Kembalikan Cairan Tubuh dengan Asupan Berikut

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Kekurangan cairan berpotensi dialami oleh orang yang menjalankan ibadah puasa. Dampak kekurangan cairan tak bisa dianggap sepele. Bila ini terjadi pada Anda, jangan dibiarkan berlarut. Segera kembalikan cairan tubuh Anda.

Mempertahankan kadar cairan di dalam tubuh (hidrasi) merupakan hal wajib bagi semua orang. Cairan yang cukup sangat baik bagi kesehatan dalam jangka waktu panjang. Namun, dalam kondisi tertentu, bisa saja potensi dehidrasi terjadi.

Salah satu cara sederhana untuk mengetahui seseorang mengalami dehidrasi ialah dengan melakukan tes urine. Ketika urine berwarna bening atau kuning, kemungkinan tubuh sudah mendapatkan cukup air. Sementara itu, jika urine berwarna gelap atau kuning pekat, maka tingkatkanlah jumlah asupan cairan sehat untuk tubuh.

Nah, untuk mengembalikan atau meningkatkan kadar cairan tubuh, maka konsumsilah beberapa asupan berikut ini:

  • Air kelapa

Air kelapa merupakan salah satu minuman alami. Air kelapa mirip dengan cairan tubuh sehingga dapat dengan cepat membantu mengatasi dehidrasi dengan menggantikan cairan tubuh yang hilang. Selain itu, air kelapa, terutama kelapa hijau, juga sangat baik diminum untuk mencegah dehidrasi saat kita hendak melakukan aktivitas fisik yang menguras tenaga.

  • Semangka

Ini adalah buah dengan kandungan air yang banyak di dalamnya. Kandungan air pada semangka bisa mencapai 92%. Tak heran, semangka dikenal sejak lama memiliki khasiat mengembalikan cairan tubuh yang hilang dengan cepat. Selain kandungan airnya yang tinggi, semangka juga diperkaya dengan vitamin dan mineral yang kedua nutirisi tersebut sangat dibutuhkan saat seseorang mengalami dehidrasi.

  • Blewah

Buah yang satu ini cukup populer di bulan puasa. Blewah memang sering dicari oleh orang yang sedang berpuasa untuk dijadikan menu berbuka karena sangat menyegarkan dan mampu dengan cepat mengatasi dehidrasi. Tak hanya itu, blewah juga baik bagi penderita asam urat karena memiliki kandungan air yang cukup tinggi sehingga akan membantu pengeluaran asam urat dari dalam tubuh.

  • Jeruk

Jeruk dikenal dengan kandungan vitamin C yang tinggi. Di samping itu, buah ini menjadi pilihan yang sangat baik untuk mengatasi dehidrasi karena mengandung vitamin-vitamin lainnya dan mineral yang cukup banyak.

  • Stroberi

Stroberi adalah buah dengan kandungan vitamin C sangat tinggi. Bahkan, kandungan vitamin C di dalamnya lebih tinggi daripada buah jeruk.

  • Pepaya

Pepaya juga bisa dikonsumsi untuk mengembalikan cairan tubuh yang hilang. Buah ini juga mengandung vitamin A dan serat yang cukup tinggi.

  • Mentimun

Selain buah, sayuran tertentu juga memiliki kandungan air yang tinggi. Mentimun, misalnya, mengandung kandungan air hingga 95%. Secangkir irisan mentimun hampir sama dengan segelas air. Mentimun juga mengandung sejumlah serat dan vitamin C yang membuat Anda tetap terhidrasi. (SBA)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY