Keluhan Kanker Getah Bening yang Terabaikan

Menanggapi pertanyaan Sahabat Sehat, terkait dengan meninggalnya salah satu komedian Indonesia karena kanker getah bening. Bagaimana gejala kanker getang bening tersebut? Berikut jawabannya:

Kelenjar getah bening memainkan peran penting dalam kemampuan tubuh untuk melawan virus, bakteri, dan penyebab lain dari penyakit. Kelenjar getah bening adalah gumpalan jaringan, kira-kira seukuran kacang dan merupakan ‘rumah’ bagi banyak sel darah putih. Kelenjar ini terdapat di seluruh tubuh dan merupakan bagian penting dari sistem kekebalan tubuh manusia. Kelenjar getah bening ini biasanya terdapat pada dada, bawah ketiak, leher, dan pangkal paha.

Sayangnya, penyakit ini terkadang terdeteksi setelah mengalami penderita mengalami stadium 3 sampai 4. Oleh sebab itu, diperlukan pengetahuan tentang gejala kanker kelenjar getah bening.

Penyakit kanker kelenjar getah bening atau yang biasa disebut dengan kanker limfoma di dunia medis merupakan kanker yang terjadi pada jaringan limfoid dan menyerang sistem limfatik.

Menurut dr.Prima Progestian gejala kanker kelenjar getah bening yang sering muncul adalah adanya suatu benjolan (tumor) namun tidak terasa nyeri yang signifikan atau juga mengalami pembesaran dalam ukuran benjolannya.

Selain adanya benjolan, penderita juga menyampaikan keluhan sebagai berikut:

  • Pilek, sakit tenggorokan, demam, dan indikasi lain dari infeksi pernapasan atas.
  • Rasa capek yang sangat tinggi, tidak seperti orang sehat lainnya.
  • Rasa letih berlangsung lama
  • Sistem pernapasan mengalami penyempitan pada paru-paru sehingga menyebabkan batuk dan dada terasa sesak
  • Demam
  • Berkeringat di malam hari
  • Demam yang cukup tinggi tanpa ada penyebab pasti
  • Sering mengalami keringat dingin pada malam hari
  • Nafsu makan berkurang

Di fase awal, penderita mungkin tidak begitu merasakan keluhan di atas, namun lama kelamaan akan muncul gejala yang lebih akut, terutama ketika penyakit sudah mencapai stadium 4.

Pengenalan gejala kanker getah bening  sedini mungkin  membantu Anda mengurangi tingkat risiko meningkatnya stadium penyakit. Lakukan pencegahan sebelum Anda terkena penyakit kanker ganas ini. Salah satunya dengan meningkatkan daya tahan tubuh Anda.

Sumber Gambar : obatsakit2011.blogspot.com

 

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY