Kembar Siam

Definisi
Kembar siam dua bayi yang lahir secara fisik bersatu satu sama lain.
Kembar siam berkembang ketika embrio awal sebagian memisahkan diri membentuk dua individu. Meskipun dua janin akan berkembang dari embrio ini, mereka akan tetap terhubung secara fisik – umumnya di dada, panggul atau bokong. Kembar siam seringkali juga berbagi satu atau beberapa organ internal.

Kebanyakan kembar siam yang lahir mati atau meninggal segera setelah lahir. Beberapa kembar siam yang masih bisa bertahan hidup dapat dipisahkan melalui prosedur pembedahan. Keberhasilan operasi untuk memisahkan bayi kembar siam tergantung pada area tubuh mana bayi kembar tadi bergabung, berapa banyak dan organ apan yang dibagi bersama, serta pengalaman dan keterampilan dari tim bedah.

Gejala
Tidak ada tanda-tanda dan gejala tertentu yang menunjukkan seorang wanita sedang mengandung bayi kembar siam. Layaknya kehamilan kembar lainnya, rahim dapat tumbuh lebih cepat dari yang diharapkan, dan ibu dari anak kembar juga mungkin akan merasakan kelelahan yang lebih signifikan, mual dan muntah di awal kehamilan.

Bagaimana kembar terhubung
Kembar siam biasanya diklasifikasikan sesuai dengan area tubuh di mana mereka terhubung sama dengan yang lain, dan ada banyak cara yang kembar siam dapat dihubungkan. Beberapa cara yang lebih umum termasuk:

  • Bersatu di dada. Salah satu jenis kembar siam yang paling umum adalah kembar thoracopagus yang tubuhnya bersatu di dada. Jenis kembar ini seringkali memiliki satu dan biasanya juga berbagi satu hati dan usus bagian atas.
  • Bersatu di dekat pusar. Dalam dunia medis kembar jenis ini disebut omphalopagus. Kembar siam initubuhnya bersatu di dekat pusar. Kebanyakan kembar omphalopagus berbagi hati, dan beberapa bagian bagian bawah usus kecil (ileum) dan usus. Namun, mereka umumnya tidak berbagi hati.
  • Bersatu di dasar tulang belakang. Kondisi ini disebut pygopagus. Pygopagus adalah kembar siam yang secara fisik bersatu di dasar tulang belakang dan seringkalitidak wajahnya tidak berhadapan satu sama lain. Beberapa kembar pygopagus berbagi saluran pencernaan bagianbawah, dan beberapa bagian genital dan organ kemih.
  • Bersatu di panggul. Kembar ischiopagus initubuhnya bersatu di panggul. Kebanyakan kembar ischiopagus berbagi saluran pencernaan bagian bawah, serta hati dan organ-organ saluran kelamin dan saluran kencing. Setiap kembar mungkin memiliki dua kaki atau dalam beberapa kasus, satu pasang kaki dan bahkan kaki mereka menyatu, meskipun hal ini tergolong jarang.
  • Bersatu di kepala. Kembar craniopagus ini secara fisik bersatudi kepala. Kembar craniopagus berbagi sebagian tengkorak, dan kemungkinan juga berbagi jaringan otak. Hal ini mungkin melibatkan korteks serebral – bagian dari otak yang memainkan peran sentral dalam memori, bahasa dan persepsi.

Dalam kasus yang jarang terjadi, kembar siam kemungkinan bisa bersifat asimetris, dengan satu kembar ukuran tubuhnya lebih kecil dan kurang terbentuk dari yang lain (kembar parasit).

Penyebab
Kembar identik (kembar monozigot) terjadi ketika telur yang dibuahi tunggal membelah dan berkembang menjadi dua individu. Delapan sampai 12 hari setelah pembuahan, lapisan embrio yang akan membelah untuk membentuk kembar monozigot mulai berkembang menjadi organ-organ dan struktur tertentu. Diyakini bahwa ketika embrio terbelah kemudian dari ini – biasanya antara 13 dan 15 hari setelah pembuahan – pemisahan berhenti sebelum proses selesai, dan akan terbentuk bayi kembar siam.

Sebuah teori alternatif menunjukkan bahwa dua embrio berbeda mungkin menyatudalam perkembangan awal.
Apa yang mungkin menyebabkan hal ini terjadi tidak diketahui.

Faktor Risiko
Karena kembar siam sangat jarang, dan penyebabnya tidak jelas, tidak diketahui apa yang mungkin membuat beberapa pasangan lebih mungkin untuk memiliki anak kembar siam. Namun, dalam ilmu medis diketahui bahwa kembar siam lebih sering terjadi di Amerika Latin daripada di Amerika Serikat atau Eropa. Namun, sebagian besar faktor risiko kembar siam hanya berlaku untuk orang-orang yang berasal dari dua telur terpisah.

Komplikasi
Kebanyakan kembar siam meninggal di dalam rahim atau segera setelah lahir.
Kembar siam harus dilahirkan melalui operasi caesar. Sekitar 40 sampai 60 persen dari kembar siam yang lahir mati. Kembar siam yang lahir hidup, kurang dari setengah bertahan cukup lama untuk kemudian dipisahkan melalui operasi pemisahan.

Tes dan Diagnosis
Kembar siam dapat didiagnosis dengan menggunakan ultrasound standar paling dini pada trimester pertama. Ultrasound yang lebih rinci dan echocardiograms dapat digunakan setelah separuh masa kehamilamuntuk lebih mengetahui sejauh mana bayi kembar siam terhubung dan fungsi organ mereka. Hasil positif palsu dapat terjadi sebelum 10 minggu, namun, ketika kembar identik berbagi kantung ketuban (kembar monoamniotic), hasilnya mungkin akan langsung positif kembar siam.

Jika USG mendeteksi kembar siam, magnetic resonance imaging (MRI) scan dapat dilakukan. Hal ini dapat memberikan informasi medis lebih detail tentang di mana si kembar siam terhubung dan organ mereka terbagi.

Perawatan dan Obat-obatan
Perawatan untuk bayi kembar siam tergantung pada keadaan mereka yang unik – kesehatan , di mana mereka bersatu, dan apakah mereka berbagi organ atau struktur vital lainnya.

Jika seorang mengandung bayikembar siam, ia akan dipantau sangat ketat selama kehamilan. Sang ibu akan lebih baik dilayani oleh tim dokter yang bekerja untuk mempelajari sebanyak mungkin tentang anatomi bayi kembar siam, kemampuan fungsional dan prognosis setelah lahir. Memiliki informasi ini dapat membantu dokter Anda menetapkan rencana pengobatan untuk bayi kembar Anda.

Persalinan sesar (C-section) akan direncanakanjauh-jauh hari, biasanyadua sampai empat minggu sebelum waktupersalinan.

Setelah kembar siam Anda lahir, Anda dan dokter Anda harus memutuskan apakah operasi pemisahan harus dicoba. Pemisahan darurat mungkin diperlukan jika salah satu kembar meninggal, mengembangkan kondisi yang mengancam jiwa atau mengancam kelangsungan hidup kembar lainnya. Namun umumnya, operasi pemisahan merupakan prosedur elektif yang dilakukan dua sampai empat bulan setelah kelahiran. Kemajuan terkini dalam pencitraan prenatal, perawatan kritis dan perawatan anestesi telah meningkatkan hasil operasi pemisahan.

Banyak faktor yang dapat memperkuat pentingnyaoperasi pemisahan, seperti:

  • Apakah si kembar berbagi organ vital?
  • Apakah si kembar cukup sehat untuk bertahan selama operasi pemisahan?
  • Apakahoperasi pemisahan kemungkinan akan sukses?
  • Apa jenis bedah rekonstruksi yang mungkin diperlukan untuk setiap kembar setelah operasi pemisahan sukses?
  • Masalah apa yang akan dihadapi si kembar jika dibiarkan bersatu?

Jika keadaan medisnya sangat serius dan operasi pemisahan tidak memungkinkan atau Anda memutuskan untuk tidak melakukan operasi, perawatan untuk meningkatkan kenyamanan – seperti nutrisi, cairan, sentuhan manusia dan obat pereda nyeri –bisa disediakan sesuai kebutuhan.

Penanganan dan Dukungan
Ada beberapa hal yang jauh lebih sulit selain mengetahui bahwa anak Anda yang belum lahir memiliki kondisi medis yang berpotensi mengancam keselamatan jiwanya. Dalam kasus kembar siam, kondisinya dua kali lebih sulit – bukan hanya karena ada dua bayi yang terlibat tetapi juga karena anak-anak yang bertahan hidup mungkin menghadapi rintangan yang luar biasa. Orang tua dalam situasi ini harus mempertimbangkankeputusan yang sangat sulit.

Karena kembar siam langka, mungkin sulit untuk menemukan sumber daya untuk kembar siam atau keluarga mereka. Tapi ada sejumlah organisasi yang mendukung orang tua yang kehilangan anak mereka atau yang memiliki anak dengan kondisi fisik serius. Tim medis Anda dapat menghubungkan Anda dengan beberapa kelompok ini serta dengan pekerja sosial medis dan konselor.