efek samping yang ditimbulkan antara lain: pusing, mual, sakit kepala dan sakit perut.
  • Anti-androgen. Obat ini menghambat agar androgen tidak melekat pada reseptor dalam tubuh. Anti-androgen yang paling umum digunakan untuk mengobati hirsutisme adalah spironolactone (aldactone). Karena obat-obatan ini dapat menyebabkan cacat lahir, Anda disarankan untuk secara teratur menggunakan kontrasepsi saat mengambil obat ini.
  • Krim topikal. Eflornithine (Vaniqa) adalah krim resep khusus untuk rambut wajah yang berlebihan pada wanita. Krim ini diterapkan secara langsung ke daerah wajah yang terpengaruh dan membantu memperlambat pertumbuhan rambut baru, tetapi tidak dapat menghilangkan rambut yang ada.

Prosedur Medis
Untuk menghilangkan rambut yang tidak diinginkan secara permanen, pilihan prosedur yang bisa Anda coba antara lain:

  • Elektrolisis. Perawatan ini dilakukan dengan memasukkan jarum kecil ke dalam setiap folikel rambut. Jarum memancarkan pulsa arus listrik untuk merusak dan kemudian menghancurkan folikel. Elektrolisis merupakan prosedur hair-removal yang efektif, tetapi bisa terasa menyakitkan. Krim yang bisa menimbulkan efek mati rasa krim biasanya akan dioleskan ke permukaan kulit Anda sebelum pengobatan untuk mengurangi ketidaknyamanan dan rasa sakit yang ditimbulkan.
  • Terapi laser. Dalam prosedur ini, cahaya yang sangat terkonsentrasi (laser) akan diarahkan ke kulit untuk merusak folikel rambut dan mencegah rambut tumbuh. Prosedur ini akan mengakibatkankulit memerah dan bengkak setelahnya untuk menghilangkan rambut. Terapi laser untuk hair-removal juga memiliki risiko luka bakar dan perubahan warna kulit. Perawatan laser ini juga tergolong mahal.

Gaya Hidup dan Pengobatan Rumah
Metode perawatan diri untuk menghilangkan rambut tubuh yang tidak diinginkan termasuk:

  • Mencabut. Menggunakan pinset adalah metode yang bagus untuk menghilangkan beberapa rambut tubuh yang tidak diinginkan, tapi metode ini tidak cukup membantumenghilangkan rambut untuk area yang luas.
  • Mencukur. Mencukur adalah cara yang cepat dan murah, tetapi perlu diulang secara teratur karena mencukur hanya menghilangkan rambut hanya di permukaan kulit.
  • Waxing. Waxingdilakukan dengan menerapkan lilin hangat pada area kulit di manarambut yang tidak diinginkan tumbuh.Setelah lilin mengeras, lilin ini ditarik kembali dari kulit dengan arah berlawanan dengan pertumbuhan rambut, sehingga rambut pun dapat terangkat. Waxingbisa menghilangkan rambut pada area kulit yang luas dengan cepat, tapi kemungkinan dapat menimbulkan efek perih untuk sementara waktu dan kadang-kadang menyebabkan iritasi kulit dan kemerahan.
  • Obat perontok kimia. Umumnya obat ini tersedia dalam bentuk gel, lotion atau krim yang dioleskan secara merata pada kulit, obat perontok kimia bekerja dengan memecah struktur protein dari batang rambut. Beberapa orang alergi terhadap bahan kimia yang digunakan dalam obat perontok.

Pemutihan
Alih-alih menghilangkan rambut tubuh yang tidak diinginkan, beberapa wanita menggunakan bleaching. Bleaching menghilangkan warna rambut, membuat rambut lebih terlihat. Pemutihan dapat menyebabkan iritasi kulit, jadi jika Anda memilih untuk melakukan bleaching, lakukanlah pada area kecil terlebih dahulu.

Pencegahan
Hirsutisme umumnya tidak dapat dicegah. Tapi jika Anda memiliki sindrom ovarium polikistik, mengendalikan obesitas dapat membantu mengurangi hirsutisme