Keluhan Menggunakan KB Spiral

Kasus :

“Dok saya menggunakan KB yang delapan tahun, saya sudah dua tahun menggunakan KB tersebut, tanggal 13 februari tahun kedua. Nah, pas bulan maret saya tidak mengalami haid, sebelumnya saya melakukan hubungan dan bulan skrg saya belum juga haid tapi perut mules kaya yang mau haid tapi tidak juga. Apakah saya hamil? atau terpengaruh dari KBan dok? Makasih”

Jawaban :

“Ibu Tina (sahabat sehat) yang baik..

Dari pertayaan ibu tina yang ada, Sepertinya ibu tina menggunakan KB/AUD. KB yang ibu pakai ada dua jenis, yaitu yang masa kerjanya lima dan delapan tahun, sedangkan menurut pertanyaan ibu, ibu memakai KB  yang masa kerjanya delapan tahun.

KB spiral merupakan jenis kontrasepsi di mana dalam satu kali pemakaian, jangka perlindungannya bisa lima hingga delapan tahun. Selain itu, KB spiral memiliki tingkat keberhasilan hingga 97%. Namun hal yang perlu diperhatikan dari pemakaian alat kontrasepsi ini ialah akseptor harus mematuhi jadwal kontrol yang telah ditentukan, yaitu satu minggu setelah pemasangan, lalu sebulan sekali, tiga bulan sekali, serta enam bulan sekali.

Caranya yaitu pergi ke dokter kandungan untuk melakukan USG. Apabila  itu posisinya baik maka ibu tidak usah khawatir dengan kemungkinan kebobolan, kemungkinan kebobolan itu ada tapi kecil sekali kurang dari 1% dari penggunaan .

Pada kasus ibu terdapat keterlambatan haid, sebaiknya ibu memeriksakan tes kehamilan untuk mengetahui bahwa ibu pada kondisi hamil atau tidak, namun keterlambatan haid itu perlu dicek ke dokter kandungan. Apakah mengalami masalah gangguan hormonal? Sedangkan KB  sendiri tidak berkaitan dengan gangguan haid. Jadi, kemungkinan keterlambatan haid bukan disebabkan KB , namun karena gangguan hormonal.” Ulasan dari dr. Prima Progrestia SpOG

Jenis KB ini sendiri ada dua, yaitu KB spiral berlapis tembaga dan yang mengandung hormon:

  1. KB spiral berlapis tembaga

KB ini mengandung tembaga dan tidak mengandung hormon. Efektifitas KB ini dapat mencegah kehamilan hingga 10 tahun sejak pemasangan pada hari pertama. Cara kerja KB ini mencegah pembuahan pada sel telur, yaitu dengan melepaskan unsur tembaga secara perlahan.

  1. KB spiral mengandung hormon

KB ini dilapisi oleh hormon progestin. Sekali pasang, alat ini bisa mencegah kehamilan tiga hingga lima tahun tergantung merek. Dari lamanya ketahanan, KB spiral hormon tidak bertahan selama KB spiral tembaga.

Sisi Negatif KB Spiral

Di balik keunggulannya, KB spiral juga memiliki beberapa kekurangan. Salah satunya ialah biaya pemasangan KB spiral yang mahal. Selain itu, jika Anda ingin berhenti menggunakannya, hanya dokter yang bisa mencopotnya.

KB ini juga tidak dilengkapi dengan alat pelindung yang bisa mencegah Anda terkena penyakit menular seksual. Oleh karena itu, penggunaan KB ini disarankan bagi Anda yang memiliki satu pasangan seksual saja dan pasangan Anda itu juga hanya memiliki satu pasangan seksual, yaitu Anda.

Jika Anda memilih KB spiral hormon, kemungkinan Anda bisa terkena kista ovarium. KB spiral hormon juga berpotensi menyebabkan efek samping yang bisa mengganggu, seperti jerawat, sakit kepala, perubahan mood, dan nyeri payudara. Anda tidak perlu khawatir karena efek samping tersebut biasanya hilang setelah beberapa bulan pemakaian.

Sumber gambar : blogspot

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY