Kelompok Makanan Yang Dapat Merusak Ginjal

SehatFresh.com – Ginjal mengandung sel-sel khusus, yang disebut glomeruli. Sel tersebut pembuluh darah kecil, yang disebut kapiler. Glomeruli bertindak sebagai filter kecil untuk mengeluarkan racun dari darah dalam kapiler yang kemudian dikeluarkan melalui urin sekaligus mempertahankan nutrisi penting dalam aliran darah.

Makanan yang Anda makan akan berdampak pada sejumlah jaringan dalam tubuh termasuk ginjal. Terlalu banyak mengonsumsi makanan yang tidak sehat dapat meningkatkan beban kerja ginjal dan akhirnya merusak struktur dalam ginjal dari waktu ke waktu. Ini pada gilirannya membuat ginjal tidak dapat berfungsi dengan baik.

  • Makanan tinggi natrium

Makanan natrium tinggi dapat merusak ginjal. Natrium bertindak sebagai pengawet untuk banyak produk makanan olahan serta bertindak sebagai penambah rasa. Ginjal menyeimbangkan jumlah natrium yang disimpan dalam tubuh. Namun, jika ginjal tidak dapat menghilangkan cukup natrium, natrium menjadi terakumulasi dalam darah. Karena natrium menarik dan menahan air, volume darah meningkat dan akhirnya menyebabkan tekanan darah tinggi. Seiring waktu, tekanan darah tinggi secara konsisten dapat merusak pembuluh darah di sekitar glomeruli pada ginjal. Akibatnya, fungsi ginjal menjadi menurun dan menyebabkan penyakit ginjal. Untuk menurunkan kadar natrium dalam pola makan harian, kurangi bahkan hindari konsumsi makanan olahan pabrik dan makanan cepat saji.

  • Makanan tinggi gula

Makan makanan tinggi gula juga dapat merusak ginjal dari waktu ke waktu. Setelah mengonsumsi makanan manis, tubuh memecah dan menyerap karbohidrat dari makanan sehingga meningkatkan kadar glukosa dalam aliran darah. Jika Anda makan makanan manis secara teratur atau dalam jumlah besar, peningkatan gula darah dapat menyebabkan peningkatan tekanan darah, yang dapat merusak ginjal. Konsumsi makanan manis berlebihan juga meningkatkan risiko diabetes, yang akhirnya meningkatkan risiko penyakit ginjal diabetik.

  • Makanan tinggi oksalat

Terlalu banyak mengonsumsi makanan tinggi oksalat diduga kuat memainkan peran dalam pembentukan batu ginjal. Batu ginjal berkembang dari mineral yang ditemukan dalam aliran darah yang mulai mengkristal dalam tubulus ginjal hingga akhirnya membentuk batu. Tingginya kadar oksalat dapat memicu pembentukan beberapa jenis batu ginjal seperti batu kalsium oksalat. Jika Anda sebelumnya memiliki riwayat batu ginjal, menghindari makanan kaya oksalat termasuk stroberi, ubi jalar, bayam, labu bit, daun bawang, teh, kopi, kacang-kacangan dan tahu untuk mencegah kekambuhan.

Sumber gambar : novenrique.blogspot.com

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY