Kelelahan Ekstrim Pada Anak

SehatFresh.com – Anak-anak bisa mengalami kelelahan dari waktu ke waktu, terutama selama tahun-tahun perkembangan ketika mereka mengalami ledakan pertumbuhan. Umumnya, tidur siang dan istirahat malam yang cukup akan membantu mengatasi kelelahan. Namun, jika anak menujukkan kebutuhan tidur yang besar bahkan setelah istirahat yang cukup, ini bisa menjadi tanda masalah yang mengarah ke kelelahan ekstrim (chronic fatigue syndrome, CFS) dan ada masalah medis yang mendasarinya.

Ada beberapa hal yang dapat menyebabkan kelelahan ekstrim pada anak-anak. Ini meliputi depresi, penyakit jantung atau ginjal, alergi, anemia, kebiasaan makan yang tidak sehat, gaya hidup, kurang tidur, infeksi virus dan beberapa jenis gangguan kekebalan. Karena banyaknya kondisi medis yang terkait, diagnosis kelelahan ektrim pada anak bisa menjadi sulit.

Secara sederhana, kelelahan terjadi ketika tubuh membutuhkan istirahat dan tidur. Menguap, ingin merilekskan tubuh dan mengantuk merupakan tanda-tandanya yang paling umum. MedlinePlus menyatakan bahwa gejala umum yang mengindikasikan kelelahan ekstrim atau kronis mencakup sakit tenggorokan, nyeri sendi, masalah memori, lesu, nyeri otot dan terkadang pembesaran kelenjar getah bening di leher. Jika kelelahan anak menunjukkan gejala kelelahan ekstrim selama 6 bulan atau lebih lalu, kemungkinan besar ia dapat didiagnosis dengan CFS.

Ketika kelelahan mulai mengganggu gaya hidup, pendidikan dan kualitas hidup anak, maka penting untuk mengidentifikasi penyebab mengapa ia sangat lelah. Dalam kasus yang jarang terjadi, kelelahan ekstrim yang dikombinasikan dengan gejala lain seperti penurunan berat badan, kurang nafsu makan, mimisan, visi yang abnormal, benjolan dan sakit kepala dapat mengarah pada beberapa jenis kanker pada anak, salah satunya leukemia.

Pengobatan untuk kelelahan ekstrim pada anak bisa menjdi sedikit membingungkan kecuali anak memang telah didiagnosis dengan kondisi medis tertentu. Dokter biasanya akan meresepkan dan menyarankan pengobatan terbaik dengan mengobati penyakit mendasar untuk membantu menghilangkan gejala kelelahan. Beristirahat dan memastikan anak mendapat banyak beristirahat setiap harinya merupakan bagian penting dari pengobatan.

Membuat anak berpartisipasi lagi dalam olahraga atau kegiatan sehari-hari tanpa lelah yang berarti adalah hasil yang diinginkan setelah pengobatan. Penting juga untuk menerapkan diet seimbang yang kaya akan biji-bijian dan protein sambil menghindari kelebihan gula dan makanan olahan akan membantu menangkal kelelahan ekstrim. Selain itu, menghangatkan diri di bawah sinar matahari pagi dan berolahraga secara teratur juga akan membantu menjaga jantung anak tetap sehat dan memberinya energi yang memadai untuk menjalani hari.

Sumber gambar : www.sehatfresh.com

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY